kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perikaraan Biaya Kuliah Antropologi Untuk Jenjang S1


Jurusan Antropologi menjadi salah satu jurusan kuliah yang diminati karena mempelajari interaksi kehidupan dengan orang lain. Kamu yang suka mempelajari ilmu budaya dan sosial, maka wajib mengambil jurusan kuliah di PTN ternama. Toh, ada banyak PTN di Indonesia yang memiliki jurusan Antropologi dengan Akreditasi A. Asal Kamu lolos SNMPTN dan SBMPTN, maka bisa kuliah dengan perkiraan biaya kuliah Antropologi yang lebih terjangkau dibandingkan jalur Mandiri.

Berikut referensi perkiraan biaya kuliah Antropologi di PTN yang ada di Yogyakarta dengan Akreditasi A yaitu :

1. Biaya mahasiswa lolos Bidik Misi

Beasiswa Bidik Misi merupakan salah satu komitmen pemerintah yang ingin menjaring mahasiswa berprestasi dari golongan tidak mampu. Nantinya calon mahasiswa penerima Bidik Misi dengan sistem UKT 0 alias bebas dari biaya pendidikan sepeser pun, kecuali tambahan biaya hidup. Meskipun demikian mahasiswa lolos Bidik Misi mendapatkan tunjangan hidup di domisili PTN dengan nominal tertentu.

2. Lolos SNMPTN dan SBMPTN

Bila Kamu lolos SNMPTN dan SBMPTN, maka biaya kuliah menyesuaikan dengan kemampuan orang tua. Berikut estimasi biaya kuliah mahasiswa Antropologi sesuai kelompok UKT yaitu :

  • Kelompok I membayar biaya kurang dari 500 ribu rupiah untuk penghasilan orang tua kurang dari 500 ribu rupiah per bulan.
  • Kelompok II merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua antara 500 ribu-2 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 1 juta per semester.
  • Kelompok III merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua antara 2-3,5 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 2,4 juta per semester.
  • Kelompok IV merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua antara 3,5-5 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 3,5 juta per semester.
  • Kelompok V merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua antara 5-10 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 5 juta per semester.
  • Kelompok VI merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua di atas 10-20 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 7 juta per semester.
  • Kelompok VII merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua antara 20-30 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 8,2 juta per semester.
  • Kelompok VIII merupakan kelompok mahasiswa dengan penghasilan orang tua di atas 30 juta, maka wajib membayar UKT sebesar 9,750 juta per semester.

3. Jalur Mandiri

Jalur Mandiri bisa menjadi pilihan Kamu yang ingin lolos PTN dengan membayar biaya pengembangan pendidikan di institusi terkait. Selain itu, perbedaan UKT tiap kelompok juga berbeda mulai 500 ribu sampai dengan 26 juta rupiah per semester.

Nah, apakah Kamu sudah tahu rencana biaya kuliah Antropologi yang sesuai dengan finansial orang tua? Kamu bisa memiliki peluang membayar biaya kuliah lebih rendah dengan lolos jalur beasiswa. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.




Related Posts

Related Posts