kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Pelajari Perbedaan Bioteknologi Konvensional Dan Modern Agar Paham


Seiring perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih, Kamu perlu memahami perbedaan bioteknologi konvensional dan modern dalam peningkatan kualitas hidup manusia. Apalagi Kamu yang baru lulus SMA dengan jurusan IPA dan tertarik masuk prodi Bioteknologi, tidak ada salahnya untuk mencari informasi seputar bioteknologi itu sendiri.

Perbedaan bioteknologi konvensional dan modern harus Kamu pahami guna bisa memanfaatkan sumber daya alam dalam bentuk produk dan jasa lebih berkualitas. Berikut beberapa hal seputar bioteknologi konvensional yang bisa memberikan gambaran singkat yaitu :

1. Pengertian

Merupakan bioteknologi yang masih menggunakan mikroba atau organisme dalam menghasilkan produk.

2. Menghasilkan produk lebih sedikit

Karena masih memakai mikroba atau organisme secara alami, maka proses sederhana masih menghasilkan produk sedikit.

Dalam proses bioteknologi, umumnya mikroorganisme yang digunakan adalah jamur dan bakteri dalam fermentasi makanan seperti tempe, tahu, tape, dan lain-lain.

4. Tidak memodifikasi agen biologis

Sebab proses yang masih alami tanpa bantuan teknologi, maka bioteknologi konvensional tidak memodifikasi agen biologis.

5. Tidak mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesesuaian genetik

Berbeda dengan bioteknologi modern yang menyelesaikan masalah kesesuaian genetik dengan adanya rekayasa genetika, maka bioteknologi konvensional masih sangat sederhana.

Memahami Beberapa Hal Tentang Bioteknologi Modern

Berikut beberapa hal dasar tentang bioteknologi modern yang perlu Kamu ketahui yaitu:

1. Pengertian bioteknologi modern

Merupakan proses pemanfaatan sumber daya alam dengan kecanggihan teknologi menggunakan peralatan lebih canggih dan menerapkan prinsip ilmiah dalam proses pengolahan tersebut.

2. Menggunakan peralatan yang lebih modern

Bila bioteknologi konvensional masih manual, maka bioteknologi modern memanfaatkan teknologi yang lebih modern dan canggih sehingga bisa menghasilkan produk yang lebih banyak.

3. Memanfaatkan biologi sel dan molekuler

Berbeda dengan bioteknologi konvensional, bioteknologi modern memanfaatkan biologi sel dan molekuler, menggunakan bagian tubuh hewan atau tumbuhan, dan menerapkannya memakai rekayasa biokimia dan rekayasa genetika.

4. Contoh hasil produk bioteknologi modern

Bioteknologi konvensional menghasilkan produk yang lebih sederhana, tetapi bioteknologi modern menghasilkan produk lebih inovatif seperti obat hama tanaman, pengolah limbah, pengolah logam, produksi asam amino, dan lain-lain.

5. Meningkatkan kualitas hidup manusia lebih baik

Hasil dari bioteknologi modern bisa membantu meningkatkan kualitas hidup manusia karena pemanfaatan dalam industri pangan dan lingkungan. Hasil pengolahan sumber daya bisa lebih cepat, efektif dan menghasilkan produksi pangan dan jasa lebih maksimal dibandingkan bioteknologi konvensional.

Jika Kamu ingin memahami perbedaan bioteknologi konvensional dan modern lebih detail, maka segera ambil kesempatan kuliah jurusan Bioteknologi di PTN akreditasi A di Indonesia. Kamu punya peluang meningkatkan potensi sumber daya alam Indonesia lebih maju dengan menerapkan teknologi canggih kekinian. Memberikan sumbangsih pada kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi dan lingkungan yang terjaga berkat bioteknologi, kenapa tidak?



Related Posts

Related Posts