kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Organisasi Dan Manfaatnya Saat Masih Sekolah Atau Kuliah


Pengertian organisasi adalah sebuah kelompok orang yang bekerja sama untuk meraih tujuan bersama. Organisasi merupakan wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki ketertarikan pada bidang yang sama dan memiliki tujuan untuk dicapai bersama-sama dengan jalan berusaha bersama. Itulah tadi mengenai sedikit pengertian organisasi.

Di sekolah atau universitas biasanya ada banyak sekali jenis organisasi yang bisa diikuti oleh pelajar atau mahasiswa. Kamu bisa bebas memilih bergabung di organisasi yang Kamu sukai. Setiap organisasi bergerak di bidang tertentu dan Kamu bisa memilih organisasi yang sesuai dengan bidang yang Kamu sukai.

Sebenarnya apa saja manfaat mengikuti organisasi? Banyak orang berpikir bahwa aktif berorganisasi hanya akan menyita banyak waktu dan mengganggu belajar. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung di organisasi. Inilah dia beberapa manfaat bergabung di organisasi :

1. Melatih Kepemimpinan

Berorganisasi akan melatih jiwa kepemimpinanmu. Dengan bergabung di dalam sebuah organisasi maka Kamu bisa berlatih untuk mengatur sebuah tim. Kamu bisa mendapat kesempatan untuk menjadi ketua dalam berbagai event yang diadakan oleh organisasi tempat Kamu bergabung.

2. Mendapat Banyak Teman

Dengan bergabung di sebuah organisasi maka Kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Kamu bisa berteman dengan orang-orang yang mungkin belum Kamu kenal karena beda kelas atau beda jurusan. Kamu bisa menambah relasi dan berteman dengan banyak orang.

3. Menambah Pengalaman

Bergabung di sebuah organisasi akan membuat Kamu mengalami banyak hal. Kamu bisa mendapat pengalaman-pengalaman baru yang tentu saja sangat menyenangkan. Dari kegiatan-kegiatan organisasi, Kamu bisa merasakan pengalaman yang sebelumnya mungkin belum pernah Kamu rasakan.

4. Berlatih Manajemen Waktu

Ketika Kamu mengikuti organisasi maka mau tak mau Kamu harus mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Manajemen waktu dibutuhkan agar kehidupan organisasi dan kegiatan belajar bisa berjalan beriringan dengan seimbang maka Kamu harus pandai mengatur waktu.

Kemampuan manajemen waktu yang Kamu latih saat berorganisasi ini akan bermanfaat untuk Kamu di masa depan setelah memasuki dunia kerja. Kamu akan terampil mengatur waktumu setelah Kamu dewasa nanti.

5. Melatih Keberanian

Bergabung di organisasi akan membuat Kamu menjadi pribadi yang jauh lebih berani. Kamu akan berlatih berani berbicara di depan umum, berani mengambil keputusan, dan lain sebagainya. Intinya mentalmu akan terbentuk dengan baik jika Kamu bergabung dalam sebuah organisasi.

6. Berlatih Mengemban Tanggung Jawab

Dengan bergabung di sebuah organisasi Kamu akan berlatih untuk bertanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan kepadamu. Hal ini tidak bisa Kamu dapatkan lewat pelajaran di kelas namun bisa Kamu peroleh lewat organisasi.

Itulah tadi beberapa manfaat berorganisasi yang bisa Kamu dapatkan. Dengan memahami pengertian organisasi dan mengemban tanggung jawabmu semaksimal mungkin maka Kamu akan bisa melatih kemampuan dirimu sendiri dan berkembang bersama organisasi yang Kamu ikuti.







Related Posts

Related Posts