kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Jurusan Teater



Jurusan teater punya daya tarik tersendiri khususnya bagi para pecinta seni. Passion di bidang seni bisa tersalurkan dengan baik apabila Kamu memilih jurusan ini. Mari kenali dulu beberapa mata kuliah jurusan teater berikut:

1. Teknik Dasar Pemeranan

Mata kuliah ini mendalami ilmu-ilmu dasar dalam dunia pemeranan. Dalam dunia teater akan ada orang-orang yang melakoni suatu peran. Pada bidang ilmu ini Kamu akan memahami bagaimana teknik melakoni peran tersebut.

2. Teknik Dasar Penyutradaraan

Selain ada pemain peran, dalam dunia teater juga ada peran sutradara. Sutradara memiliki tugas mengatur jalannya peran dan cerita dalam pertunjukan teater tersebut. Di sini Kamu akan menyelami teknik dasar ilmu sutradara.

3. Penulisan Kreatif

Jurusan teater juga memberikan mata kuliah penulisan kreatif. Di mata kuliah ini Kamu akan mendalami teori serta teknik dan praktik penulisan kreatif di berbagai bidang. Mulai dari skenario, cerita pendek, script siaran, dan beragam jenis karya penulisan kreatif lainnya.

4. Penulisan Lakon

Di jurusan teater Kamu akan belajar lebih banyak mengenai lakon dan jalan cerita. Teknik penulisan lakon akan Kamu pelajari lebih dalam lewat mata kuliah ini. Kamu akan belajar bagaimana membangun karakter dan membagi peran dalam sebuah cerita.

5. Tata Artistik

Mata kuliah jurusan teater berikutnya yang akan Kamu temui adalah tata artistik. Di sini Kamu akan belajar bagaimana caranya mengatur latar pertunjukan agar menghadirkan tampilan yang estetik.

6. Manajemen Teater

Mata kuliah berikutnya yang juga akan Kamu temui di jurusan ini adalah manajemen teater. Di sini Kamu akan belajar mengenai pengelolaan berbagai unsur teater hingga pertunjukan bisa berjalan.

7. Desain Musik

Salah satu unsur penting dalam sebuah pertunjukan adalah musik. Di jurusan ini Kamu bisa memahami lebih banyak tentang desain musik dalam dunia teater. Mata kuliah ini juga penting jika Kamu ingin bekerja di balik layar teater sebagai komposer musik.

8. Analisis Fiksi

Teater memiliki unsur cerita yang berperan begitu penting. Kemampuan analisis fiksi tentu sangat dibutuhkan agar bisa menyajikan pertunjukan teater yang berkualitas. Mata kuliah ini pun menjadi salah satu ilmu penting yang membangun kekuatan suatu teater.

9. Tata Kostum Dan Make Up

Berikutnya ada mata kuliah tata kostum dan make up. Bidang mata kuliah ini akan mendalami tentang penggunaan kostum dan make up yang mendukung berjalannya suatu cerita dalam pertunjukan teater.

10. Kritik Teater

Mata kuliah satu ini juga tak kalah penting. Kritik seni memang dibutuhkan untuk membangun karya tersebut agar lebih baik lagi. Di sini Kamu akan belajar mengenai teknik kritik dalam dunia teater secara lebih mendalam.

Itulah mata kuliah jurusan teater yang akan Kamu pelajari. Jika memilih jurusan ini maka Kamu akan menemui begitu banyak hal menarik. Cocok sekali untuk Kamu yang punya passion di dunia hiburan khususnya seni teater.





Related Posts

Related Posts