kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Desain Grafis Untuk Jenjang S1


Ada beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan sebelum masuk jurusan desain grafis, di antaranya adalah mata kuliah desain grafis yang akan dipelajari selama masa kuliah tersebut. Sebelum Kamu terjun langsung, ada baiknya mengenal beberapa mata kuliah berikut yang pasti akan Kamu temui saat kuliah desain grafis nanti:

1. Dasar Seni Rupa Dan Desain

Awalnya, Kamu akan diperkenalkan dahulu pada pelajaran dasar dari desain dan seni rupa. Dalam pelajaran ini akan diberikan pemahaman dasar mengenai desain dan seni rupa yang akan dikembangkan pada pembelajaran di semester berikutnya.

2. Pengantar Rekayasa Dan Desain

Selanjutnya, pada semester awal akan diajarkan mengenai desain serta rekayasa desain. Pelajaran ini berkaitan bagaimana membuat desain awal atau rekayasa dari bentuk desain yang diinginkan.

3. Fotografi Dasar

Selain mempelajari ilmu desain, Kamu juga akan belajar mengenai fotografi juga. Sebagai awal akan diberikan ilmu mengenai dasar-dasar dari fotografi sehingga Kamu mengerti dan dapat mengaplikasikannya.

4. Ilustrasi Dasar

Pelajaran membuat ilustrasi juga akan diberikan. Untuk Kamu yang sudah belajar desain sebelumnya akan mudah mengikuti mata kuliah ini. Di mata kuliah ini akan diberikan pelajaran mengenai bagaimana cara membuat ilustrasi dasar bagi pemula.

5. Animasi

Mata kuliah desain grafis lainnya adalah animasi. Di mana Kamu akan belajar membuat sebuah animasi atau gambar bergerak mulai dari dasarnya. Mata kuliah ini akan sangat seru dan menyenangkan.

6. Komunikasi Visual

Selain membuat desain, gambar, animasi, dan grafis, Kamu juga akan diberikan ilmu mengenai bagaimana melakukan komunikasi visual sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa dipahami oleh orang yang melihat hasil karya Kamu.

7. Kreativita Dan Humanita

Mata kuliah ini akan mengajarkan mengenai bagaimana Kamu mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan desain yang sesuai kebutuhan atau permintaan klien nantinya. Mata kuliah ini juga akan membahas mengenai kreativitas dan sifat dasar manusia.

8. Metode Produksi

Nah, Kamu juga akan diajarkan bagaimana melakukan produksi dengan baik dan benar. Mulai dari rincian kegiatan hingga awal sampai akhir sehingga dalam praktiknya dapat melakukan produksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

9. Komunikasi Visual Periklanan

Berbeda dengan komunikasi visual biasa, dalam komunikasi visual periklanan Kamu akan belajar bagaimana membuat sebuah iklan yang dapat dimengerti oleh orang banyak. Dengan demikian pesan dalam iklan yang dibuat dapat tersampaikan dengan jelas dan tidak terjadi salah pengertian.

10. Videografi

Kamu juga akan mempelajari bagaimana membuat video yang disesuaikan dengan desain yang telah dibuat. Pembuatan video dapat dilakukan untuk pengerjaan iklan, branding visual, maupun pembuatan film.

Mata kuliah yang akan Kamu temukan selama masa pembelajaran di jurusan desain grafis, memang sangat beragam. Untuk bisa menguasainya diperlukan keseriusan dalam belajar. Mata kuliah desain grafis sangat beragam dan dinamis sehingga dapat berubah-ubah sesuai perkembangan dunia digital.





Related Posts

Related Posts