kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Kebijakan Kesehatan dan Gajinya



Bidang ilmu kesehatan memang selalu difavoritkan banyak orang. Namun ada satu jurusan yang tak cukup populer yaitu administrasi kebijakan kesehatan. Meskipun tak populer, jurusan ini tetap menawarkan prospek kerja yang menarik. Berikut adalah peluang atau prospek kerja administrasi kebijakan kesehatan serta kisaran gaji yang didapatkan:

1. Manajer Rumah Sakit

Pilihan profesi pertama yang dapat dijadikan tujuan setelah lulus dari jurusan ini adalah manajer di rumah sakit. Posisi ini tentu sangat bagus dan akan memberi banyak keuntungan untukmu. Namun tentu tak mudah untuk menempati posisi ini dan Kamu harus punya soft skill kepemimpinan yang bagus.

Manajer rumah sakit bisa mendapatkan gaji yang besar dan akan dipandang terhormat. Kisaran gaji yang bisa didapat mulai dari Rp7.000.000,00 hingga belasan juta. Tergantung pada rumah sakit tempatmu bekerja dan juga dipengaruhi oleh pengalaman yang sudah Kamu miliki.

2. Manajer Klinik/Puskesmas

Selain menjadi manajer rumah sakit, Kamu juga bisa bekerja sebagai manajer klinik atau puskesmas. Layanan kesehatan ini juga akan membutuhkan tenaga manajer yang berpengalaman sekaligus berpendidikan. Sebagai manajer klinik atau puskesmas Kamu bisa menerima gaji mulai dari angka Rp3.000.000,00.

3. Pengusaha

Lulusan administrasi kebijakan kesehatan juga bisa bekerja sebagai pengusaha. Pilihan profesi ini tentu akan sangat menguntungkan jika Kamu punya passion di bidang bisnis. Kamu bisa saja membuka klinik atau fasilitas kesehatan sendiri dan bekerja sama dengan dokter maupun tenaga kesehatan lainnya.

Selain bidang kesehatan, pilihan bisnis yang bisa dijalankan juga begitu banyak. Sebagai pengusaha, Kamu punya peluang membuka lowongan kerja baru dan tentunya mendapat penghasilan yang tak terhingga jumlahnya. Tergantung bagaimana keterampilanmu dalam mengembangkan usaha.

4. PNS

Profesi satu ini menjadi idaman banyak orang karena memang menjanjikan stabilitas pemasukan dan jenjang karier yang mapan. Tentunya Kamu harus siap untuk bersaing dengan banyak orang lainnya jika ingin menjadi PNS. Setiap ada kesempatan seleksi PNS, Kamu bisa ikut mendaftar dan menjalani tes.

PNS menjadi salah satu jenis profesi yang banyak diburu karena menawarkan kenyamanan. Ada jaminan pensiun juga yang bisa Kamu nikmati setelah tidak bekerja nanti. Kisaran gajinya bisa mulai dari Rp3.000.000,00 dan dapat terus meningkat.

5. Akademisi

Peluang atau prospek kerja administrasi kebijakan kesehatan berikutnya adalah akademisi. Profesi sebagai dosen saat ini sangat menjanjikan dan tentunya karier ini sangat mapan. Namun Kamu harus punya komitmen terlebih dahulu untuk melanjutkan kuliah ke jenjang master jika ingin menjadi dosen.

Sebagai dosen, Kamu bisa menyalurkan passion-mu dalam mengajar. Kamu juga bisa terus belajar di bidang yang Kamu sukai. Perkiraan gaji untuk profesi ini dimulai dari angka Rp4.000.000,00 dan bisa saja bertambah jika Kamu mendapat sertifikasi serta terlibat dalam berbagai penelitian ilmiah.

6. Administrasi Rumah sakit

Kamu juga bisa bekerja di bagian administrasi rumah sakit setelah lulus dari jurusan ini. Sesuai namanya, jurusan ini akan memberi bekal ilmu yang sesuai untuk bekerja di bidang ini. Profesi satu ini juga tak begitu buruk karena Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp3.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00.

7. Manajer Perusahaan Farmasi

Selain bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan, Kamu juga bisa terjun ke perusahaan farmasi. Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi juga membutuhkan tenaga kerja lulusan administrasi kebijakan kesehatan. Bidang ini cocok bagi Kamu yang tak ingin bekerja langsung di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Agar bisa menempati posisi manajer, tentu Kamu harus memulai dari awal. Lakukan yang terbaik agar Kamu bisa diterima bekerja di perusahaan farmasi dan meniti karier di sana. Prospek gajinya mulai dari angka Rp4.000.000,00 dan bisa saja terus meningkat.

8. Pimpinan Laboratorium

Selain perusahaan dan fasilitas kesehatan, Kamu juga bisa bekerja di laboratorium. Tempat ini juga membutuhkan tenaga kerja yang terampil salah satunya dari lulusan jurusan administrasi kebijakan kesehatan. Bidang pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang tertarik dengan aktivitas dan manajemen di laboratorium.

Fasilitas laboratorium saat ini semakin banyak tersedia. Hal ini juga membuat ketersediaan lapangan kerja terbuka semakin banyak. Sebelum jadi pimpinan laboratorium tentu saja Kamu perlu memulai dari awal. Prospek gaji yang bisa Kamu dapat dari profesi ini berkisar di angka Rp5.000.000,00 hingga Rp8.000.000,00.

9. Bekerja Di Perusahaan Asuransi Kesehatan

Tidak hanya bisa melamar kerja di perusahaan farmasi, lulusan jurusan ini juga bisa mengajukan lamaran di perusahaan asuransi kesehatan. Justru perusahaan asuransi seperti ini akan sangat membutuhkan tenaga kerja yang paham betul mengenai administrasi kebijakan kesehatan. Ilmu yang Kamu dapat selama berkuliah sudah pasti akan sangat cocok dengan profesi ini.

Jenjang karier bekerja di perusahaan asuransi juga tergolong memuaskan. Kamu bisa memulai dari awal dan meningkatkan posisi karier hingga mendapat jabatan yang tinggi. Kisaran gajinya mulai dar Rp3.000.000,00 sampai belasan juta rupiah.

10. Bekerja Di Organisasi Sosial

Lulusan administrasi kebijakan kesehatan juga bisa bekerja di organisasi sosial. Saat ini ada banyak organisasi sosial yang bisa Kamu temui di masyarakat. Mereka biasanya akan menerima tenaga kerja untuk membantu mengelola organisasi tersebut. Bidang profesi ini bisa menawarkan perolehan gaji mulai dari angka Rp2.000.000,00.

Itulah 10 jenis peluang atau prospek kerja administrasi kebijakan kesehatan. Jurusan ini mungkin tak sepopuler jurusan di bidang ilmu kesehatan lainnya. Akan tetapi lulusan dari jurusan ini punya peluang kerja yang sangat memuaskan. Jika Kamu tertarik, persiapkan diri untuk masuk ke jurusan ini sekarang juga!



Related Posts

Related Posts