kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya



Hal yang wajib dipertimbangkan dalam memilih sebuah studi adalah peluang atau prospek kerjanya. Termasuk untuk jurusan Ilmu Komunikasi yang menjadi salah satu jurusan paling populer ini. Kamu bisa terjun ke dalam beberapa bidang yang sesuai dengan jurusanmu ini. Berikut adalah peluang atau prospek kerja Ilmu Komunikasi.

1. Produser

Sebagai lulusan jurusan Ilmu Komunikasi, Kamu bisa memilih bekerja sebagai produser. Produser merupakan suatu keahlian yang banyak ditawarkan kepada para lulusan Ilmu Komunikasi. Khususnya bagi Kamu yang mengambil konsentrasi di bidang broadcasting. Tugas seorang produser yaitu memproduksi sebuah event maupun film.

Jika Kamu punya ketertarikan di dunia produksi film maka pilihan ini akan jadi keputusan yang tepat. Penghasilan seorang produser juga sangat menjanjikan bahkan bisa mencapai milyaran rupiah. Semua tergantung pada hasil karya yang Kamu produksi.

2. Sutradara

Selain menjadi produser, Kamu juga bisa terjun ke dunia kreatif sebagai seorang sutradara. Menjadi sutradara merupakan sebuah kesempatan besar bagi Kamu yang punya gelar sarjana Ilmu Komunikasi. Sama seperti produser, sutradara juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi broadcasting.

Sebagai sutradara, Kamu bisa menyalurkan aspirasimu ke karya-karya yang Kamu rilis. Besar uang yang Kamu dapat juga akan sangat bergantung pada kualitas karyamu. Sama seperti produser, nilai penghasilan yang Kamu dapat bisa sangat besar bahkan mencapai milyaran rupiah.

3. Fotografer

Sudah bukan menjadi hal yang asing lagi bagi sarjana Ilmu Komunikasi untuk terjun ke dunia fotografi. Peran foto sangatlah penting dalam berbagai pembuatan media. Sebagai sarjana Ilmu Komunikasi tentu Kamu harus pintar memilih dan menentukan gambar yang pas untuk digunakan. Apalagi gambar merupakan media untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Sebagai fotografer, Kamu akan punya pengalaman kerja yang menyenangkan. Kamu juga bisa menyalurkan passion-mu di dunia fotografi. Di bidang profesi ini Kamu bisa mendapat penghasilan yang besar tergantung karya-karya foto yang Kamu hasilkan.

4. Cameraman

Jika Kamu mengambil konsentrasi broadcasting di jurusan Ilmu Komunikasi, maka peluang untuk menjadi cameraman sangatlah besar. Saat berkuliah Kamu akan belajar seluk beluk proses produksi di suatu media. Ini bisa menjadi bekal kuat untuk bekerja sebagai cameraman di perusahaan media.

Cameraman menjadi salah satu sosok penting yang berkontribusi besar di sebuah media. Sebagai cameraman Kamu juga berpeluang untuk mendapat gaji besar. Gaji yang bisa Kamu dapat mulai dari Rp2.200.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

5. Jurnalis

Sepertinya jenis profesi yang satu ini sangat difavoritkan oleh mahasiswa di jurusan Ilmu Komunikasi. Jika Kamu memang punya passion di dunia jurnalistik, profesi ini jelas akan jadi pilihan yang akurat. Profesi jurnalis saat ini sangat difavoritkan dan punya jenjang karier yang memuaskan.

Kamu bisa menjadi jurnalis untuk berbagai jenis media. Mulai dari media cetak hingga media televisi. Gaji yang bisa Kamu dapat dari bekerja sebagai jurnalis berkisar antara Rp3.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

6. Penulis

Salah satu peluang atau prospek kerja Ilmu Komunikasi adalah menjadi penulis. Jika Kamu punya kemampuan menulis yang baik, maka profesi ini akan jadi masa depanmu. Profesi yang satu ini juga tidak jauh dari bidang ilmu jurnalistik yang Kamu pelajari saat berkuliah.

Kamu bisa menjadi penulis dengan mengandalkan kemampuanmu dalam merangkai kata. Baik itu tulisan yang bersifat informatif maupun tulisan yang bersifat menghibur atau fiksi. Kamu juga bisa terjun ke dunia kreatif sebagai penulis skenario di berbagai media.

Gaji yang bisa Kamu dapatkan dari profesi ini berkisar antara Rp3.000.000,00 sampai tak terhingga tergantung jenis dan kualitas karyamu.

7. Reporter

Bidang profesi yang satu ini sangat membutuhkan orang yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Apalagi jika Kamu punya kemampuan baik dalam berkomunikasi. Kemampuan dalam menyampaikan pesan ini merupakan aspek penting dalam profesi reporter.

Sebagai reporter Kamu harus mampu menyampaikan berbagai informasi dan pesan kepada masyarakat dengan sebaik mungkin. Jika Kamu benar-benar serius menekuni profesi ini, Kamu akan mendapatkan masa depan dengan penghasilan yang menjanjikan. Gaji sebagai reporter bisa berkisar antara Rp2.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00.

8. Penyiar Radio

Lulusan Ilmu Komunikasi juga banyak yang menekuni profesi sebagai penyiar radio. Jika ingin menekuni profesi ini, Kamu dituntut untuk punya kemampuan komunikasi di atas rata-rata. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang mampu memegang peran sebagai penyiar radio. Jika Kamu bisa, maka kemampuan ini jangan sampai disia-siakan.

Kamu bisa melamar bekerja di stasiun penyiaran sebagai penyiar radio andal. Mungkin gajimu tidak akan besar jika Kamu masih pemula. Tapi, jika Kamu menekuni profesi ini dengan baik maka gajimu bisa semakin besar. Pada umumnya gaji penyiar radio akan dihitung per jam. Semakin lama Kamu siaran maka semakin besar gaji yang Kamu dapat.

9. Event Organizer

Tugas dari seorang event organizer adalah mengurus semua detail acara dengan sebaik mungkin. Mulai dari vendor, klien, hingga para tamu yang hadir di acara tersebut. Pekerjaan ini sangat sesuai bagi orang-orang yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Gaji yang Kamu dapat bisa berkisar antara Rp3.400.000,00 hingga Rp6.200.000,00.

10. Pembaca Berita

Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi pembaca berita. Pembaca berita memiliki tanggung jawab menyampaikan sebuah berita kepada publik baik lewat media televisi atau radio. Gaji yang bisa didapatkan dari profesi ini biasanya Rp3.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja Ilmu Komunikasi. Kesempatan sangat terbuka lebar bagi Kamu lulusan Ilmu Komunikasi untuk menekuni berbagai profesi yang sesuai. Tentu selain pilihan profesi tersebut masih ada banyak profesi yang bisa Kamu geluti setelah lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi.








Related Posts

Related Posts