kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Mengetahui Jurusan Kuliah Yang Cocok


Menentukan jurusan kuliah bukanlah perkara mudah, sebab akan berimbas pada masa depan. Karena itu, buat Kamu yang masih bingung dan galau menentukan jurusan perlu mengetahui bagaimana cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok. Aku punya beberapa cara yang bisa Kamu coba.

1. Lihat Dari Mata Pelajaran Favorit

Kamu suka mata pelajaran apa? Kamu bisa menentukan pilihan jurusan kuliah dari mata pelajaran yang disukai. Misalnya, menyukai ilmu sosial dan ekonomi, maka jurusan ekonomi dan bisnis bisa jadi pilihan.

2. Kamu Suka Bepergian Ke Tempat Bagaimana?

Melihat dari tempat yang suka Kamu kunjungi juga bisa menjadi referensi jurusan kuliah, loh. Misalnya, Kamu suka pergi ke tempat bersejarah, mungkin Kamu tertarik menjadi seorang ahli sejarah, guru sejarah, atau pemandu wisata.

3. Apa Ekstrakurikuler Yang Kamu Ikuti?

Dilihat dari ekskul yang diikuti bisa mengungkap di mana minat Kamu. Misalnya, Kamu mengikuti klub koran, bisa jadi ketertarikan Kamu akan dunia jurnalis sangat besar dan bisa mengambil jurusan dalam bidang tersebut. Atau Kamu ikut PMR dan menyukai dunia kesehatan, mungkin mengambil sekolah perawat atau kedokteran dapat dijadikan pilihan.

4. Kenali Pribadimu

Kamu termasuk tipe kepribadian bagaimana, apakah realistic, social, conventional, artistic, atau investigative? Sebab setiap karakter pribadi punya jenis pekerjaan yang sesuai. Dengan mengenali karakter pribadimu dan jenis pekerjaan yang cocok, akan mudah menentukan jurusan yang diambil.

5. Mengikuti Tes Minat Dan Bakat Online

Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok salah satunya adalah tes minat dan bakat. Kamu bisa mencoba mengikuti tes minat dan bakat online yang banyak diadakan situs-situs atau portal pendidikan. Tes ini cukup akurat dan membantu Kamu dalam pengambilan keputusan.

6. Tentukan Dari Hobi

Untuk mengetahui jurusan yang cocok denganmu dapat dilakukan dari hal yang disukai atau hobi. Misalnya, hal yang disukai adalah merias wajah, maka jurusan kecantikan akan cocok. Kamu bisa belajar menjadi make-up artis atau lebih berorientasi pada bisnis sendiri dengan menjadi pengusaha salon.

7. Dengarkan Apa Yang Dikatakan Orang

Perkataan orang lain tentang dirimu juga dapat dijadikan acuan dalam mengetahui jurusan kuliah. Dengarkan bagaimana pendapat orang lain tentang dirimu. Contohnya, teman-teman Kamu selalu memujimu sebagai guru yang bagus karena bisa membantu mereka saat mengerjakan tugas, mungkin pertanda jurusan pengajar cocok untukmu.

8. Mencoba Hal Baru

Kalau Kamu menginginkan sesuatu atau tertarik dengan hal tertentu, tidak perlu ragu untuk mencoba. Bisa jadi, dengan melakukan hal baru yang sesuai keinginan dapat membangkitkan pemahaman mengenai jurusan kuliah Kamu di masa depan.

9. Mengikuti Tes Penjurusan

Ini berkaitan dengan kepribadianmu, sebab metode tes penjurusan adalah menyesuaikan dengan kepribadian masing-masing individu. Jadi, sebelum ikut tes ini kenali dulu bagaimana kepribadianmu dan masuk kategori mana.

10. Lakukan Hal Yang Ingin Dilakukan

Sebenarnya, masa depan berada di tanganmu sendiri, begitu pula dengan pemilihan jurusan. Kamu yang menentukan apa yang diinginkan untuk masa depan. Jadi, cobalah mengetahui apa yang benar-benar Kamu inginkan dan pilih jurusan yang sesuai.

Berbagai cara yang diberikan di sini hanya sebagai rujukan, pada akhirnya Kamu sendiri yang menentukan pilihan. Semoga cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok di atas bermanfaat. Selamat mencoba.




Related Posts

Related Posts