kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Perhotelan Untuk Jenjang S1


Manajemen Perhotelan merupakan program jurusan yang bisa Kamu pilih sebagai pendidikan yang menjanjikan masa depan cerah. Pariwisata dalam negeri yang terus berkembang pesat bisa memberikan lapangan pekerjaan yang luas kemudian hari. Kamu punya peluang bekerja sebagai manajer hotel, manajer restoran, bagian food & beverages, dan sektor pariwisata lainnya. Kira-kira berapa biaya kuliah Manajemen Perhotelan di Indonesia, ya?

Buat Kamu yang tertarik masuk jurusan Manajemen Perhotelan, maka perlu mengetahui rekomendasi biaya kuliah Manajemen Perhotelan di STP swasta dan PTN berikut :

1. Jenjang Pendidikan S1 Atau D-IV Manajemen Perhotelan

Hanya ada beberapa kampus berstatus negeri yang memiliki Fakultas Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia. Salah satu universitas negeri di kota Padang menawarkan program D-IV yang setara dengan jenjang S1. Kuliah di PTN mengadopsi sistem pembayaran kuliah yang telah ditetapkan pemerintah yaitu UKT atau Uang Kuliah Tunggal.

Berdasarkan data yang didapatkan dari jurusan Manajemen Perhotelan di PTN mematok sistem biaya kuliah berdasarkan kemampuan orang tua yaitu :

  • UKT golongan I biaya kuliah mulai 0-500 ribu
  • UKT golongan II biaya kuliah mulai 500-1 juta
  • UKT golongan III biaya kuliah mulai 1-2,5 juta
  • UKT golongan IV biaya kuliah mulai 2,5-4 juta
  • UKT golongan VI biaya kuliah mulai 4-5 juta

Selain sistem UKT untuk mahasiswa yang diterima lewat sistem SNMPTN dan SBMPTN, ada pula biaya pengembangan pendidikan dan pengembangan institusi untuk mahasiswa yang masuk jalur Mandiri dengan besaran bervariasi sesuai kebijakan yang berlaku.

2. Biaya Kuliah Di STP Swasta

Di Indonesia, ada Sekolah Tinggi Pariwisata dan universitas swasta yang memiliki jurusan Manajemen Perhotelan. Jika Kamu tertarik melanjutkan kuliah di kampus swasta, maka pastikan finansial orang tua memadai untuk biaya belajar sampai lulus 8 semester program S1 atau D-IV. Dari berbagai data yang didapatkan di lapangan, biaya kuliah STP swasta bervariasi.

Salah satu STP di Surabaya mematok biaya per semester 6 juta rupiah, belum termasuk biaya pendaftaran dan pengembangan institusi. Berdasarkan data yang ada, total biaya masuk ke STP tersebut sebesar 18 juta rupiah pada semester pertama, biaya semester lanjutan hanya 6 juta rupiah. Bila ada biaya tambahan selama masa pembelajaran, semuanya diluar biaya awal. Mengingat biaya kuliah di jurusan Perhotelan yang memiliki sistem praktik dan magang cukup besar dibandingkan biaya lain.

Tentu biaya kuliah Manajemen Perhotelan di STP lain di berbagai kota besar berbeda-beda tergantung kebijakan kampus. Biaya kuliah belasan hingga puluhan juta rupiah tentu memiliki nilai berbeda tergantung kemampuan finansial orang tua. Bila Kamu berasal dari keluarga kurang mampu, bisa memilih seleksi bidikmisi atau beasiswa khusus dari yayasan swasta. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu yang berencana mau kuliah.


Related Posts

Related Posts