kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Prospek Atau Peluang Kerja Sastra Mandarin Dan Gajinya


Dari sekian banyak jurusan, sastra dan bahasa asing menjadi jenis jurusan yang cukup populer. Tidak hanya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang paling banyak diminati, tetapi juga bahasa asing lain seperti Bahasa Mandarin. Prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin sendiri tergolong sangat baik, khususnya di Indonesia yang sebagian masyarakatnya merupakan etnis Tionghoa.

Tentu ada dua pilihan alasan saat Kamu memilih jurusan kuliah. Pertama, karena Kamu merasa memiliki passion dan skill pada jurusan tersebut. Lalu kedua adalah karena Kamu menyadari besarnya peluang yang akan membantumu mengembangkan karir di waktu yang akan datang.

Terdapat banyak prospek atau peluang kerja jurusan Sastra Mandarin yang siap membawamu kepada kesuksesan. Berikut sepuluh peluang kerja untuk lulusan Sastra Mandarin.

1. Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing tidak jauh dari kegiatan penerjemahan atau translation. Utamanya kemampuan dalam berbahasa asing yang dikuasai seseorang tidak jauh dari kegiatan penerjemahan, baik lisan, maupun tulisan. Gaji penerjemah mulai dari 1-10 juta.

Berhubung Mandarin merupakan bahasa asing yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan di Indonesia, maka kebutuhan ahli bahasa untuk dukung penerjemahan pun selalu tinggi. Dalam karir penerjemah di industri hiburan pun sama-sama memiliki peluang besar.

2. Guru Bahasa

Menguasai bahasa asing dengan predikat sarjana bisa membawaku kepada cita-cita menjadi guru. Pasti banyak dari Kamu yang sejak kecil bercita-cita jadi seorang guru, bukan? Jurusan Sastra Mandarin adalah salah satu pilihan tepat jika Kamu ingin menggapainya, sekaligus mendalami keahlian berbahasa Mandarin.

Semakin banyaknya sekolah yang menerapkan pembelajaran internasional, tenaga kerja dengan kemampuan berbahasa asing pun kian dicari. Belum lagi banyak sekolah yang menawarkan pembelajaraan full bahasa asing.

3. Editor

Berikutnya prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin berupa jadi editor. Editor ini bisa mengacu editing naskah, atau juga berbagai hal lain yang berhubungan dengan Bahasa Mandarin. Misalnya editing teks dalam video, editing terjemahan buku, editing buku pelajaran, dan banyak lagi.

Tidak hanya memahami bagaimana penggunaan kosa kata yang tepat, untuk menjadi seorang editor Kamu harus mengerti budaya dan teknik penulisan. Gaji editor Bahasa Mandarin berkisar 2-8 juta.

4. Penulis

Serupa dengan editor, lulusan Sastra Mandarin bisa terjun menjadi seorang penulis yang menulis naskah dalam berbagai tema dan konsep. Selain penulis naskah untuk buku, Kamu bisa pula menulis naskah film atau drama. Menjadi seorang penulis yang menguasai bahasa asing memiliki kelebihan spesial.

Menjadi penulis di sini pun bisa termasuk dalam banyak hal yang berhubungan dengan dunia penulisan dan penerjemahan. Seperti dalam dunia hiburan, atau juga dunia bisnis. Sebagai penulis yang menguasai bahasa asing memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan dalam berbagai bidang.

5. Penyiar Berita

Pernah menonton siaran berita menggunakan Bahasa Mandarin? Meski tidak semua channel TV, atau juga radio menyajikan acara berita dengan penyajian bahasa satu ini, tetapi tidak sedikit pula yang menyediakannya lho. Kalau Kamu lebih suka berbicara dan memiliki passion menjadi penyiar, memilih bahasa asing adalah pilihan yang tepat.

Tidak semua mereka yang jago dan menguasai bahasa asing mampu jadi penyiar berbakat. Begitupun sebaliknya. Jika memiliki bakat keduanya, kenapa Kamu tidak mencobanya? Banyak channel TV dan radio yang menyajikan acara berita khusus berbahasa Mandarin.

6. Tour Guide

Kemampuan berbahasa asing tidak jauh dari kegiatan penerjemahan, termasuk menjadi seorang tour guide. Suka berjalan-jalan dan berkenalan dengan para wisatawan dari luar negeri? Mengambil jurusan Sastra Mandarin merupakan pilihan yang tepat. Dari tingkat minat wisatawan China dan sekitarnya yang tinggi setiap waktunya membuat peluang di bidang satu ini pun jadi selalu terbuka.

Kamu juga harus pastikan memiliki banyak pengalaman dan mengenal objek wisata, maupun sebaliknya yaitu menjadi tour guide di China untuk wisatawan Indonesia. Selain keahlian berbahasa Mandarin, Kamu wajib pula memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, serta mengenal jalan dan objek wisata terkait.

7. Jurnalis

Tidak jauh dari bidang media, peluang selanjutnya ialah dalam bidang jurnalis. Bukan hanya jadi penyiar atau penulis, Kamu bisa turun menjadi bagian media dalam menyajikan konten berbahasa Mandarin. Jurnalis di sini bisa menjadi pembawa acara, pihak yang lakukan wawancara, hingga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan aktivitas media.

8. Karyawan Di Perusahaan Asing

Banyaknya perusahaan asing di Indonesia, termasuk perusahaan asal China membuat prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin semakin terbuka lebar. Kamu bisa jadi seorang karyawan dari perusahaan asing dengan tentu jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dan apakah perusahaan yang nantinya Kamu pilih bisa dipercaya.

Kamu bisa coba pelajari dan cari informasi sebanyak mungkin seputar perusahaan tersebut. Gaji karyawan di perusahaan asing di Indonesia mulai dari 3 juta per-bulannya.

9. Content Creator

Istilah bidang content creator ini memang saat ini sangat populer, terlebih di era digital seperti sekarang. Memiliki keahlian berbahasa asing yang diikuti dengan bakat lainnya bisa mendukungmu menjadi seorang content creator.

Contohnya menyajikan konten yang berhubungan dengan penggunaan Bahasa Mandarin, membahas mengenai kehidupan dan budaya di China dan sekitarnya, serta banyak topik lainnya. Di sini Kamu juga dituntut lebih kreatif agar kontenmu selalu terlihat menarik, sekaligus informatif.

10. Penyanyi

Peluang lainnya yaitu terjun ke dunia hiburan dan menjadi seorang entertainer. Seperti menjadi seorang penyanyi Mandarin yang dari segi kebutuhan dan minat masih tergolong cukup tinggi. Hal ini didukung oleh banyaknya etnis atau keturunan Tionghoa di Indonesia.

Sebenarnya prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin bisa lebih beraneka ragam dan tergantung pada aktivitas bisnis yang ada. Kamu pun bisa terbang ke luar negeri untuk mengembangkan karirmu dengan kemampuan Bahasa Mandarin.







Related Posts

Related Posts