kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Menjadi Insinyur Yang Bisa Dijadikan Referensi


Kamu bercita-cita menjadi insinyur? Jika jawabannya adalah ya, maka Kamu harus berusaha sebaik mungkin agar predikat insinyur tersebut bisa tercapai. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai predikat insinyur dan cara menjadi insinyur yang bisa Kamu lakukan.

Tentang Gelar Insinyur

Sebelum mengetahui seperti apa cara untuk menjadi insinyur, maka penting untuk dipahami terlebih dahulu pengertiannya. Banyak yang mengira bahwa gelar insinyur sudah tidak berlaku padahal sebenarnya masih ada di Indonesia. Hanya saja sistem pemberian gelar insinyur berbeda-beda.

Sebelum tahun 90-an, gelar insinyur akan diberikan kepada semua sarjana teknik. Namun setelah itu sarjana lulusan teknik belum tentu mendapatkan gelar insinyur. Insinyur hanya diberikan sebagai gelar bagi mereka yang telah menempuh program profesi. Jadi, ada program pendidikan lagi yang harus dijalani setelah strata 1 jika ingin mendapat predikat insinyur.

Untuk apa gelar insinyur ini? Dengan mendapatkan sertifikat insinyur, maka sarjana teknik bisa bergabung dengan proyek konstruksi tingkat internasional. Insinyur memiliki kompetensi untuk bekerja di lingkup bidang yang tidak bisa diselesaikan oleh sarjana teknik biasa.

Cara Mendapat Gelar Insinyur

Bisa disimpulkan bahwa cara menjadi insinyur di masa ini lebih sulit daripada di masa lalu. Ada dua cara yang bisa ditempuh agar sarjana teknik mendapatkan predikat insinyur. Berikut adalah dua cara mendapat gelar insinyur:

1. Mengikuti Kuliah Profesi Keinsinyuran

Cara pertama adalah dengan mengikuti program kuliah profesi keinsinyuran. Program kuliah ini akan fokus pada pelaksanaan kegiatan profesi keinsinyuran. Program studinya akan berlangsung selama 1 tahun atau 2 semester. Total SKS yang harus diambil adalah 24 SKS dan lebih dari 70% merupakan kerja lapangan. Sementara itu sisanya adalah pertemuan tatap muka di kelas.

2. Menjalani Diklat Keinsinyuran

Cara kedua yang bisa dijalani untuk mendapat gelar insinyur adalah dengan mengikuti diklat keinsinyuran. Diklat ini dijalankan selama satu hari kemudian peserta akan melakukan pengisian portofolio mengenai potensi serta pengalaman keinsinyuran. Nantinya putusan kelulusan insinyur akan ditentukan berdasarkan penilaian portofolio tersebut.

Setelah mengikuti program kuliah dan diklat, maka akan keluar nilai keinsinyuran yang dibagi menjadi tiga kategori. Setiap tingkatan nilai akan masuk ke kategori insinyur yang berbeda. Berikut adalah tiga kualifikasi keinsinyuran berdasarkan tingkatan nilainya:

  • Insinyur Profesional Pratama (IPP) skor minimal 600
  • Insinyur Profesional Madya (IPM) skor minimal 3000
  • Insinyur Profesional Utama (IPU) skor minimal 6000

Proses untuk menjadi insinyur memang cukup panjang dan melelahkan. Tentunya tidak sembarang orang bisa mendapatkan sertifikat insinyur tersebut. Jika Kamu memang ingin menjadi insinyur, maka pastikan untuk rajin belajar dan tetap bekerja keras. Ikuti prosedur cara menjadi insinyur dengan baik dan jalani semua tahap secara optimal.







Related Posts

Related Posts