kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perkiraan Biaya Kuliah Desain Grafis Untuk Jenjang S1




Desain grafis merupakan salah satu jurusan kuliah yang populer belakangan ini. Banyak anak muda memilih jurusan ini karena memang menyukainya, tapi banyak yang hanya ikut-ikutan saja. Untuk Kamu yang tertarik dengan jurusan ini, perkiraan biaya kuliah desain grafis berikut ini mungkin bisa membantu menyiapkan dana sesuai kebutuhan.

1. Biaya Masuk Kuliah

Kamu perlu mempersiapkan biaya pendaftaran dan tes sebelum bisa masuk ke jurusan yang diinginkan. Untuk biaya pendaftaran dan test masuk perguruan tinggi, setidaknya siapkan sekitar Rp1 juta. Biaya ini bisa diminimalkan apabila Kamu menggunakan jalur PMDK atau Bidik Misi untuk masuk ke universitas atau kampus yang memiliki jurusan desain grafis.

2. Biaya Per Semester

Biaya semester untuk jurusan desain grafis akan berbeda untuk masing-masing kampus dan juga tergantung dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Minimal biaya per semester adalah Rp500 ribu hingga mencapai puluhan juta per semesternya.

Untuk kuliah desain grafis jenjang S1 setidaknya perlu waktu 4 tahun atau 8 semester. Jika Kamu mendapatkan UKT sebesar Rp500 ribu, maka harus menyediakan uang 4 juta untuk 4 tahun masa kuliah. Namun, jika mendapatkan UKT lebih tinggi, Kamu dan orangtua perlu menyiapkan lebih banyak. Kamu bisa menyediakan tabungan pendidikan sebesar Rp10 juta hingga Rp20 juta sebagai dana cadangan.

3. Biaya Kos

Apabila memilih kuliah di luar kota, maka Kamu juga perlu menyiapkan biaya kos. Biaya menyewa sebuah kamar kos minimal Rp500 ribu per bulan. Jadi, paling tidak harus menyediakan Rp6 juta per tahun dan untuk 4 tahun sebanyak Rp24 juta.

Kamu bisa melakukan penghematan dengan tinggal di tempat saudara atau berbagi kamar kos dengan teman. Selain itu, ada juga opsi menyewa kamar kos untuk satu tahun penuh atau 4 tahun sekaligus. Biaya kontrak seperti ini biasanya lebih murah. Opsi lainnya adalah mengontrak rumah dan tinggal bersama beberapa orang dalam satu rumah.

4. Biaya Tugas Dan Lainnya

Biaya kuliah desain grafis lainnya adalah biaya tugas dan lainnya. Mungkin Kamu bisa menyediakan dana setidaknya Rp1 juta untuk ini. Jika lebih bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan lainnya.

5. Biaya Makan Dan Transportasi

Selain biaya kos, Kamu juga perlu merencanakan biaya makan dan transport. Untuk biaya makan setiap hari paling tidak perlu Rp50 ribu atau kurang dari itu. Bisa lebih hemat jika Kamu memasak sendiri. Apalagi jika menyewa rumah sendiri, ada dapur yang dapat digunakan untuk memasak.

Biaya transportasi adalah biaya pulang pergi dari tempat kos ke kampus. Biaya ini dapat lebih hemat jika tempat kos dekat dengan kampus dan Kamu hanya perlu jalan kaki menuju tempat belajar.

Kamu juga bisa berhemat dengan memiliki alat transportasi sendiri, misalnya motor. Selain itu, akomodasi untuk pergi ke berbagai tempat juga menjadi lebih mudah dan hemat biaya.

Besarnya biaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan apabila Kamu bisa berhemat dan menyelesaikan kuliah lebih cepat. Selain biaya kuliah desain grafis di atas, Kamu juga perlu menyediakan biaya wisuda. Kamu bisa mulai menabung mulai sekarang untuk bisa meraih impianmu.





Related Posts

Related Posts