kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perbedaan Fakultas Dan Jurusan Yang Perlu Kamu Ketahui


Hai, Kamu yang sebentar lagi jadi mahasiswa, pastinya deg-degan menunggu momen penting dalam hidup Kamu ini. Sudahkah Kamu mempersiapkan diri dengan baik? Salah satunya mempersiapkan diri mengetahui mengenai istilah dalam dunia perkuliahan, misalnya perbedaan fakultas dan jurusan. Buat yang masih belum tahu, nih aku punya sedikit penjelasannya.

Pengertian Fakultas

Fakultas atau Faculteit (Bahasa Belanda) merupakan istilah yang sering terdengar ketika Kamu masuk kuliah. Jika dikatakan dengan ringkas, fakultas adalah bagian administratif sebuah sekolah tinggi atau universitas. Begini perinciannya:

1. Fakultas Merupakan Divisi Dalam Universitas

Jadi, dalam sebuah universitas biasanya terdapat beberapa fakultas, misalnya fakultas Hukum, Keuangan, Teknik, dan lainnya. Tanggung jawabnya sebuah fakultas melingkupi divisi masing-masing.

2. Fakultas Membawahi Jurusan

Perbedaan fakultas dan jurusan sebenarnya sangat jelas, karena fakultas bertanggung jawab atas jurusan-jurusan di dalamnya. Jadi, fakultas bisa dikatakan di atas dari jurusan.

3. Dipimpin Oleh Dekan

Sebuah fakultas akan dipimpin seorang dekan yang bertanggung jawab atas semua aktivitas akademik di lingkungan fakultas. Pemilihan dekan diambil dari rapat senat fakultas.

4. Terdiri Atas Beberapa Jurusan

Fakultas umumnya terdiri atas beberapa jurusan di bawahnya, misalnya jurusan bahasa Inggris, Jurusan Sastra Indonesia, Jurusan bahasa Jepang, berada dalam satu fakultas yang sama.

5. Merupakan Divisi Keilmuan

Fakultas adalah divisi keilmuan tertentu yang di dalamnya terdapat jurusan yang sesuai. Misalnya, Fakultas Bahasa di dalamnya tidak ada jurusan yang terkait dengan hukum atau matematika.

Pengertian Jurusan

Sedangkan jurusan adalah bagian dari fakultas yang fokus pada bidang studi tertentu yang sesuai dengan fakultasnya. Misalnya, fakultas Ekonomi di dalamnya adalah jurusan-jurusan yang terkait keilmuan ekonomi. Secara rinci pengertian jurusan yang membedakannya dengan fakultas adalah:

1. Bagian Dari Fakultas

Jurusan merupakan bagian dari sebuah fakultas, dan di dalam sebuah fakultas akan terdapat beberapa jurusan. Setiap jurusan serupa, tapi tidak sama, dan biasanya berasal dari sebuah bidang keilmuan yang sama.

2. Jurusan Memiliki Prodi Di Dalamnya

Dalam jurusan sendiri nantinya akan ada program studi atau prodi yang merupakan sub unit dari jurusan. Dalam prodi akan ditentukan pendidikan yang akan dijalani mahasiswa sesuai kurikulum.

3. Jurusan Melakukan Pertanggungjawaban Pada Fakultas

Setiap jurusan akan dikepalai oleh kepala jurusan yang memiliki kewajiban bertanggung jawab kepada dekan. Setiap jurusan akan memiliki Kajur masing-masing dan akan diadakan rapat fakultas untuk pelaporan masing-masing Kajur.

4. Fokus Bidang Masing-masing Jurusan Berbeda

Setiap jurusan akan memiliki fokus bidang tertentu sehingga sesuai dengan fokus bidang tertentu. Misalnya, jurusan akuntansi fokusnya akan berbeda dengan jurusan manajemen keuangan, walaupun berada di fakultas yang sama.

5. Setiap Jurusan Punya Mata Kuliah Masing-masing

Selain memiliki fokus bidang tertentu, setiap jurusan juga akan memiliki daftar mata kuliah sebagai penjabaran dari bidang studi jurusan masing-masing. Mata kuliah pada masing-masing jurusan akan berbeda-beda.

Kesimpulannya, fakultas dan jurusan adalah dua istilah berbeda. Jurusan merupakan bagian dari fakultas, inilah perbedaan Fakultas dan jurusan yang paling mendasar sehingga Kamu tidak akan kebingungan lagi.



Related Posts

Related Posts