kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar



Motivasi belajar sangat dibutuhkan bagi para pelajar atau mahasiswa agar mereka selalu bersemangat ketika belajar. Tidak semua orang menyukai belajar bahkan sebagian besar orang merasa kesulitan atau mudah bosan saat belajar. Padahal belajar merupakan kewajiban utama bagi pelajar maupun mahasiswa.

Agar kegiatan belajar bisa dilakukan secara konsisten, maka dibutuhkan motivasi yang kuat. Lalu motivasi belajar seperti apa yang ampuh untuk membuat seseorang semangat belajar setiap hari? Berikut adalah 10 cara meningkatkan motivasi belajar agar semangat terus :

1. Memilih Cita-Cita

Cita-cita apa yang ingin Kamu raih di masa depan? Ketika Kamu memiliki cita-cita maka Kamu akan selalu bersemangat belajar untuk bisa meraih cita-cita tersebut.

2. Memilih Sekolah Impian

Bagi Kamu yang masih ingin melanjutkan sekolah, maka pilihlah sekolah impianmu. Dengan memiliki sekolah impian yang ingin Kamu tuju, maka Kamu akan semakin bersemangat belajar.

3. Membentuk Kelompok Belajar

Belajarlah secara berkelompok karena akan lebih mudah dan menyenangkan bagimu jika belajar secara berkelompok. Bentuk kelompok belajar bersama teman-teman dekatmu.

4. Membeli Alat Tulis Baru

Belajar dengan menggunakan alat tulis baru yang Kamu suka tentu akan meningkatkan mood belajarmu. Beli alat tulis baru yang lengkap dan sesuai dengan seleramu.

5. Menata Meja Belajar

Jika Kamu belajar di tempat yang nyaman maka Kamu akan lebih bersemangat untuk belajar. Cobalah untuk mengatur ulang meja belajarmu agar lebih rapi dan membuat mood belajar meningkat.

6. Menyiapkan Hadiah Untuk Diri Sendiri

Siapkan hadiah untuk dirimu sendiri dan berikan hadiah tersebut ketika Kamu selesai belajar. Tak perlu susah-susah, siapkan hadiah yang sederhana seperti es krim misalnya.

7. Pergi Jalan-Jalan

Pergilah jalan-jalan untuk membuat semangatmu kembali. Lakukan hal-hal yang Kamu suka agar pikiranmu kembali segar untuk belajar lagi.

8. Pasang Poster Tokoh Favorit

Sebagai motivasi, cobalah untuk memasang poster tokoh yang Kamu favoritkan. Misalnya, Kamu punya aktor idola maka pasang posternya di depan meja belajarmu.

9. Cari Pacar

Cara yang satu ini bisa efektif untuk memotivasi belajar bagi sebagian orang namun harus tetap hati-hati. Bagi sebagian orang mungkin memiliki pacar malah bisa menjadi distraksi ketika belajar. Tinggal bagaimana Kamu menempatkan pacar sebagai motivasi belajar atau tidak.

10. Ingat Selalu Orang Tua

Orang tua akan selalu menjadi alasan kuat bagi Kamu untuk tetap bersemangat dalam belajar. Ketika Kamu merasa malas dan kehilangan semangat belajar, maka cobalah untuk mengingat wajah orang tua yang selalu berusaha mendukungmu.

Itulah tadi 10 cara yang bisa Kamu gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Lakukan yang mana yang menurutmu efektif untuk membuat Kamu semakin bersemangat belajar. Semuanya kembali lagi pada dirimu sendiri karena Kamulah yang menentukan apakah Kamu bersemangat belajar atau tidak.




Related Posts