kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Perbedaan Akademi Dan Universitas Yang Perlu Kamu Pahami


Banyak pilihan lembaga perguruan tinggi yang bisa dijadikan tujuan setelah lulus SMA. Tidak selalu universitas, pelajar juga bisa masuk ke akademi. Kedua lembaga perguruan tinggi ini sama-sama memiliki fasilitas memadai untuk menuntut ilmu pasca lulus SMA. Berikut adalah beberapa perbedaan akademi dan universitas yang perlu diketahui:

1. Akademi Satu Cabang Ilmu

Karakteristik pertama yang dimiliki oleh lembaga pendidikan tinggi dalam bentuk akademi adalah ketersediaan cabang ilmunya hanya satu. Hanya ada satu cabang ilmu yang diajarkan di akademi. Misalnya, untuk akademi sekretari dan manajemen berarti yang diajarkan hanya cabang ilmu kesekretariatan dan manajemen.

2. Universitas Banyak Cabang Ilmu

Sementara itu universitas memiliki banyak sekali cabang ilmu. Lembaga perguruan tinggi ini memiliki beberapa pilihan jurusan dan mengajarkan banyak jenis cabang ilmu. Bahkan mulai dari bidang ilmu sosial hingga IPA yang benar-benar berbeda latar belakangnya.

3. Akademi Tidak Ada Pilihan Jurusan

Di akademi tidak ada yang disebut pilihan jurusan. Bidang ilmu yang dipelajari hanya satu dan sama. Jadi mahasiswa yang masuk memang secara otomatis akan belajar ilmu sesuai nama akademinya, tidak bisa memilih jurusan lain.

4. Universitas Ada Banyak Jurusan

Jika akademi tidak punya jurusan maka universitas punya banyak sekali pilihan jurusan. Setiap fakultas menawarkan berbagai jenis jurusan. Bahkan dalam satu jurusan itu bisa ada cabang konsentrasi ilmu lain yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

5. Akademi Mengadakan Pendidikan Vokasi

Salah satu perbedaan akademi dan universitas yang mendasar adalah program pendidikan yang dijalankan. Akademi menjalankan program pendidikan di jenjang vokasi. Nantinya mahasiswa akan belajar satu bidang ilmu dengan jenjang pendidikan vokasi tanpa ada pilihan lain.

6. Universitas Jenjang Pendidikan Beragam

Kemudian untuk universitas memiliki penawaran jenjang pendidikan yang lebih beragam. Mahasiswa bisa menempuh jenjang pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana. Tergantung kebijakan masing-masing universitas yang menyediakan program.

7. Akademik Terdiri Dari Satu Kelompok Angkatan

Karena menyelenggarakan program pendidikan satu jenis cabang ilmu saja maka mahasiswa yang diterima hanya dalam satu kelompok angkatan. Biasanya nanti akan berlaku sistem senior dan junior yang lebih kuat karena hanya ada satu angkatan per tahun. Setiap angkatan memiliki nomor sendiri yang menjadi identitasnya.

8. Universitas Punya Banyak Kelompok Angkatan

Sementara itu di universitas ada banyak kelompok angkatan yang diterima per tahunnya. Hal ini disebabkan ada banyak pilihan jurusan dan fakultas yang tersedia. Setiap fakultas akan menerima mahasiswa dalam jumlah tertentu dan ini disebut angkatan mereka.

9. Lulusan Akademi Pilihan Profesi Terbatas

Disebutkan bahwa akademi mengajarkan satu bidang ilmu saja. Oleh sebab itu mahasiswanya hanya akan mempelajari bidang ilmu tertentu. Pilihan profesinya akan lebih terbatas dan langsung bisa diketahui sejak masuk ke akademi.

10. Lulusan Universitas Profesi Lebih Luas

Sementara itu untuk lulusan dari universitas bisa punya peluang profesi yang lebih luas. Karena mata kuliah yang dipelajari lebih banyak dan ilmunya lebih universal maka peluang kerjanya juga sangat luas serta tidak bisa tertebak.

Itulah perbedaan akademi dan universitas yang penting untuk dipahami. Keduanya sama-sama baik dan menjadi lembaga perguruan tinggi yang bisa dipilih setelah lulus SMA. Pastikan untuk menentukan pilihan bidang terlebih dahulu agar tahu mau sekolah ke akademi atau universitas.






Related Posts

Related Posts