kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Belajar Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Buat Kamu


Menemukan cara belajar efektif sekaligus efisien dan menyenangkan memang tidak mudah. Kamu mungkin harus berkali-kali mencoba berbagai jenis cara belajar sampai akhirnya bisa menemukan cara belajar yang paling tepat. Namun, meskipun sulit, Kamu tetap harus berusaha untuk mendapatkan cara belajar terbaik untuk dirimu sendiri.

Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi kita semua terutama para pelajar. Untuk mendapatkan nilai rapor yang baik dan bisa diterima di perguruan tinggi negeri idaman, Kamu harus belajar dengan giat. Sayangnya, kegiatan belajar ini seringkali menjadi sesuatu yang sangat berat untuk dilakukan.

Jika Kamu merasa selalu malas untuk belajar dan Kamu merasa nilaimu tetap begitu-begitu saja padahal sudah belajar, itu berarti Kamu tidak belajar dengan cara yang tepat. Ini artinya Kamu belum menemukan cara belajar yang efektif dan efisien.

1. Belajar Berdasarkan Jadwal

Buatlah jadwal belajar supaya aktivitas belajarmu menjadi lebih efektif dan efisien terutama dari segi waktu. Batasi juga waktu belajarmu dan berikan waktu istirahat agar otakmu bisa bekerja dengan efektif. Pilihlah waktu belajar yang paling baik dimana otakmu bisa bekerja dengan maksimal.

2. Belajar Bersama Teman

Belajarlah bersama teman-temanmu, jangan selalu belajar sendiri. Ketika belajar sendiri, Kamu mungkin akan kesulitan memahami materi-materi tertentu. Kesulitan ini bisa Kamu atasi jika Kamu belajar bersama teman-temanmu. Pilihlah teman-teman yang Kamu suka dan yang bersedia belajar bersamamu,

3. Belajar Di Kondisi Yang Paling Tepat

Ciptakan suasana yang kondusif ketika akan belajar. Setiap orang memiliki kenyamanan yang berbeda-beda saat belajar. Ada yang bisa belajar sambil mendengar musik, ada yang belajar sambil menghirup aroma terapi, dan lain sebagainya. Pilihlah kondisi atau suasana belajar yang paling nyaman untukmu.

4. Belajar Di Tempat Yang Nyaman

Pilihlah tempat yang paling nyaman untuk belajar. Perlu diketahui bahwa belajar tidak selamanya harus dilakukan di dalam kamar. Kamu bisa belajar di taman, teras, dan tempat-tempat lainnya. Pilihlah tempat belajar yang menurutmu paling nyaman dan bisa membuat Kamu berkonsentrasi dengan maksimal.

5. Belajar Dengan Mind Map

Gunakan mind map ketika Kamu mempelajari sesuatu. Penggunaan mind map akan sangat mempermudah Kamu dalam memahami sebuah materi. Gambarlah mind map sendiri, sekreatif mungkin, dan gunakan mind map tersebut untuk mempelajari materi.

Itulah tadi beberapa cara belajar efektif, efisien, sekaligus menyenangkan yang bisa Kamu coba lakukan. Setiap orang memiliki kebiasaan belajar yang berbeda-beda, jadi Kamu bisa menyesuaikan dengan kebiasaan yang Kamu miliki. Yang terpenting adalah Kamu harus punya motivasi agar terus bersemangat untuk belajar.






Related Posts

Related Posts