kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Cara Agar Lulus SMK Bisa Langsung Kerja


Setiap orang punya pertimbangan masing-masing ketika memilih masuk sekolah. Misalnya bagi pelajar yang memilih bersekolah di SMK, biasanya mereka ingin cepat dapat kerja setelah lulus. Berikut adalah cara agar lulus SMK bisa langsung kerja tanpa perlu menganggur terlalu lama:

1. Tentukan Pilihan Profesi

Hal pertama yang bisa Kamu lakukan adalah memilih jenis profesi yang ingin digeluti. Kamu lulus dari SMK, artinya Kamu sudah punya bidang keterampilan yang khusus. Ini akan mempermudah Kamu untuk menentukan jenis profesi yang akan dijalani. Jika sudah tahu profesi apa yang diinginkan maka akan lebih mudah untuk mencarinya.

2. Rajin Cari Informasi

Pastikan Kamu tidak malas mencari informasi lowongan kerja. Carilah informasi dari banyak sumber, seperti internet misalnya. Temukan lowongan kerja yang sesuai dengan bidang ilmu jurusanmu di SMK tadi.

3. Ikuti Program Pelatihan

Meskipun sudah lulus SMK, Kamu juga perlu mengikuti berbagai program pelatihan. Langkah ini akan sangat bermanfaat dan membantu Kamu untuk lebih mudah mendapat pekerjaan. Setelah mengikuti pelatihan, biasanya Kamu akan mendapat sertifikat dan inilah yang akan memberi poin plus untukmu.

4. Gabung di Job Fair

Kamu juga akan lebih mudah dapat kerja dengan cara gabung di berbagai program job fair. Begitu ada program job fair di kotamu, ikutilah program tersebut. Job fair akan membuka banyak peluang lowongan yang bisa Kamu masuki.

5. Hubungi Tempat Magang

Cara agar lulus SMK bisa langsung kerja selanjutnya adalah hubungi tempat magang Kamu ketika sekolah. Biasanya siswa SMK harus ikut program magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Kamu bisa menghubungi tempat magangmu dan menanyakan lowongan kerja di sana.

6. Daftar di Bursa Kerja

Agar bisa dapat kerja secara cepat tanpa menunggu lama, cobalah mendaftar di bursa kerja. Pilih bursa kerja yang legal dan bisa menyalurkanmu ke tempat yang tepat. Cara ini juga akan mempermudah Kamu karena informasi lowongan dan lamaran akan diurus oleh pihak bursa.

7. Ikuti Walk in Interview

Saat ini ada banyak perusahaan yang membuka lowongan dan menjalankan sistem walk in interview. Ikuti saja jika ada kesempatan walk in interview ini. Tentunya Kamu harus memilih lowongan yang paling sesuai dengan bidang keterampilanmu.

8. Coba Bekerja Freelance

Kamu juga bisa mulai bekerja freelance setelah lulus SMK. Ini juga bisa jadi pembuka jalan bagi Kamu untuk mendapat pekerjaan yang tepat dan lebih mapan. Gabung saja dengan platform kerja freelance di internet dan temukan bidang pekerjaan sesuai minatmu.

9. Hubungi Alumni

Cobalah untuk menghubungi alumni yang sudah bekerja. Tanyakan apakah ada ketersediaan lowongan di tempat mereka bekerja. Ini bisa menjadi cara mudah dan tepat untuk dapat kerja dengan cepat.

10. Daftar ke Banyak Tempat

Cara berikutnya yang bisa Kamu lakukan adalah mendaftar ke banyak tempat. Cobalah mendaftar ke berbagai tempat yang membuka lowongan. Jangan menyerah dan menggantungkan diri ke satu tempat saja.

Itulah tadi cara agar lulus SMK bisa langsung kerja. Pastikan Kamu berusaha sebaik mungkin dalam mencari pekerjaan. Jangan menyerah dan terus semangat jika belum tiba waktunya dapat pekerjaan.






Related Posts

Related Posts