kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

IPM berperan memberikan Edukasi tentang tanaman hias di acara Bursa tanaman Hias dan Langka Malang



Institut Pertanian Malangmenunjukkan kiprahnya sebagai Perguruan Tinggi Pertanian di Malang denganterlibat dalam acara bursa Tanaman Hias dan Langka yang berlangsung selama duahari. Acara tersebut dilakukan melalui dua konsep yaitu secara virtual atauonline dan secara offline. Secara virtual kegiatantersebut disiarkan live di akun NusaDaily.com dan JatimTIMES Network. Sedangkansecara offline dilakukan di CyberMall Malang pada tanggal 3 sampai 4 Oktober2020 pukul 09.00 sampai 21.00. Acara virtual dilakukan dengan upayapanitia untuk tidak terlalu banyak mengumpulkan orang karena mematuhi instruksipemerintah akibat adanya pandemic covid 19.

IPM merupakan salah satu official supporting selaintiga lembaga lainnya yaitu cyber mall, Nusa daily, dan Malang Times. Peran IPMdisini dibutuhkan karena IPM adalah sebagai lembaga/institusi pendidikan yangmemberikan edukasi kepada pengunjung yang ingin lebih tahu mengenai tanaman,khususnya tanaman hias.  Edukasi mengenai menanam tanaman sudah dilakukan sejakpameran dibuka, kemarin. Materi mengenai edukasi menanam itu disuguhkanlangsung oleh Institut Pertanian Malang (IPM). Ungkap Ketua Panita LelangVirtual Bursa Tanaman Hias Unik dan Langka, Tri Agus Budi Prasetya.

Acara Bursa atau pameran ini merupakan acaraterbesar dan pertama di Malang Raya yang mengangkat tanaman hias. Hal inimemang sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan kembali perputaran ekonomi.Terutama untuk para petani tanaman di Malang Raya.

Antusias pameran virtual pertamadan terbesar di Malang Raya nampaknya sangat luar biasa. Dihari pertamameskipun masih baru saja dibuka, perputaran uang yang terjadi sudah mencapai Rp100 juta lebih.Imbuh pak Budi.

Keterlibatan acara tersebut jugadimanfaatkan oleh IPM untuk mengangkat produk unggulan agribisnis IPM yaituBibit Tanaman Macedemia. Macedamia merupakan genus dari delapan spesies tumbuhan darifamilia Proteaceae,tersebar di Australia timur(7 spesies), dan Sulawesi. Pohonnya berukuran 6-40 meter, daunnya memiliki panjang6–30 cm dan lebar 2–13 cm, bunga 10–15 mm, berwarna putih sampaiungu, buahnya memiliki satu atau dua biji. Tanaman macadamia menghasilkankacang yang memiliki kandungan nilai gizi tinggi.

Tanaman makademia disini termasuktanaman yang dikutsertakan dalam lelang virtual sebagai produk unggulan yangdimiliki IPM. Bagi yang ingin dan tertarik dalam menjual dan mebudidayakantanaman makademia ini bisa bekerjasama dengan IPM. Ketentuan lebih lanjut bisadibicarakan. Sebut Bapak Didik Suprayitno, S.TP, M.Si salah satu dosen AgribisnisIPM.

Acara pameran danlelang virtual pertama dan terbesar di Malang Raya itu didukung penuh olehMalangTIMES, Nusa Daily, Telaga Ab Saodah Property, Bangun Indah Graha, Cozy,SGL dan Institut Pertanian Malang.


Related Posts

Related Posts