kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Biar Ada Perisiapan, Ini Perkiraan Biaya Kuliah Pendidikan Kimia S1


Kuliah merupakan salah satu upaya menambah ilmu, wawasan dan pengalaman sebelum terjun langsung ke masyarakat. Tentu Kamu yang berencana mengambil kuliah tahun ini, pastikan untuk mendaftar SNMPTN dan SBMPTN agar bisa mendapatkan kursi di PTN impian. Mengingat dua jalur tersebut memiliki angka persaingan yang cukup ketat di seluruh Indonesia. Bila Kamu tertarik mengambil jurusan Pendidikan Kimia di PTN, sebaiknya ketahui rekomendasi biaya kuliah Pendidikan Kimia berikut.

Buat Kamu yang sudah lulus SNMPTN dan SBMPTN di PTN impian, pasti sudah tahu berapa kisaran biaya kuliah Pendidikan Kimia jenjang S1 di PTN tersebut. Setiap PTN punya ketentuan besaran biaya kuliah menyesuaikan kemampuan finansial orangtua yaitu UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Berikut referensi UKT yang diambil dari salah satu website PTN ternama di kawasan Malang, Jawa Timur yaitu :

1. UKT kelompok I

Merupakan kelompok yang mendapatkan keringanan biaya kuliah 0 persen sesuai kebijakan pemerintah terkait beasiswa anak kurang mampu. Bagi pemilik KIP kuliah yang lolos SNMPTN atau SBMPTN dan memenuhi persyaratan yang berlaku, maka Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah sepeser pun sampai lulus nanti.

2. UKT kelompok II dan seterusnya

Bila Kamu masuk SNMPTN dan SBMPTN dengan kondisi finansial yang standar, maka bisa masuk kelompok II dengan biaya UKT sebesar 1 juta rupiah per semester. Tentu ada ketentuan dari PTN untuk memasukkan calon mahasiswa ke dalam kelompok UKT sesuai finansial masing-masing.

Untuk anak-anak yang memiliki orangtua dengan kemampuan finansial lebih tinggi bisa masuk kelompok III dengan UKT sebesar 3,5 juta rupiah, kelompok IV sebesar 4,250 juta rupiah, kelompok V sebesar 4,750 juta rupiah, kelompok VI sebesar 5,250 juta rupiah, dan kelompok VII sebesar 5,750 juta rupiah.

3. Kelompok Jalur Mandiri

Kamu yang ingin masuk PTN ternama dengan jalur Mandiri, wajib tahu rincian biaya yang perlu dikeluarkan jalur terakhir ini. Untuk ukuran UKT yang dibayarkan tiap bulan, Kamu yang lolos seleksi Mandiri perlu membayar besaran UKT yang sama seperti jalur SNMPTN dan SBMPTN. Namun, Kamu harus membayar biaya pengembangan pendidikan sebesar 20 juta rupiah.

Besaran biaya kuliah Pendidikan Kimia sampai lulus S1 tinggal membuat perhitungan sendiri saja. Misalnya Kamu lulus SNMPTN dengan kondisi finansial orangtua masuk kelompok II, maka 8 semester kali 1 juta rupiah saja. Tentu biaya kuliah sampai lulus belum termasuk biaya lain-lain yang mungkin dikeluarkan selama mengikuti Pendidikan Kimia, misalnya biaya pengerjaan tugas, biaya wisuda, biaya KKN, biaya hidup di perantauan, dan lain-lain.

Penting sekali untuk menyiapkan dana pendidikan sejak dini guna mendukung pendidikan lebih baik, ya! Yuk, tentukan pilihan Kamu untuk menempuh Pendidikan Kimia di PTN impian sekarang juga!






Related Posts

Related Posts