kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Mending D3 Atau S1 Keperawatan?


Sekolah keperawatan di perguruan tinggi menawarkan pilihan jenjang D3 dan S1. Keduanya sama-sama akan mendidik mahasiswanya untuk menjadi perawat yang andal. Lalu, lebih mending D3 atau S1 keperawatan? Kali ini akan dibahas lebih lengkap perbandingannya sebagai rekomendasi untukmu.

1. Program D3 Lebih Cepat

Perbandingan pertama bisa dilihat dari segi waktunya. Untuk kuliah D3 keperawatan tentunya butuh waktu yang jauh lebih cepat. Kamu bisa lulus kurang lebih dalam waktu 2 tahun untuk menyelesaikan program pendidikan ini.

2. S1 Lebih Lama

Dibandingkan dengan program D3, sudah jelas bahwa pendidikan S1 membutuhkan waktu kuliah yang jauh lebih lama. Kamu perlu waktu kurang lebih 4 tahun agar bisa lulus dari program pendidikan tersebut.

3. Gelar yang Didapatkan untuk D3

Kamu juga harus mempertimbangkan gelar yang akan didapat sebelum memilih program kuliah yang tepat. Untuk program D3, setelah lulus nantinya Kamu akan mendapat gelar A.Md.Kep yang artinya adalah Ahli Madya Keperawatan.

4. Gelar Sarjana untuk S1

Jika Kamu menempuh pendidikan S1 untuk program studi keperawatan, maka Kamu bisa mendapatkan gelar sarjana. Nantinya Kamu akan mendapatkan gelar S.Kep di belakang namamu yang artinya adalah sarjana keperawatan.

5. Kompetensi D3 Lebih Terbatas

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan mending D3 atau S1 keperawatan, Kamu juga harus tahu kompetensi yang akan Kamu dapatkan nanti. Untuk program D3, Kamu akan mendapatkan kompetensi yang lebih terbatas. Bidang yang dipelajari memang di lingkup keperawatan namun lebih terbatas.

6. Kompetensi S1 Jauh Lebih Luas

Sementara itu untuk lulusan program S1 keperawatan, kompetensi yang dimiliki akan jauh lebih luas. Bahkan di dunia kerja biasanya kompetensi lulusan S1 juga jauh lebih bisa diandalkan meskipun memang akan kembali lagi ke kemampuan pribadi masing-masing.

7. Lulusan D3 sebagai Staf

Bagi para perawat yang menempuh program pendidikan D3, mereka bisa bekerja sebagai staf di rumah sakit. Tugasnya tentu saja sebagai perawat yang membantu kerja dokter atau tenaga medis lainnya. Selain di rumah sakit bisa juga bekerja di klinik maupun fasilitas kesehatan yang lain.

8. Lulusan S1 Bisa Membuka Home Care

Sementara itu bagi para lulusan S1 program keperawatan bisa membuka layanan sendiri atau home care. Praktik mandiri untuk perawat ini tentunya dijalankan sesuai kompetensi yang dimiliki oleh seorang perawat.

9. Biaya D3 Lebih Terjangkau

Jika dilihat dari sisi biayanya, kuliah D3 membutuhkan biaya yang jauh lebih terjangkau. Program D3 ini membutuhkan durasi pendidikan yang lebih singkat sehingga dari hitungan biaya juga lebih murah.

10. Biaya Kuliah S1 Lebih Mahal

Dibandingkan dengan program pendidikan D3, kuliah S1 membutuhkan biaya yang lebih mahal. Apalagi jika Kamu memutuskan untuk kuliah S1 di universitas swasta yang biaya pendidikannya terkenal tinggi.

Itulah tadi perbandingan program D3 dan S1 untuk jurusan keperawatan. Tinggal Kamu yang memutuskan mending D3 atau S1 keperawatan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan.






Related Posts

Related Posts