kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Prospek Atau Peluang Kerja Sastra Jerman Dan Gajinya


Mempelajari sastra asing ternyata punya begitu banyak manfaatnya. Salah satunya adalah bisa memberikan Kamu peluang kerja yang sangat beragam. Sastra jerman bisa jadi pilihan tepat jika Kamu ingin menekuni sastra asing. Berikut adalah 10 prospek atau peluang kerja sastra Jerman yang bisa membantu memotivasimu:

1. Bekerja Di Kedubes

Pilihan profesi pertama yang akan membawa Kamu punya prestise tinggi adalah bekerja di kedutaan besar atau kedubes. Kamu bisa melamar sebagai salah satu staf di kedubes Jerman di Indonesia. Jika ada peluang, Kamu bahkan bisa juga melamar bekerja di kedubes Indonesia yang ada di Jerman.

Bidang pekerjaan ini akan memberi kesempatan besar untuk bisa pergi ke luar negeri. Bahkan Kamu bisa punya kesempatan untuk tinggal di Jerman karena urusan pekerjaan tersebut. Di sini Kamu punya peluang dapat gaji per bulan mulai dari Rp3.000.000,00.

2. Penerjemah

Kamu juga bisa menekuni pekerjaan sebagai penerjemah setelah lulus kuliah. Para lulusan sastra memang banyak yang kemudian bekerja sebagai translator di berbagai tempat. Peran penerjemah sangat penting terutama bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Kamu bisa bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan perusahaan Jerman dan butuh peran penerjemah. Kamu juga bisa bekerja mandiri dengan membuka jasa penerjemah. Gaji yang bisa dinikmati dari profesi per bulan mulai dari Rp3.000.000,00.

3. Penulis

Lulusan sastra Jerman juga bisa bekerja sebagai writer atau penulis. Profesi ini akan sangat cocok bagi Kamu yang memang punya bakat di dunia menulis. Selain bisa jadi penulis buku berbahasa Jerman, Kamu juga bisa jadi content writer. Kamu bisa mencoba menulis konten untuk media asing yang menggunakan bahasa Jerman.

Peran sebagai penulis akan membuat Kamu semakin kreatif dalam berkarya. Profesi ini juga akan menuntut Kamu untuk lebih rajin memperluas wawasan. Jika bekerja sebagai penulis, Kamu mungkin bisa dapat penghasilan mulai dari Rp3.000.000,00 hingga belasan juta jika punya karya buku yang meledak.

4. Akademisi

Bagi Kamu yang punya bakat mengajar, langsung saja bekerja sebagai akademisi setelah lulus kuliah. Kamu bisa menempuh pendidikan S2, dapat gelar master, lalu melamar jadi dosen. Sebagai dosen, Kamu akan punya kesempatan lebih luas untuk belajar dan mendalami ilmu sastra Jerman.

Akademisi adalah salah satu jenis profesi yang menjanjikan kehidupan mapan untukmu. Apalagi jika Kamu terus aktif mengeluarkan karya-karya yang dipakai di bidang akademis. Kamu bisa dapat gaji mulai dari Rp3.000.000,00 dengan bekerja sebagai akademisi.

5. Bekerja Di Perusahaan Jerman

Lulusan sastra Jerman juga pasti punya peluang besar untuk bisa bekerja di perusahaan Jerman. Kamu bisa melamar di posisi-posisi tertentu pada perusahaan Jerman baik yang ada di Indonesia atau luar negeri. Jika Kamu ingin bekerja di luar negeri, maka Kamu harus berusaha lebih keras lagi agar bisa mewujudkannya.

Demi mendapatkan posisi yang tinggi, Kamu bisa menempuh kuliah master terlebih dahulu. Jika Kamu punya jenjang pendidikan yang lebih tinggi maka akan lebih mudah untuk diterima bekerja dengan posisi yang bagus pula. Gajinya bisa berkisar di angka Rp4.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00.

6. Interpreter

Prospek atau peluang kerja sastra Jerman berikutnya adalah interpreter. Kamu bisa bekerja sebagai interpreter di suatu perusahaan. Tugas interpreter sebenarnya hampir sama seperti penerjemah. Hanya saja interpreter akan memberikan terjemahan dalam bentuk verbal.

Biasanya interpreter sangat dibutuhkan di perusahaan saat menyelenggarakan meeting dengan pihak asing. Selain bergabung di perusahaan, Kamu juga bisa menawarkan jasa interpreter secara mandiri. Gajinya bervariasi mulai dari Rp2.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

7. Tutor

Jika Kamu memang punya bakat mengajar, Kamu juga bisa bekerja sebagai tutor. Saat ini kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan. Banyak orang yang memerlukan pertolongan dari jasa tutor untuk mengajar bahasa Jerman.

Sebagai tutor, Kamu bisa bekerja secara freelance. Tawarkan jasa tutormu lewat media sosial atau dari mulut ke mulut. Selain itu, Kamu juga bisa mencari peluang lowongan tutor yang dibuka oleh lembaga tertentu. Gajinya bisa berkisar di angka Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00.

8. Tour Guide

Profesi satu ini jelas cocok sekali untuk Kamu yang punya minat traveling. Bekal bahasa Jerman yang Kamu miliki bisa dijadikan modal untuk bekerja sebagai tour guide. Tour guide memiliki tugas memandu para turis untuk jalan-jalan. Kamu bisa membantu menjadi pemandu untuk turis-turis asal Jerman.

Jika ada peluang, Kamu bisa bekerja sebagai tour guide di luar negeri. Kamu bisa tinggal di Jerman dan memandu turis asal Indonesia yang jalan-jalan di sana. Honor yang bisa Kamu dapat sangat bervariasi mulai dari Rp3.000.000,00 bahkan bisa lebih banyak jika Kamu dapat tip.

9. Jurnalis

Peluang untuk bekerja sebagai jurnalis juga terbuka lebar bagi lulusan sastra Jerman. Kamu bisa menjadi jurnalis khusus untuk media Jerman. Bahkan peluang untuk bekerja sebagai jurnalis di Jerman juga akan terbuka lebar. Gajinya berkisar di angka Rp3.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

10. Pengusaha

Jika tak ingin terikat dengan perusahaan manapun, maka cobalah untuk menjadi pengusaha. Lulusan sastra Jerman juga punya kesempatan sama untuk sukses sebagai pengusaha. Pilih jenis bisnis yang tepat dan kembangkan seoptimal mungkin agar bisa menghasilkan banyak uang. Jumlah uang yang bisa Kamu dapat sangat bervariasi tergantung kemampuanmu mengembangkan bisnis.

Itulah tadi 10 prospek atau peluang kerja sastra Jerman yang bisa Kamu pilih. Semua kesempatan kerja ini akan bisa Kamu raih jika Kamu berusaha keras dan kuliah dengan sungguh-sungguh. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi juga motivasi untukmu.




Related Posts

Related Posts