kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Prospek Atau Peluang Kerja Desain Grafis Dan Gajinya



Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah apalagi saat ini banyak sekali jurusan ditawarkan kampus maupun universitas. Salah satu yang banyak digemari adalah desain grafis. Nah, sebagai pertimbangan Kamu bisa menyimak beberapa prospek atau peluang kerja desain grafis berikut sebelum memilih mengambil jurusan ini.

1. Bekerja Di Advertising Agency Sebagai Staf Kreatif

Jika Kamu tipe yang aktif, kreatif, juga dinamis, memiliki pekerjaan di perusahaan periklanan atau advertising agency merupakan pilihan tepat. Karena Kamu akan dituntut untuk mengeluarkan keterampilan dalam membuat iklan atau konten visual yang kreatif dan dinamis.

Bekerja di bagian ini memungkinkan Kamu mendapatkan gaji minimal Rp3 juta sebagai anak baru dan akan bertambah sesuai dengan lama bekerja juga keahlian. Tambahan lagi, Kamu juga punya kesempatan mendapatkan bonus setelah sebuah proyek selesai dikerjakan.

2. Menjadi Desainer Grafis Di Perusahaan Atau Agensi Branding

Saat ini permintaan perusahaan kepada pihak ketiga untuk membantu menaikkan brand perusahaannya sangat tinggi. Perusahaan atau agency branding bermunculan dan memberikan peluang kerja besar pada lulusan jurusan desain grafis.

Kamu harus mampu membantu perusahaan klien dalam meningkatkan image baik di masyarakat dengan cara membuat logo, brand identity, dan tampilan visual. Gaji dalam pekerjaan ini mulai dari Rp3 juta dan kemungkinan mendapatkan bonus sangat besar.

3. Bekerja Di Perusahaan Media Massa Dan Online

Saat ini media massa memang tidak seperti di zaman dulu yang menguasai pemberian informasi ke masyarakat. Akan tetapi, masih memiliki prospek karena banyak perusahaan media massa juga sudah melakukan digitalisasi.

Kamu bisa mengambil kesempatan bekerja di perusahaan media massa sebagai desainer grafis dan menghasilkan minimal Rp3 juta sebulannya. Jika Kamu punya kemampuan lebih, maka penghasilan lebih besar akan mudah didapatkan.

4. Komikus

Kamu suka baca komik, manga, atau manhwa daring? Saat ini, situs-situs komik online cukup laku di pasaran Indonesia. Jika Kamu memiliki kemampuan mendesain karakter unik, maka menjadi komikus dapat dijadikan pilihan karier.

Penghasilan seorang komikus sangat beragam. Ada yang bisa mendapatkan royalti hingga jutaan bahkan puluhan juta setiap bulannya. Jadi, pekerjaan ini cukup menjanjikan, bukan? Mulai sekarang rajin-rajinlah berlatih menggambar dan membuat cerita.

5. Ilustrator Komik

Prospek atau peluang kerja desain grafis lainnya adalah menjadi ilustrator komik. Dalam hal ini Kamu tidak seperti komikus yang menggambar sekaligus membuat karakter dan isi cerita juga. Kamu hanya akan menjadi seorang ilustrator dan bagian cerita akan menjadi tanggung jawab orang lain.

Penghasilan seorang ilustrator komik juga besar. Kamu bisa mendapatkan puluhan juta setiap bulannya dan dapat mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Jadi, penghasilannya akan jauh lebih besar.

6. Menjadi Desainer Produk

Perusahaan juga membutuhkan para ahli dalam mendesain produknya, karena desain produk menjadi satu hal penting bagi konsumen dalam memilih sebuah produk. Bukan hanya harus unik, desain yang Kamu buat harus sesuai dengan fungsi dan manfaat produknya. Jadi, pekerjaan ini tidak mudah.

Namun, Kamu tidak akan bekerja sendiri. Seorang desainer produk biasanya akan bekerja dalam tim dan punya gaji cukup besar. Sebagai staf biasa bisa mendapatkan Rp3 juta setiap bulan, tapi apabila menjadi tim leader bisa mendapatkan hingga Rp10 juta setiap bulannya.

7. Desainer Fashion

Lulusan desain grafis juga bisa menjadi desainer fashion, baik produk seperti pakaian, topi, tas, dan lain sebagainya. Kalau Kamu suka hal-hal berbau fashion bisa mencoba pekerjaan ini juga. Apalagi kalau Kamu suka menggambar juga.

Hasilnya cukup besar, apabila produkmu sukses puluhan juta bisa dihasilkan setiap bulannya. Kamu juga bisa memiliki brand atau butik sendiri. Jadi, bukan hanya menjadi desainer, tapi wirausahawan juga.

8. Menjadi Seorang Desainer Website

Saat ini kebutuhan akan website sangat tinggi, bukan hanya perusahaan besar, tapi perusahaan kecil hingga perorangan juga membutuhkannya. Menjadi seorang desainer web bisa bekerja sendiri atau dalam tim.

Untuk masalah penghasilan jangan ditanya. Sebuah website simpel saja seperti toko online minimal mendapatkan bayaran Rp2 juta per proyeknya. Belum lagi masalah perawatan atau peningkatan desain. Mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta setahun bukanlah mimpi yang mustahil.

9. Menjadi Freelancer

Bagi Kamu yang tidak suka bekerja dalam ikatan atau kontrak kerja di perusahaan maupun agency, bisa menawarkan diri sebagai freelancer. Freelancer merupakan tenaga kerja yang tidak terikat dan tidak mengharuskan Kamu bekerja 9 to 5.

Kamu bisa memilih sendiri pekerjaan yang ingin dilakukan dan menentukan tarif sendiri juga. Waktu bekerja dapat diatur sedemikian rupa sehingga membuat nyaman dan tenang. Untuk masalah penghasilan akan tergantung besar job yang diambil. Bukan tidak mungkin Kamu bisa menghasilkan puluhan juta per bulan.

10. Menjadi Wirausahawan

Seorang lulusan desain grafis yang kreatif dan aktif, bukan hanya bisa bekerja di perusahaan, tapi juga bisa menjadi penyedia pekerjaan bagi orang lain. Kamu punya potensi untuk membuka usaha sendiri dan dapat memulainya dengan usaha kecil lebih dulu.

Membuka percetakan hingga agency desain bisa dilakukan asalkan ada niat dan usaha keras. Kamu tidak harus bekerja sendiri, tapi bisa mengajak teman-teman untuk bergabung membuat usaha dan bisa dimulai saat kuliah.

Peluang kerja dalam dunia desain memang sangat luas dan beragam. Bahkan Kamu juga bisa bekerja di bagian yang tidak sesuai dengan jurusan. Semua tergantung dari usaha dan nasib. Dengan banyaknya prospek atau peluang kerja desain grafis, apa Kamu masih belum tertarik kuliah di jurusan keren ini?



Related Posts

Related Posts