kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Antropologi


Jurusan Antropologi bisa menjadi pilihan prodi yang cocok untuk orang yang menyukai interaksi sosial dengan orang lain. Kamu bisa belajar tentang budaya dan sosial yang ada di sekitar, apalagi Kamu tipe orang yang suka observasi di lapangan langsung. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri Kamu dalam SNMPTN atau SBMPTN jurusan Antropologi di PTN pilihan. Mata kuliah Antropologi yang seru dan menyenangkan akan Kamu pelajari dalam 3-4 tahun menempuh jenjang S1 nanti.

Seorang antropolog bisa memilih karir yang cocok dengan pilihan Kamu seperti dosen atau pengajar, wartawan, penulis, budayawan, peneliti, dan lain-lain. Sebelum Kamu memiliki profesi yang bergengsi tersebut, maka ketahui beberapa mata kuliah Antropologi yang bakal Kamu pelajari di jenjang S1 yaitu :

1. Sejarah Teori Antropologi

Mata kuliah dasar yang wajib Kamu pelajari di semester awal yang membahas tentang sejarah antropologi yang mencakup tatanan kehidupan masyarakat berdasarkan budaya dan sosial yang berkembang di wilayah tertentu.

2. Kebudayaan Populer

Mata kuliah tentang budaya pop atau kultur populer yang berkembang pada abad ke-20 dan 21 seperti sekarang ini.

3. Etnolinguistik

Cabang ilmu yang mempelajari tentang ciri tata bahasa suku bangsa dan persebarannya, khususnya berbagai macam bahasa yang ada di Indonesia.

4. Etnografi Wilayah

Mata kuliah yang membahas lokasi, lingkungan alam, demografi, dan hal-hal yang berkaitan dengan wilayah yang mempengaruhi asal mula kehidupan dan kebudayaan suku bangsa di Indonesia.

5. Etnografi Kesejahteraan Sosial

Mata kuliah yang membahas tentang pengertian bidang-bidang kesejahteraan sosial dalam artian yang lebih luas, analisa permasalahan sosial, sistem dan pelayanan kesejahteraan sosial, dan macam-macam.

6. Antropologi Kesehatan

Mata kuliah yang membahas tentang pengaruh unsur budaya dengan penyakit dan kesehatan masyarakat di daerah tersebut. Tidak hanya jurusan Antropologi saja, biasanya anak Keperawatan juga akan mempelajari matkul ini.

7. Antropologi Ekonomi

Mata kuliah yang membahas sejarah, nilai sosial budaya dan geografi wilayah yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat yang berkaitan dengan ekonomi.

8. Antropologi Teknologi

Bagaimana peranan teknologi dalam kebudayaan masyarakat menjadi mata kuliah yang akan Kamu pelajari.

9. Antropologi Pariwisata

Masalah sosial budaya yang berhubungan dengan potensi pariwisata di suatu daerah menjadi mata kuliah yang menyenangkan nanti. Kamu harus memahami matkul ini bila ingin berkarir di bidang pariwisata, misalnya menjadi tour guide atau orang yang berpengaruh di tempat wisata tertentu.

10. Antropologi Agama

Kamu akan belajar bidang ilmu yang mempelajari kehidupan masyarakat dalam menafsirkan makna dan menjalankan agama sehari-hari.

Yakin Kamu tidak ingin mengambil peluang kuliah di jurusan Antropologi ini? Mata kuliah Antropologi yang seru dengan observasi langsung sangat cocok untuk Kamu yang aktif di lapangan. Pastikan Kamu bisa bersaing dengan calon mahasiswa lain yang memperebutkan kursi di PTN impian, ya!






Related Posts

Related Posts