kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Lingkungan


Peluang atau prospek kerja Teknik Lingkungan menjadi salah satu pertimbangan penting untuk dipikirkan saat Kamu memilih jurusan ini. Seperti kita tahu bahwa sebagian besar orang ingin memilih jurusan terbaik yang bisa memberi prospek kerja bagus dengan peluang gaji memuaskan.

Sebagai gambaran, berikut adalah 10 peluang kerja yang bisa Kamu dapatkan sebagai lulusan Teknik Lingkungan.

1. Manajer Lingkungan

Jika sudah lulus dari jurusan Teknik Lingkungan, Kamu bisa langsung bekerja sebagai manajer lingkungan. Kamu akan bertugas memeriksa lingkungan dari sebuah perusahaan maupun organisasi serta lembaga. Profesi yang satu ini sangat cocok dengan jurusan yang Kamu ambil sehingga kinerjamu akan lebih optimal.

Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang manajer lingkungan. Tugasmu adalah memastikan bahwa sebuah lingkungan tersebut kondusif dan mengatur kondisinya dengan sebaik mungkin. Sebagai manajer lingkungan, Kamu berkesempatan untuk mendapat gaji mulai dari angka Rp5.000.000,00.

2. Pengelolaan Limbah

Sebagai lulusan dari jurusan Teknik Lingkungan tentu Kamu punya kesadaran yang tinggi mengenai pengelolaan limbah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan ilmu ini dengan bekerja sebagai pengelola limbah. Profesi ini jelas sangat penting dan bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat juga lingkungan.

Sebagai pengelola limbah Kamu punya tanggung jawab mengelola limbah sehingga tidak akan meninggalkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Kamu juga bisa membuat inovasi-inovasi baru yang bisa mempermudah proses pengolahan limbah. Dari profesi ini Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari angka Rp3.000.000,00.

3. Ahli Ekologi

Ilmu yang Kamu dapat dengan berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan bisa dijadikan modal untuk bekerja sebagai ahli ekologi. Jenis pekerjaan ini sangat membutuhkan orang yang punya pengetahuan cukup mengenai lingkungan. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ahli ekologi dengan penawaran gaji yang besar.

Sebagai ahli ekologi, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000,00. Besarnya gaji ini bisa terus bertambah seiring dengan meningkatnya pengalaman yang Kamu miliki. Di bidang pekerjaan yang satu ini Kamu juga bisa ambil peran untuk menjaga kelestarian lingkungan.

4. Konservasi Alam

Kamu bisa bekerja sebagai petugas konservasi alam setelah lulus dari jurusan Teknik Lingkungan. Ilmu yang Kamu miliki akan sangat berhubungan dengan profesi di bidang konservasi alam. Kamu punya peluang besar untuk mengaplikasikan ilmu yang Kamu dapat demi kebaikan alam dan masyarakat.

Sebagai lulusan dari jurusan Teknik Lingkungan, Kamu memiliki pengetahuan mengenai kondisi lingkungan dan cara untuk mengelolanya. Gaji yang bisa didapatkan dari profesi yang satu ini mulai dari Rp3.000.000,00 dan bisa terus meningkat.

5. Insinyur Energi

Peluang atau prospek kerja Teknik Lingkungan berikutnya yang bisa Kamu jadikan pilihan adalah bekerja sebagai insinyur energi. Insinyur energi adalah orang yang memiliki tugas mengelola energi dari berbagai jenis sumber daya alam. Tentu saja pengelolaan energi ini harus dilakukan berdasarkan ilmu yang Kamu dapat dan tetap mengutamakan keseimbangan alam.

Sebagai lulusan jurusan Teknik Lingkungan Kamu bisa bekerja di bidang ini dan mendapat gaji yang menjanjikan. Gaji yang bisa Kamu dapatkan bisa berkisar di angka Rp5.000.000,00 dan akan terus meningkat sesuai pengalaman.

6. Konsultan Lingkungan

Bekal ilmu yang Kamu dapat dari jurusan Teknik Lingkungan bisa Kamu gunakan untuk bekerja sebagai konsultan. Jasa konsultan saat ini banyak dibutuhkan dan Kamu sebagai orang yang punya bekal ilmu di bidang lingkungan bisa mencoba menekuni profesi ini. Pendapat serta ide-ide yang Kamu miliki akan sangat berguna dan dihargai.

Kamu bisa bekerja sebagai konsultan di perusahaan maupun membuka jasa konsultan sendiri. Sebagai konsultan, Kamu bisa ikut memberikan kontribusi untuk membuat perubahan demi lingkungan yang lebih baik. Dari pekerjaan ini Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000,00 dan bisa terus meningkat sesuai dengan pengalaman.

7. Pemeliharaan Kualitas Air

Pilihan profesi yang satu ini pasti akan sangat dibutuhkan di lingkungan masyarakat. Kualitas air harus sangat dijaga dan jika salah penanganan bisa membuat masyarakat kesulitan untuk mendapat air bersih. Bekerja di bagian pemeliharaan kualitas air akan membuat Kamu dibutuhkan dan punya kontribusi besar bagi kehidupan masyarakat.

Sebagai lulusan jurusan Teknik Lingkungan, Kamu punya peluang besar bekerja di bidang ini. Dari profesi ini Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp3.000.000,00 dan besarnya bervariasi tergantung posisi serta tugas yang Kamu jalankan.

8. Dosen

Lulus dari jurusan Teknik Lingkungan, Kamu bisa langsung lanjut ke program pascasarjana . Setelah lulus master, Kamu bisa segera melamar menjadi dosen di universitas. Dari profesi dosen ini, Kamu bisa mendapat penghasilan Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 ditambah tunjangan.

9. Manajer Pengelolaan Energi

Posisi sebagai manajer pengelolaan energi juga sangat dibutuhkan saat ini. Profesi ini membutuhkan orang dari lulusan Teknik Lingkungan yang tentu lebih paham dengan kondisi lingkungan dan energi yang tersedia.

Dari profesi ini Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000,00 dan bisa terus bertambah tergantung lokasi perusahaan tempatmu bekerja.

10. Petugas Daur Ulang

Pengolahan sampah saat ini semakin mendapat perhatian. Bukan berarti bekerja sebagai petugas daur ulang akan membuat Kamu hidup susah. Justru prospek kerja di bidang ini cukup menjanjikan dan akan memberikanmu peluang untuk berkontribusi menyelamatkan lingkungan. Dari pekerjaan ini Kamu bisa mendapat uang mulai dari Rp3.000.000,00 dan bisa lebih besar lagi.

Itulah tadi 10 peluang atau prospek kerja Teknik Lingkungan yang bisa Kamu jadikan sebagai referensi. Informasi ini bisa Kamu jadikan acuan untuk memilih jurusan di universitas dan semakin yakin dengan jurusan tersebut.





Related Posts

Related Posts