kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Bahasa Inggris Sebagai Referensi



Bahasa Inggris diketahui sebagai satu jenis bahasa yang sangat penting untuk dikuasai. Namun, tak masalah jika Kamu tak tertarik dengan bahasa ini. Ada beberapa pilihan jurusan yang dapat ditempuh tanpa studi bahasa Inggris. Berikut adalah 10 pilihan jurusan kuliah yang tidak ada bahasa Inggris.

1. Ilmu Sejarah

Jika Kamu tidak terlalu menguasai bahasa Inggris maka Kamu bisa coba masuk ke jurusan ilmu sejarah, khususnya sejarah Indonesia. Di sini justru Kamu akan lebih banyak menemui pemakaian bahasa Belanda dibanding Inggris.

2. Pendidikan Olahraga

Kamu juga bisa masuk jurusan pendidikan olahraga yang tidak terlalu banyak melibatkan bahasa Inggris. Jurusan ini juga sangat cocok untuk diambil jika Kamu berminat di bidang olahraga. Prospek setelah lulus dari jurusan ini Kamu bisa jadi instruktur atau guru olahraga.

3. Seni Tari

Kamu bisa menghindar dari mata kuliah bahasa Inggris dengan mengambil jurusan seni tari. Jurusan ini mengandalkan bakat seni yang Kamu miliki. Apalagi jika Kamu mengambil jurusan seni tradisional. Kamu mungkin akan lebih banyak bertemu dengan bahasa daerah di jurusan ini.

4. Seni Lukis

Selain seni tari, Kamu juga bisa berkuliah di jurusan seni lukis. Jurusan yang satu ini juga tidak membutuhkan mata kuliah bahasa Inggris. Jurusan seni lukis juga pilihan tepat apabila Kamu punya bakat melukis dan jiwa seni yang tinggi.

5. Studi Herbal

Jurusan yang satu ini mungkin terdengar asing dan tidak terlalu banyak peminat. Namun, jurusan studi herbal punya prospek yang cukup menjanjikan. Jurusan ini juga tidak melibatkan mata kuliah bahasa Inggris sehingga cocok untuk Kamu yang ingin menghindar dari bahasa ini.

6. Sastra Indonesia

Pilihan jurusan kuliah yang tidak ada bahasa Inggris sudah jelas berasal dari sastra di luar sastra Inggris. Salah satunya adalah sastra Indonesia. Di jurusan ini sudah jelas kalau Kamu akan lebih mendalami pemakaian bahasa Indonesia dan karya sastra di dalamnya.

7. Sastra Prancis

Jika tak ingin mengambil sastra Indonesia maka Kamu bisa mencoba belajar sastra asing. Salah satu pilihannya adalah sastra Prancis yang di dalamnya jelas tidak ada mata kuliah bahasa Inggris.

8. Sastra Arab

Ada banyak sekali pilihan sastra asing yang bisa Kamu ambil selain sastra Inggris. Salah satunya adalah sastra Arab yang juga menarik untuk dipelajari.

9. Sastra Korea

Rekomendasi jurusan tanpa bahasa Inggris berikutnya adalah sastra Korea. Di sini Kamu akan belajar mengenai seni sastra dengan penggunaan bahasa Korea. Lulus dari jurusan ini, Kamu punya peluang besar untuk pergi ke negeri ginseng.

10. Sastra Daerah

Jika ingin mendalami sastra lokal, maka Kamu bisa mengambil jurusan sastra daerah. Mempelajari bahasa daerah tentu akan sangat menyenangkan dan membuat pengetahuanmu bertambah luas.

Itulah tadi pilihan jurusan kuliah yang tidak ada bahasa Inggris. Pilih jurusan yang sesuai keinginan hatimu. Pastikan Kamu mempelajari bidang ilmu yang memang Kamu sukai agar tidak mudah patah semangat di tengah jalan nanti.



Related Posts

Related Posts