kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Hasil Perikanan


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar baik lingkup perairan tawar, air payau hingga kelautan. Namun, SDM di bidang perikanan dan pengolahan hasil perairan masih sangat minim seiring perkembangan jaman yang semakin canggih. Seharusnya ada lebih banyak anak muda yang tertarik mengambil kuliah Teknologi Hasil Perikanan untuk optimalisasi hasil perikanan di Indonesia lebih baik. Lebih dari itu peluang atau prospek kerja Teknologi Hasil Perikanan di Indonesia sangat terbuka lebar untuk Kamu selepas S1 nanti.

Buat Kamu yang mengambil kuliah Teknologi Hasil Perikanan, maka tidak perlu ragu mendapatkan pekerjaan yang potensial. Berikut peluang atau prospek kerja Teknologi Hasil Perikanan dengan gaji yang besar yaitu :

1. Bekerja Di Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Kamu bisa menjadi staf pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan agar bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk kemajuan pengembangan sumber daya alam di Indonesia.

Gaji staf lulusan S1 Teknologi Hasil Perikanan bisa masuk kategori golongan III dengan nominal gaji 2,5-4,2 juta rupiah, belum termasuk tunjangan kinerja yang berdasarkan peraturan sebesar 2,5-33 juta rupiah.

2. Menjadi Peneliti

Kamu bisa bekerja di lembaga penelitian yang dimiliki pemerintah atau swasta sesuai preferensi masing-masing. Tugas Kamu adalah melakukan pengumpulan data, eksperimen, penelitian hingga menemukan solusi permasalahan pengelolaan teknologi hasil perikanan di Indonesia.

Gaji peneliti cukup besar berkisar 7 juta rupiah, tapi Kamu bisa memulai langkah awal dengan menjadi asisten peneliti dengan bayaran 3-5 juta rupiah per bulan.

3. Perusahaan Perikanan

Prospek kerja lulusan Teknologi Hasil Perikanan bisa bekerja sebagai karyawan perusahaan swasta. Mau bekerja di perusahaan perikanan sebagai tim Quality Control, bagian operasional hingga manajemen pengambilan kebijakan perusahaan, kenapa tidak?

Kamu bisa memilih bekerja di perusahaan pengolahan makanan dari bahan dasar ikan, perusahaan penghasil pakan ikan dan lain-lain, potensi gajinya sekitar 5 juta rupiah per bulan tergantung jabatan dan kinerja.

4. Pengusaha

Bosan menjadi karyawan yang terikat kontrak perusahaan lain, maka Kamu bisa mengambil peluang sebagai pengusaha mandiri. Menjadi pengusaha yang memanfaatkan kemampuan di bidang teknologi pengelolaan hasil perikanan, siapa tahu Kamu bisa menjadi eksportir hasil pengolahan ikan ke luar negeri. Menentukan omzet usaha bulanan mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah per bulan bukan sekadar mimpi semata.

5. Tenaga Pengajar

Menjadi dosen yang mengajar di jurusan Teknologi Hasil Perikanan di kampus negeri atau swasta bisa menjadi pilihan Kamu. Tentu Kamu harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi, minimal menyelesaikan jenjang S2 dengan jurusan yang relevan. Menjadi dosen tetap yang berstatus ASN memberikan masa depan yang cukup cemerlang sebab Kamu bisa mendapatkan gaji hingga 5 juta rupiah per bulan, belum termasuk tunjangan kinerja PNS.

6. Konsultan

Kamu bisa memilih karir sebagai konsultan yang memberikan arahan atau saran dan solusi pada klien yang berkutat di sektor perikanan. Menjadi konsultan untuk perusahaan perikanan atau independen, sah-sah saja.

Toh, implementasi ilmu yang Kamu dapatkan bisa memberikan manfaat untuk orang lain, termasuk sumbangsih perkembangan ekonomi Indonesia lebih baik, khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir. Gaji konsultan bervariasi, tetapi rata-rata mendapatkan bayaran mulai 5-7 juta rupiah per bulannya.

7. Manajer Akuakultur

Bekerja sebagai manajer yang bertugas melakukan koordinasi pekerja di perusahaan pembenihan pakan ikan, kenapa tidak? Gaji Kamu sebagai manajer akuakultur cukup besar berkisar 4.1-5.8 juta rupiah per bulannya. Selain bekerja saja, Kamu bisa membantu meningkatkan kelestarian alam dengan sistem pengelolaan pembenihan pakan ikan yang baik.

8. Teknisi Konservasi Lingkungan

Lulusan S1 Teknologi Hasil Perikanan bisa memilih karir sebagai teknisi konservasi lingkungan yang mendapat gaji mulai 3,5-5 juta rupiah. Tidak hanya bisa dibutuhkan di industri pengolahan ikan saja, Kamu juga bisa bekerja pada lembaga konservasi lingkungan yang berperan penting dalam menjaga dan melestarikan alam lebih baik.

9. Penyuluh Dinas Peternakan

Bagaimana meningkatkan produksi sumber daya laut yang lain bagi masyarakat pesisir, misalnya tambak udang, rumput laut dan lain-lain? Bagaimana cara meningkatkan produksi peternakan ikan perairan tawar? Kamu bisa memberikan sumbangsih ilmu peternakan yang bagus pada pengusaha peternakan ikan sebagai penyuluh dari dinas terkait. Berstatus ASN, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai 2,5 juta ke atas yang masuk rincian gaji pokok saja.

10. Penulis Dan Influencer

Di era digital, Kamu bisa memilih karir sebagai penulis atau influencer yang bisa memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan pada orang lain. Memanfaatkan media sosial atau platform digital sebagai media pelajar, Kamu bisa memberikan ilmu sekaligus mendapatkan uang. Monetize blog pribadi, endorse media sosial hingga mendapatkan pemasukan dari iklan di Youtube bukan hal yang sulit dewasa ini.

Menjadi influencer yang terkenal punya peluang gaji hingga jutaan rupiah per bulan. Apalagi Kamu dikenal sebagai orang yang ahli di bidang teknologi hasil perikanan, potensi kerja sebagai narasumber pada acara workshop atau pelatihan bisa saja terjadi.



Related Posts

Related Posts