kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Pendidikan Teknik Bangunan Dan Gajinya


Bila Kamu mengambil jurusan Teknik Bangunan di bangku SMK, maka pastikan memilih jurusan kuliah yang relevan dengan pilihan pendidikan di sekolah menengah tersebut. Pasalnya, materi yang Kamu dapatkan di jenjang pendidikan menengah bisa bermanfaat saat Kamu belajar mata kuliah Pendidikan Teknik Bangunan. Toh, peluang atau prospek kerja Pendidikan Teknik Bangunan di Indonesia hingga luar negeri sangat potensial untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional di bidang pembangunan.

Pendidikan Teknik Bangunan merupakan pilihan kuliah yang bisa membantu Kamu memiliki keterampilan mumpuni di bidang pembangunan mulai tahap perancangan, renovasi, strategi menciptakan struktur bangunan, dan lain-lain. Kamu bisa menjadi ahli pembangunan mega proyek pemerintah, rancangan struktur jembatan, bangunan komersil, dan jenis pembangunan lain. Sebagai bahan referensi Kamu yang hendak mengambil kuliah tahun depan, berikut peluang atau prospek kerja Pendidikan Teknik Bangunan dan gajinya di Indonesia yaitu :

1. Dosen

Kamu bisa menjadi dosen Pendidikan Teknik Bangunan di jenjang S1 asal memiliki kemampuan akademik yang bagus. Profesi dosen memiliki bayaran yang cukup layak hingga 5 jutaan rupiah per bulan, apalagi Kamu yang sudah berstatus dosen tetap. Jabatan yang semakin tinggi di kampus bisa memberikan prospek masa depan lebih cemerlang, lho!

2. Praktisi Industri

Kamu juga bisa bekerja sebagai praktisi industri yang menangani proyek pembangunan skala kecil hingga besar. Lulusan terbaik Teknik Bangunan bisa bekerja secara profesional di perusahaan multinasional untuk menangani proyek-proyek besar. Tak mengherankan kalau pemula di bidang praktisi industri ini mendapatkan gaji minimal 3 juta rupiah, apalagi praktisi profesional bisa lebih dari 8 juta rupiah per bulan.

3. PNS

Memiliki gelar S1 bisa membantu Kamu mendaftarkan diri sebagai PNS di lembaga pemerintahan. Departemen Pekerjaan Umum membutuhkan lulusan Pendidikan Teknik Bangunan yang terampil untuk mengerjakan mega proyek pemerintah baik di Jawa atau luar Jawa. Gaji PNS dengan jabatan dan golongan III A ke atas bisa mendapat gaji pokok sekitar 3 juta rupiah, belum termasuk tunjangan dan bonus lainnya.

4. Konsultan

Karir Kamu bisa mentereng bila memilih profesi sebagai konsultan bangunan baik independen atau bergabung dengan perusahaan yang bergelut di bidang proyek pembangunan dan infrastruktur. Kamu bisa mendapatkan gaji standar 3-5 juta rupiah per bulan sesuai dengan kinerja dan inovasi pembangunan yang berhasil Kamu berikan untuk klien yang membutuhkan saran atau solusi pembangunan.

5. Jasa Desain Bangunan

Selama menempuh kuliah Pendidikan Teknik Bangunan, Kamu akan mendapatkan materi tentang arsitektur, keamanan konstruksi bangunan, keindahan bangunan, dan lain-lain. Ilmu yang Kamu dapat selama berada di kampus bisa bermanfaat saat memilih karir sebagai jasa desain bangunan.

Mulai saja langkah kecil Kamu dengan melamar kerja di perusahaan di bidang konstruksi atau menawarkan jasa desain bangunan melalui internet. Gaji pemula di bidang jasa desain bangunan berkisar 3-5 juta rupiah, tapi cukup untuk menopang kehidupan para fresh graduate, bukan?

6. Kontraktor

Tidak hanya modal saja yang dibutuhkan kontraktor, tetapi kualifikasi diri yang mumpuni. Dengan pendidikan yang Kamu miliki, Kamu bisa menjadi kontraktor yang bisa menciptakan hunian atau bangunan sesuai dengan permintaan klien. Dari segi keindahan, kenyamanan dan kekuatan konstruksi bangunan sudah dipertimbangkan secara matang sehingga klien akan repeat order jasa Kamu suatu hari nanti.

7. Drafter

Kamu bisa bekerja sebagai drafter atau perancang suatu bangunan yang sesuai dengan permintaan klien terkait desain bangunan yang diinginkan. Biasanya drafter dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi, kontraktor atau konsultan independen yang memiliki permintaan desain yang sangat banyak di lapangan. Sebagai pemula yang baru lulus kuliah, Kamu bisa menjadi seorang desainer bangunan dengan bayaran standar 3-5 juta rupiah.

8. QC

Menjadi staf QC di perusahaan yang bergerak di bidang industri bangunan, kenapa tidak? Tugas Kamu adalah merencanakan, mengontrol dan melakukan pengecekan kualitas final dari produk bangunan yang hendak diluncurkan di pasaran. Proses distribusi produk atau material bangunan bisa berjalan lancar sebab tim QC sudah melakukan pengecekan final.

Selain itu, Kamu bisa menjadi tim quality control di proyek bangunan tertentu. Kamu bisa bekerja di perusahaan konstruksi yang bertugas memastikan kualitas desain dan pembangunan suatu proyek berjalan sesuai dengan perencanaan awal. Gaji QC cukup tinggi sebanding dengan tanggung jawab yang dimiliki, biasanya rata-rata di atas 5 juta rupiah per bulan.

9. Supervisor Pembangunan

Menjadi pengawas sebuah proyek pembangunan mulai skala kecil hingga besar, sah-sah saja. Lulusan Pendidikan Teknik Bangunan bisa melamar lowongan pekerjaan sebagai supervisor perusahaan konstruksi. Gaji supervisor sangat besar minimal 5 juta rupiah untuk kategori pemula.

Pasalnya, tanggung jawab supervisor sangat besar terkait pengawasan proyek bangunan selesai tepat waktu dengan kualitas bangunan tidak diragukan. Bila terjadi risiko pembangunan di lapangan, maka supervisor menjadi penanggung jawab utama.

10. Logistik

Saat menangani suatu proyek besar, Kamu bisa menjadi bagian logistik material bangunan. Sebagai pengawas logistik proyek pembangunan, Kamu bertugas mengecek ketersediaan bahan material yang digunakan untuk proses pembangunan atau renovasi.

Selain itu, Kamu juga harus mengawasi material dari ancaman pencurian logistik tersebut. Menjaga gudang proyek menjadi hal prioritas yang harus Kamu utamakan agar terhindar dari risiko pencurian atau tindak kejahatan di gudang tersebut.

Gaji rata-rata pekerja teknik bangunan bisa mencapai angka 5 juta ke atas, tetapi Kamu bisa mendapatkan gaji lebih besar bila menduduki posisi tinggi di proyek tertentu. Bekerja di proyek pemerintah yang melakukan pembangunan di daerah perbatasan atau titik terluar Indonesia bisa menjadi pilihan Kamu, kok. Tentu Kamu bisa mengimplementasikan ilmu yang dimiliki sekaligus memberikan sumbangsih bagi pembangunan Indonesia lebih maju. Yuk, dapatkan salah satu peluang atau prospek kerja Pendidikan Teknik Bangunan setelah Kamu lulus kuliah nanti!





Related Posts

Related Posts