kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

10 Langkah : Cara Mendapatkan Beasiswa



Biaya kuliah yang semakin tidak murah membuat orang tua harus memutar otak jika anaknya ingin kuliah. Sebagai anak, Kamu juga harus bisa membantu meringankan orang tua dalam mencari biaya kuliah. Salah satunya dengan giat mencari beasiswa. Lebih dari itu, ada banyak cara mendapatkan beasiswa yang bisa Kamu coba.

Jika Kamu rajin mencari info, sebenarnya ada banyak sekali beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, pihak swasta, maupun pihak kampus. Kendati demikian beasiswa tersebut juga tidak serta merta bisa Kamu dapatkan begitu saja. Setiap beasiswa akan tetap ada syarat dan ketentuan tersendiri yang harus Kamu penuhi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Kamu untuk mengetahui 10 cara mendapatkan beasiswa di bawah ini agar Kamu bisa lolos seleksi beasiswa yang Kamu impikan.

1.Bertanya Pada Guru Atau Staf TU Di Sekolah

Cara yang paling utama agar Kamu bisa mengetahui informasi mengenai beasiswa adalah dengan sering dan rajin bertanya mengenai info beasiswa apapun. Untuk melihat ada atau tidaknya peluang beasiswa, Kamu bisa melakukan pendekatan dengan guru atau staf TU di sekolah. Biasanya mereka akan tahu jika ada informasi terkait beasiswa kuliah yang bisa Kamu dapatkan. Tanyakanlah dengan rutin mengenai beasiswa tersebut pada pihak sekolah.

Dengan cara ini Kamu juga bisa menjadi orang pertama yang akan tahu ketika ada seleksi beasiswa dibuka, sehingga Kamu bisa mempersiapkan diri lebih lama dibanding teman-teman yang lain.

2.Mencari Info Dari Teman Atau Saudara

Informasi mengenai beasiswa bisa berasal dari mana saja dan bukan hanya harus dari pihak sekolah atau kampus Kamu. Kamu juga harus lebih aktif untuk bertanya pada orang-orang atau kenalan Kamu yang mungkin memiliki info mengenai beasiswa, terutama pada mereka yang memiliki pengalaman pernah mendapat beasiswa.

Kalau Kamu memiliki teman atau saudara yang pernah atau sedang mendapatkan kuliah gratis, Kamu bisa bertanya langsung kepada mereka. Salah satu keuntungan bertanya langsung adalah Kamu bisa mendapatkan pengalaman sekaligus tips dan triknya untuk mendapat beasiswa tersebut. Jadi, mulailah memperluas relasi pertemanan Kamu.

Jika memang Kamu tidak berkesempatan bertemu dan bertanya secara langsung, perkembangan teknologi saat ini bisa memudahkan Kamu mencari informasi via media sosial.

3. Memenangkan Perlombaan Di Universitas Terkait

Selain rajin mencari informasi beasiswa, Kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dengan mengikuti dan memenangkan lomba di universitas yang Kamu mau. Ada beberapa universitas yang menawarkan beasiswa bagi Kamu yang memenangkan perlombaaan di sana, yang biasanya disebut dengan beasiswa jalur prestasi, seperti

Universitas Indonesia atau Institut Teknologi Bandung. Maka, mulailah mengembangkan bakat dan keahlian Kamu agar bisa berprestasi dan mendapatkan beasiswa pendidikan.

4. Menguasai Bahasa Inggris Dengan Baik

Jika yang Kamu incar beasiswa kuliah, di luar negeri, maka kemampuan bahasa Inggris mutlak untuk dimiliki. Umumnya beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan Kamu memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi, setidaknya 500. Maka belajarlah bahasa Inggris sejak jauh-jauh hari. Skor TOEFL minimal juga akan menjadi persyaratan mutlak bagi kebanyakan seleksi beasiswa. Sebelum mengambil tes ini, Kamu bisa mengikuti les terlebih dahulu agar skor Kamu bisa lebih tinggi lagi.

5. Menentukan Pilihan Universitas

Saat mengajukan beasiswa, pastikan Kamu sudah memilih jurusan dan universitas yang paling Kamu minati. Sebab berkuliah tidak sesuai dengan jurusan yang diminati itu sangat tidak menyenangkan. Jadi pertimbangkan hal itu dengan baik ya.

Ada baiknya Kamu juga melakukan riset terlebih dahulu universitas mana saja yang sering memberikan peluang beasiswa kepada para mahasiswanya, sehingga ketika Kamu masuk universitas tersebut aka nada banyak peluang beasiswa yang bisa Kamu ikuti.

6. Mengusahakan Masuk Kampus Ikatan Dinas

Salah satu cara mendapatkan beasiswa adalah dengan masuk kampus ikatan dinas, seperti STAN, STIS, STSN, dan IPDN. Kampus ikatan dinas bukan hanya menawarkan biaya kuliah gratis, tapi juga kontrak dengan dinas terkait setelah lulus.

Kalau ingin kuliah gratis dan langsung bekerja, Kamu bisa mencoba masuk kampus ikatan dinas ini. Namun tentunya Kamu harus benar-benar belajar dengan giat karena seleksi masuk sekolah ikatan dinas dikenal dengan persaingannya yang cukup ketat.

7. Mendaftar Beasiswa Bidikmisi

Untuk Kamu yang mau kuliah S1, pemerintah sudah menyediakan beasiswa agar Kamu bisa kuliah gratis. Namanya Bidikmisi. Beasiswa ini diberikan selama 4 tahun full, namun syarat dan ketentuan berlaku ya. Selain gratis uang kuliah, mahasiswa Bidikmisi juga mendapat uang saku lho.

8. Melengkapi Semua Persyaratan

Dalam mengajukan beasiswa, biasanya terdapat banyak sekali persyaratan. Meski menguras waktu dan tenaga saat mengurusnya, namun semua syarat itu harus Kamu lengkapi ya. Perlu Kamu ingat bahwa hanya pelamar beasiswa yang memberikan persyaratan lengkap saja yang akan diloloskan untuk menuju seleksi berikutnya. Jadi, pastikan tidak ada satupun persyaratan dan berkas yang tertinggal.

9. Menyiapkan Diri Dengan Baik Untuk Tes

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, tahap selanjutnya adalah tes. Tes tersebut ada yang tertulis, ada yang langsung wawancara, tergantung kebijakan penyelenggara beasiswa. Sebelum hari H tes, jangan lupa siapkan diri dengan baik.

10. Berkata Jujur

Umumnya beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu. Saat seleksi beasiswa, jangan sekalipun berbohong mengenai keadaanmu yang sesungguhnya. Jika berbohong, bukannya untung mendapat beasiswa, yang ada justru Kamu bisa ditolak.

Nah, itulah 10 cara mendapatkan beasiswa yang bisa Kamu terapkan. Pastikan Kamu menerapkan cara tersebut agar mendapatkan beasiswa yang diinginkan ya!








Related Posts

Related Posts