kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Pengertian Seminar, Fungsi Seminar, Dan Susunan Acaranya


Saat ada acara seminar, Kamu tidak akan ketinggalan untuk mengikutinya. Seminar memiliki manfaat yang sangat banyak, yakni salah satunya adalah untuk menambah wawasan, utamanya adalah wawasan ilmiah. Untuk itulah pengertian seminar lebih berkaitan dengan pembahasan ilmiah.

Kebanyakan peserta seminar adalah para mahasiswa, pegawai, karyawan, guru, dan pekerjaan kantoran yang lainnya. Tema seminar akan disesuaikan dengan menggunakan pesertanya. Kajian ilmiah akan menjadi tema untuk seminar yang pesertanya adalah mahasiswa, guru, atau tenaga di bidang kesehatan.

Yang membedakan antara seminar dengan workshop adalah bahwa seminar biasanya mengupas karya tulis arus sebuah makalah.

Inilah Beberapa Pengertian Seminar yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk mengetahui pengertian seminar yang sebenarnya, berikut adalah beberapa pernyataan yang berkaitan dengan pengertian dari seminar :

1. Seminar merupakan pertemuan yang memiliki teknis tertentu.

2. Seminar merupakan pertemuan yang diikuti banyak orang (sifatnya massal)

3. Seminar bukanlah pertemuan biasa, melainkan sebuah pertemuan yang syarat akan informasi dan pemebelajaran.

4. Seminar mencakup proses diskusi yang sangat bermanfaat karena membicarakan tentang tema ilmiah terkait.

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, dapat dinyatakan bahwa seminar adalah sebuah bentuk pertemuan dengan tema ilmiah yang mana di dalamnya ada proses diskusi yang mendalam sehingga bisa memecahkan masalah yang ada dalam materi. Sifat seminar ini adalah penting dan ilmiah, bukan hanya berupa teori saja yang dibicarakan, melainkan juga tentang bagaimana prakteknya.

Selain itu, untuk memperjelas pengertian seminar, Kamu perlu tahu tentang komponen apa saja yang harus ada di dalam sebuah seminar :

1. Materi yang dibahas

Dimana materi ini adalah inti dari pelaksanaan seminar. Materinya bisa dalam bentuk karya ilmiah, artikel ilmiah, atau bentuk tulisan ilmiah yang lainnya.

2. Ada moderator

Moderator ini berbeda dengan pembawa acara. Moderator ini adalah pemateri seminar. Moderatornya bisa si pemilik karya ilmiah atau orang yang ahli dalam bidang ilmiah.

3. Ada notula atau pencatat

Hasil catatan dituangkan dalam bentuk notulen.

4. penyanggah

Penyanggah ini berasal dari peserta seminar yang ingin bertanya terkait dengan materi yang disampaikan

5. Ada masalah yang dibahas

Masalah ini berasal dari materi seminar. Masalah ini adalah bahan utamanya, sehingga akan dijadikan bahan untuk bertanya. Masalah ini bisa dijadikan judul seminar yang bersifat persuasif.

6. Ada solusi

Solusi adalah jawaban yang akan Kamu dapatkan usia mengikuti seminar ini. Kesimpulan yang Kamu dapatkan bisa menjadi ilmu pengetahuan baru.

7. Ada sertifikat

Ini adalah bukti bahwa Kamu pernah mengikuti seminar. Selain itu, tujuan dari sertifikat ini adalah bukti bahwa Kamu telah memiliki ilmu baru. Ilmu ini akan menjadi tambahan kualifikasi profesi Kamu. Untuk mahasiswa bisa dijadikan tmabahn kualifikasi kompetensi dalam melamar pekerjaan

Berdasarkan hal tersebut, jelas sudah bahwa pengertian seminar adalah sebuah ajang diskusi massal dalam skala pertemuan besar. Materi yang dibahas adalah jenis materi ilmiah yang bersifat pemaparan dan praktik sehingga dampaknya adalah bagi kehidupan banyak orang dan kehidupan Kamu yang mengikutinya.




Related Posts

Related Posts