kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perbedaan Pendidikan Dokter Dan Kedokteran


Masuk kuliah di Fakultas Kedokteran pasti jadi impian banyak orang. Sejak masih di tingkat sekolah, sudah ada begitu banyak pelajar yang ingin jadi dokter. Ternyata ada dua jenis pendidikan yang bisa ditempuh untuk menjadi dokter yakni pendidikan dokter dan kedokteran. Berikut adalah perbedaan pendidikan dokter dan kedokteran yang penting untuk dipahami:

1. Pengertian Pendidikan Dokter

Pendidikan dokter merupakan cabang ilmu kesehatan yang sifatnya kompleks. Program ini akan mendidik mahasiswa untuk menguasai semua topik ilmu kesehatan manusia secara menyeluruh. Umumnya tahap program pendidikan ini mencakup penguasaan teori kedokteran.

2. Pengertian Kedokteran

Sementara itu kedokteran merupakan bidang ilmu dan seni yang membicarakan mengenai penyakit serta cara penyembuhannya. Sesuai dengan namanya, lingkup kedokteran jauh lebih luas tidak hanya terpaku di program pembelajaran.

3. Pendidikan Dokter untuk Mahasiswa

Karena merupakan program pendidikan, maka pendidikan dokter ini dikhususkan bagi mahasiswa. Program ini hanya bagi pelajar yang ingin menjalani pendidikan di bidang kedokteran dan bercita-cita menjadi dokter.

4. Kedokteran untuk Profesional

Berbeda dengan pendidikan kedokteran, bidang kedokteran itu sendiri dikhususkan bagi para profesional. Bidang ini jauh lebih luas daripada pendidikan kedokteran yang masih hanya terbatas pada teori semata.

5. Lingkup Bidang

Salah satu perbedaan pendidikan dokter dan kedokteran yang paling mencolok adalah lingkup bidangnya. Pendidikan dokter memiliki lingkup yang lebih kecil karena fokus pada proses mendidik calon tenaga dokter.

6. Bidang Kedokteran

Untuk bidang kedokteran, lingkupnya lebih luas dibandingkan pendidikan dokter. Di sini lingkupnya sudah ke bidang yang lebih profesional. Tak hanya sebatas teori dan belajar namun bidang ini sudah masuk ke proses penanganan langsung pada pasien.

7. Tahap Pendidikan Dokter

Agar bisa menjadi dokter, maka mahasiswa harus menempuh pendidikan dokter yang terdiri dari beberapa tahap. Tahapannya dimulai dari pendidikan sarjana lalu dilanjutkan co-ass.

8. Dunia Kedokteran

Sementara itu untuk dunia kedokteran sudah masuk ke bidang profesional. Tahap ini dimulai saat mahasiswa sudah lulus program pendidikan dan dinyatakan sebagai dokter.

9. Pendidikan Dokter Fokus pada Diri Sendiri

Untuk pendidikan dokter, programnya akan lebih fokus pada diri sendiri. Artinya fokus pada pengembangan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki secara pribadi agar bisa menjadi dokter profesional.

10. Kedokteran Fokus pada Pasien

Kemudian untuk bidang kedokteran lebih fokus pada pasien. Di bidang ini, tenaga dokter sudah memegang pasien secara langsung. Mereka akan mengimplementasikan ilmu kedokteran untuk menangani pasien yang membutuhkan.

Itulah 10 poin perbedaan pendidikan dokter dan kedokteran. Keduanya sama-sama bergerak di bidang medis dan perlu dipahami jika Anda ingin bekerja sebagai dokter. Tidak hanya dibutuhkan kemampuan akademis yang baik namun dibutuhkan pula attitude yang baik agar bisa menjalani semua proses untuk menjadi dokter profesional.





Related Posts

Related Posts