kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Pengertian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sebagai Referensi



Organisasi di kampus merupakan wadah yang bisa meningkatkan kemampuan Kamu selama masa kuliah. Kamu yang ingin memiliki relasi lebih luas, tidak ada salahnya bergabung dengan senior yang lain. Salah satu organisasi yang siap menjadi tempat mengembangkan bakat dan kemampuan Kamu adalah BEM. Sudahkah Kamu mengetahui pengertian Badan Eksekutif Mahasiswa ini?

Pengertian Badan Eksekutif Mahasiswa Dan Jajaran Departemen Di Bawahnya

Pengertian Badan Eksekutif Mahasiswa dalam organisasi mahasiswa intra kampus yang berfungsi sebagai lembaga eksekutif yang memiliki visi dan misi tertentu. Mahasiswa yang bergabung dalam BEM telah melewati seleksi yang cukup ketat demi menjalankan program-program kerja yang tersusun dalam satu periode.

Kebebasan mahasiswa dalam berkreasi dan berpendapat telah diatur dalam kebijakan BEM. Senat Mahasiswa sebagai bagian dari BEM wajib melaksanakan tugas mengembangkan intelektual, melakukan perubahan dan lain-lain. Dalam menjalankan visi misi yang bisa membawa perubahan yang lebih baik, berikut beberapa departemen atau kementerian yang ada dalam BEM yaitu :

1. Kementerian Luar Negeri

Bertugas mengikuti kegiatan di luar kampus dan melaporkan hasil kegiatan yang diikuti baik skala regional dan internasional pada jajaran BEM.

2. Kementerian Dalam Negeri

Bertugas membantu presiden BEM dalam mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan yang dilakukan di dalam kampus.

3. Kementerian Riset Dan Pengembangan BEM

Bertugas membantu Presiden BEM dalam menentukan kegiatan yang bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa.

4. Kementerian Pertahanan Dan Keamanan Mahasiswa

Tugas utama kementerian ini adalah mengurus dan mengatur tata tertib lingkungan kampus agar tercipta lingkungan yang lebih kondusif dan mendukung sistem pembelajaran di kampus dengan maksimal.

5. Kementerian Pendidikan

Berperan serta dalam merancang dan melaksanakan kegiatan yang bertujuan mengembangkan pendidikan di dalam kampus seperti mengontrol fasilitas, mengkaji sistem pendidikan dan lain-lain.

6. Kementerian Advokasi Mahasiswa

Mengkaji atau melakukan upaya membantu mahasiswa yang mengalami masalah akademik atau pelayanan dengan pihak kampus.

7. Kementerian Olahraga Dan Seni

Bertugas melaksanakan serta mengawasi kegiatan para mahasiswa yang berkaitan dengan pengembangan minat dan bakat di bidang olahraga, seni dan budaya.

8. Kementerian Agama

Bertugas merancang, mengkaji dan melaksanakan kegiatan di lingkungan kampus yang sesuai dengan nilai-nilai religius mahasiswa. Kementerian wajib menciptakan lingkungan kampus yang beriman sesuai kepercayaan masing-masing dan toleran tinggi.

Tentu masih ada kementerian lain yang mungkin berada dalam struktur BEM seperti Kementerian Bela Negara, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan lain-lain. Setiap BEM di kampus memiliki sistem berstruktur tersendiri yang memiliki tujuan sama dalam mengembangkan potensi dan kemampuan mahasiswa lebih baik tanpa melanggar visi misi kampus.

Kini Kamu sudah paham pengertian Badan Eksekutif Mahasiswa dan siap meningkatkan kemampuan dengan bergabung di lembaga tertinggi universitas ini. BEM merupakan tempat yang bisa memberikan wawasan, pengalaman dan relasi lebih luas untuk Kamu, lho! Jangan ragu bergabung dengan BEM di kampus Kamu sekarang juga, ya!




Related Posts

Related Posts