kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Perhotelan dan Gajinya


Kuliah merupakan impian semua orang yang berharap bisa memiliki karir yang lebih baik nanti. Kamu bisa mengambil jurusan Manajemen Perhotelan yang punya prospek cukup bagus. Toh, industri pariwisata, perhotelan dan akomodasi lain masih membutuhkan lulusan yang berpengalaman di era modern ini. Jika Kamu mengambil program S1, sebaiknya pertimbangkan peluang atau prospek kerja Manajemen Perhotelan berikut.

Jurusan Manajemen Perhotelan bisa Kamu pilih di lembaga pendidikan PTN atau PTS yang ada di Indonesia. Setelah lulus kuliah, Kamu punya potensi bekerja di sektor berikut :

1. Manajer Hotel

Potensi kerja sebagai manajer hotel yang bertugas untuk mengatur seluruh operasional, pemasaran dan pengambilan kebijakan memiliki gaji yang besar. Dilansir dari gajimu.com, seorang manajer hotel pemula yang bekerja di penginapan kota kecil mendapatkan gaji minimal 2,4 juta rupiah. Jika Kamu bekerja di hotel ternama di kota besar, gaji belasan juta rupiah menanti Kamu, lho!

2. Manajer Restoran

Setiap hotel pasti memiliki restoran atau kafe yang membutuhkan manajer tersendiri. Nantinya manajer bertugas mengawasi operasional restoran, merekrut karyawan, mengembangkan menu, dan lain-lain. Gaji manajer restoran di hotel cukup besar di atas 5 juta rupiah untuk pemula, bahkan belasan juta rupiah untuk restoran di hotel bonafit.

3. Manajer Pemasaran

Memasarkan hotel sudah menjadi tugas utama bagian pemasaran usaha tersebut. Manajer pemasaran wajib memasarkan hotel di berbagai media baik online atau offline sehingga berdampak pada peningkatan permintaan pesan kamar. Bagian ini yang memiliki tanggung jawab menciptakan strategi pemasaran yang apik sehingga berpotensi meningkatkan kemajuan hotel bersama. Tak heran tanggung jawab yang besar sepadan dengan gaji jutaan hingga belasan juta rupiah di hotel Indonesia.

4. Manajer Operasional Food & Beverages

Manajer operasional food & beverages merupakan orang yang bertugas mengelola operasional dapur, menetapkan standar pelayanan makanan dan minuman kepada tamu dan punya kesempatan mengembangkan menu restoran. Selama kuliah, Kamu akan belajar mata kuliah yang berkaitan dengan pengolahan makanan.

Jika Kamu suka dan ahli di bidang masak memasak, maka peluang kerja sebagai bagian food & beverages terbuka lebar. Tidak hanya restoran yang ada di hotel atau penginapan saja, Kamu juga bisa menjadi bagian food and beverages di kapal pesiar atau armada lainnya. Soal gaji yang diberikan, ahli food & beverages yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan akan mendapatkan gaji jutaan hingga belasan juta rupiah per bulan.

5. Room Sales Manager

Merupakan orang yang bertugas untuk menarik tamu hotel menginap di tempat penginapanmu. Caranya dengan memfasilitasi kamar sesuai dengan harga atau keinginan si tamu.

Selain itu, room sales manager juga bertugas mengembangkan dan memberikan pelatihan pada karyawan hotel agar lebih memiliki skill profesional. Kamu juga harus memiliki sikap analis dalam memenuhi standar hotel terbaik dan memberikan pelayanan memuaskan bagi pelanggan sesuai data yang ada.

6. Concierge Hotel

Concierge hotel merupakan profesi yang memberikan pelayanan kepada tamu terkait informasi dan bantuan, misalnya informasi wisata kota, penitipan barang bawaan, pindah kamar, dan lain-lain. Oleh sebab itu, gaji seorang concierge yang dituntut memiliki kepribadian yang ramah, pandai komunikasi bahasa asing dan cekatan cukup besar sekitar 3,5-5 juta rupiah per bulan.

7. Event Organizer

Kamu juga punya peluang atau prospek kerja Manajemen Perhotelan yang berkarir sebagai staf EO. Kemampuan mengorganisir suatu acara menjadi kelebihan dalam memilih karir sebagai EO. Kamu bisa memilih fokus pada usaha EO yang mengurusi segala acara formal dan non formal atau fokus menyediakan pelayanan maksimal untuk WO/wedding organizer. Jaringan dan relasi yang banyak merupakan kunci agar Kamu bisa sukses membuka usaha mandiri ini.

Tidak hanya bekerja dengan orang lain, Kamu bisa membuka usaha EO yang profesional dengan omzet yang sesuai permintaan di pasar. Omzet pengusaha EO bervariasi mulai jutaan hingga milyaran rupiah bila perusahaan Anda sudah berkembang pesat. Testimoni pelanggan yang puas dengan semua pelayanan fasilitas pada acara yang Kamu selenggarakan bisa menjadi branding perusahaan dalam mengembangkan bisnis.

8. Staf Kapal Pesiar/Pesawat Terbang

Kamu bisa bekerja sebagai supervisi bagian food and beverages, sales room manager dan lain-lain di kapal pesiar. Menjadi staf di armada pesawat terbang juga bisa menjadi pilihan Kamu, lho! Gaji staf di kapal pesiar internasional bisa mencapai angka yang fantastis puluhan juta rupiah tergantung dengan profesi Kamu.

9. PNS

Kamu juga bisa memilih karir sebagai PNS yang mendapatkan gaji sesuai dengan jabatan dan golongan. Lulusan Manajemen Perhotelan bisa berkarir apa saja, khususnya ASN yang bekerja di Kemenparekraf atau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Menjadi salah satu bagian lembaga negara yang memperjuangkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia, kenapa tidak?

10. Dosen

Menjadi pengajar dengan disiplin ilmu yang sama, sah-sah saja. Pastikan Kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 agar bisa berkarir sebagai dosen jurusan Manajemen Perhotelan di kampus terkait. Gaji dosen di Indonesia mencapai angka jutaan belum termasuk tunjangan dan bonus sesuai dengan kebijakan kampus Kamu.

Dari peluang atau prospek kerja Manajemen Perhotelan di atas, Kamu bisa menjadi salah satu orang yang memiliki profesi tersebut. Tentukan masa depan Kamu dengan masuk jurusan Manajemen Perhotelan di Indonesia. Tidak hanya kesempatan lokal saja, Kamu juga punya peluang bekerja di hotel internasional yang menawarkan gaji dan fasilitas yang mumpuni. Keren, bukan?


Related Posts

Related Posts