kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Fungsi Almamater bagi Mahasiswa


Almamater, sekilas jika kita mendengar kata tersebut maka yang akan terbayang di dalam benak kita ialah jas kebanggaan mahasiswa. Namun, apa arti dari istilah 'almamater' tersebut?

Menurut KBBI, almamater merupakan perguruan tinggi atau akademi tempat mahasiswa pernah belajar dan menyelesaikan pendidikannya. Akan tetapi, secara istilah yang seringkali kita dengar, almamater bergeser pengertiannya menjadi sebuah jas kebanggaan mahasiswa yang berfungsi sebagai identitas Perguruan Tinggi tempat mahasiswa belajar.

Mungkin tak ada kampus yang tak memiliki almamater, karena almamater merupakan identitas utama sebuah kampus.Adapun dalam pembahasan kali ini, saya akan mengulas apa saja fungsi jas almamater bagi para mahasiswa. Apakah jas almamater hanya berfungsi sebagai identitas mahasiswa? Mari kita simak ulasannya. 

1. Tanda Pengenal

Jas almamater berfungsi sebagai tanda pengenal bagi mahasiswa seperguruan tinggi. Misal di dalam forum-forum atau acara di luar kampus lainnya, jas almamater sangat berguna sebagai tanda pengenal yang membedakan para mahasiswa dari Perguruan Tinggi lainnya. Dengan begitu, kawan kita tidak akan kesulitan mencari kita dan tidak akan kesulitan menangkap identitas kita. 

2. Pembeda

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa jas almamater berfungsi sebagai tanda pengenal, pada bagian ini akan dijelaskan secara lebih dalam fungsi jas almamater sebagai tanda pengenal tersebut. Fungsi jas almamater selain sebagai tanda pengenal, lebih dalam lagi sebagai tanda yang sifatnya pembeda.

Pembeda bukan berarti membeda-bedakan, melainkan pembeda dalam artian bahwa mereka (mahasiswa) adalah mereka yang membawa tugasnya sendiri (independen) dan tidak menerima atau tertunggangi oleh kepentingan dari kelompok manapun tanpa tanggungjawab. 

3. Payung Hukum

Fungsi dari jas almamater yang selanjutnya ialah sebagai payung hukum yang melindungi mahasiswa ketika ada hal-hal yang merugikan dan menyangkut pautkan antara mahasiswa dengan nama almamaternya (kampus).

Sebagai contoh ketika ada aksi atau demonstrasi yang melibatkan para mahasiswa dari berbagai kampus, jas almamater berfungsi sebagai pelindung mahasiswa dari tuduhan-tuduhan yang melibatkannya andaikata terjadi kekacauan.

Dengan begitu, mahasiswa dapat membela dirinya sendiri karena ia mempunyai bukti dengan menunjukkan tanda pengenal (almamater), dan menunjukkan bahwa ia tidak bersalah atas kekacauan yang telah terjadi. Dengan kata lain, jas almamater berfungsi sebagai bukti konkrit bagi mahasiswa bila terjadi situasi genting. 

4. Simbol Kebanggaan

Fungsi selanjutnya dari jas almamater bagi mahasiswa ialah sebagai simbol kebanggaan. Mahasiswa tidak secara cuma-cuma menggunakan jas almamater sebagai tanda pengenal belaka, lebih dari itu para mahasiswa ingin menunjukkan siapa dirinya dan untuk apa dirinya ada.

Hal itulah yang membedakan antara mahasiswa dengan anggota organisasi lainnya, yang turut membedakan tingkatan intelektualitas seseorang. 

5. Simbol Tanggungjawab

Ketika mahasiswa melakukan kegiatan apapun dengan menggunakan jas almamaternya, itu artinya mahasiswa tersebut siap untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di muka umum, karena ia membawa nama atau identitas kampus, yang mana merupakan suatu instansi yang harus dijaga nama baiknya.

Dengan begitu, ketika mahasiswa menggunakan almamaternya, ia berkewajiban mempertanggungjawabkan segala perbuatannya atas nama kampus. 

Itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai fungsi dari sebuah jas almamater bagi mahasiswa. Adapun ulasan ini berisi opini saya pribadi dan bersifat relatif. Di akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan semoga apa yang saya ulas dapat memberikan manfaat. 




Related Posts

Related Posts