kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat Dan Bakat


Menentukan jurusan kuliah artinya menentukan masa depan. Cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat dapat dijadikan sebagai solusi menemukan jurusan terbaik untuk masa depan Kamu. Coba cek 10 cara ini untuk dipraktikkan.

1. Ketahui Minat Terlebih Dahulu

Apa yang paling Kamu sukai dan membuatmu senang saat melakukannya? Tanyakan hal ini pada diri sendiri. Dengan demikian, Kamu dapat mengetahui minat paling besar di bidang apa. Misalnya, Kamu suka membuat kaligrafi atau menghitung.

2. Menilai Potensi Diri

Menyukai sesuatu bukan berarti Kamu hebat dalam hal tersebut. Jadi, setelah tahu minat di bidang apa, kemudian nilai apakah Kamu memiliki potensi di bidang tersebut atau tidak. Walaupun Kamu tidak terlalu berbakat di satu bidang, bukan berarti kemampuan tidak bisa dipoles menjadi lebih baik.

3. Buat Daftar Hal Yang Diminati

Kamu bisa membuat daftar hal yang diminati kemudian menilai seberapa besar potensi diri di bidang tersebut. Dari daftar tersebut ambil pilihan yang paling berpotensi kemudian Kamu bisa mencari jurusan sesuai bidang tersebut.

4. Adakah Sesuatu Yang Ingin Dilakukan, Tapi Belum Terlaksana?

Kamu bisa membuat daftar mengenai hal ini juga dan melihat mengapa hal-hal tersebut belum terlaksana serta menyadari kendalanya. Bisa jadi, hal yang belum terlaksana ini ternyata adalah sesuatu yang hebat Kamu lakukan.

5. Mencoba Melakukan Hal Baru

Bukan hanya melihat dari hal yang sudah jelas cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat. Namun, Kamu dapat mencari hal-hal baru demi melihat potensi diri, walaupun hal tersebut tidak termasuk daftar keinginanmu.

6. Kenali Diri

Belum tentu saat ini Kamu sudah mengenal diri sendiri. Bisa jadi, Kamu belum paham benar dan belum mampu melihat potensi diri. Nah, jika demikian adanya, Kamu dapat mengamati bagaimana Kamu beraktivitas sehari-hari. Jika Kamu bisa melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain, maka bisa jadi itulah bakatmu.

7. Kembangkan Rasa Iri Menjadi Motivasi

Iri bukanlah hal buruk jika ditindaklanjuti secara positif. Misalnya, Kamu iri dengan temanmu karena bisa bermain sepak bola, gunakan rasa iri tersebut sebagai pemacu diri. Katakan pada dirimu sendiri, bahwa kalau temanmu bisa mengapa Kamu tidak.

8. Miliki Seorang Role Model

Kamu tahu role model? Role model bisa dari sosok artis, orang terkenal, bahkan orangtua atau orang terdekat. Role model haruslah orang memiliki pencapaian positif, kecerdasan, sikap, dan kelebihan lainnya.

9. Cobalah Bertanya Pada Sekitar

Kamu juga bisa mengetahui bakat dan keistimewaan yang dimiliki dengan bertanya pada orang lain. Pastikan orang yang Kamu tanyai benar-benar dapat memberikan jawaban jujur, bukan hanya jawaban untuk menyenangkanmu saja. Kemudian cocokkan dengan daftar yang sudah dibuat sebelumnya.

10. Ikut Tes Bakat Dan Minat

Jalan satu ini memang harus diambil agar benar-benar bisa mengetahui bidang terbaik untukmu. Tes ini merupakan pendekatan psikologis dengan melihat kecenderungan dari jawaban yang diberikan. Jadi, Kamu bisa melihat ke arah mana potensi diri.

Cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat dapat disesuaikan dengan keadaan yang membuat Kamu paling nyaman. Bisa gunakan 10 cara di atas atau beberapa saja. Asalkan sudah bisa memenuhi kebutuhan dalam menentukan jurusan kuliah yang diinginkan.







Related Posts

Related Posts