kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Jurusan Kuliah IPA Yang Terbaik Dan Menjanjikan, Ada 10 Jurusan Nih!



Kamu yang telah memasuki jenjang pendidikan yaitu perguruan tinggi atau universitas, mungkin bingung memilih jurusan perkuliahan yang ingin diambil. Masa-masa ini adalah waktu terpenting sebagai pelajar, karena jurusan yang Kamu pilih bisa jadi mempengaruhi pekerjaan yang akan didapat beberapa tahun kemudian. Kamu harus pintar dalam memilih jurusan. Disinilah pentingnya mengetahui seluk beluk jurusan yang akan dipilih. Aku akan memberikan informasi tentang jurusan kuliah IPA yang cocok buat Kamu dengan prospek yang menjanjikan.

1. Jurusan Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu jurusan yang banyak dicari oleh calon mahasiswa. Di jurusan ini, Kamu akan mempelajari dan membahas tentang perancangan, pembangunan, sampai pemeliharaan suatu bangunan dan fasilitas umum. Jurusan teknik sipil cocok bagi Kamu yang senang mempelajari bangunan dan mengutak atik rumus fisika.

2. Jurusan Teknik Elektro

Perkembangan teknologi yang pesat membuat pekerja lulusan teknik elektro banyak dicari oleh beberapa industri. Di jurusan teknik elektro, Kamu akan mempelajari komponen listrik dan alat-alat elektronika. Kamu membutuhkan skill di bidang fisika, logika dan matematika agar bisa bertahan di jurusan ini.

3. Jurusan Teknik Kimia

Di jurusan ini, Kamu tidak hanya mempelajari kimia. Kamu juga mempelajari teknik reaksi kimia, operasi teknik kimia, termodinamika, dan materi lain yang berhubungan dengan fisika. Walaupun jurusan ini tebilang sulit untuk dipelajari, prospek kerjanya yang luas membuat jurusan ini salah satu bidang studi yang paling banyak dicari oleh calon mahasiswa.

4. Jurusan MIPA (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika)

Jurusan ini cocok bagi Kamu yang ingin menjadi ahli dalam bidang MIPA sesuai pilihanmu. Kebanyakan calon mahasiswa yang memilih jurusan ini sudah mempunyai level pengetahuan yang dalam di bidang pilihannya, jadi Kamu harus lebih rajin dan giat.

5. Teknik Informatika

Teknik informatika adalah salah satu jurusan kuliah IPA yang pamor dan daya tariknya naik karena lulusannya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan komunikasi multinasional (Google, Facebook, Telkomsel, dll). Jurusan ini akan mempelajari struktur komunikasi melalui jaringan komputer.

6. Teknik Arsitektur

Jurusan ini cocok buat Kamu yang mempunyai jiwa seni dan keahlian dalam matematika dan fisika. Dalam jurusan ini, Kamu akan mempelajari desain, perencanaan, dan konstruksi bangunan dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada.

7. Desain Komunikasi Visual

Jurusan desain komunikasi visual menggabungkan seni rupa dengan teknik komunikasi. Disini Kamu akan mempelajari konsep komunikasi, kreatifitas, teknik dan media dengan menggunakan visual untuk menyampaikan pesan secara visual.

8. Jurusan Agrobisnis

Jurusan ini mempunyai prospek kerja dan perkembangan yang bagus, melihat kondisi Negara yang membutuhkan ahli-ahli untuk mengembangkan sektor pertanian. Jika Kamu memilih jurusan ini, Kamu akan mempelajari seluk beluk dari sektor pertanian dan cara mengembangkan bisnis di bidang ini.

9. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi mempunyai prospek kerja yang luas dengan lulusannya biasanya bekerja di rumah sakit, apotek, atau di laboratorium kesehatan. Lulusannya juga bekerja di sektor industri lain seperti pembuatan kosmetik, dan lain sebagainya.

10. Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah IPA ini mempunyai banyak sekali cabang, mulai dari kedokteran umum, kedokteran gigi, dll. Jurusan ini cocok bagi Kamu yang suka belajar biologi dan bidang IPA lain.

Demikianlah pilihan 10 jurusan kuliah IPA yang bisa Kamu jadikan referensi jika masih bingung menentukan jurusan. Semua jurusan sama baiknya, namun Kamu juga perlu menyesuaikannya dengan bakat dan minat agar kuliahmu nanti lebih maksimal.




Related Posts

Related Posts