kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Berapa Usia Ideal Masuk Kuliah? Berikut Penjelasannya Untuk Jenjang S1, S2, S3


Menempuh pendidikan seolah tak pernah ada habisnya. Selalu ada tingkat lebih tinggi yang bisa Kamu raih. Lulus dari SMA, Kamu bisa langsung kuliah S1 kemudian S2 lalu S3 jika memungkinkan. Berikut akan dibahas mengenai batas usia ideal masuk kuliah untuk jenjang S1, S2, juga S3.

Jenjang S1

Sebenarnya di Indonesia ini sistem dan tingkatan pendidikan sudah sangat runtut. Jika Kamu menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia maka secara otomatis Kamu akan memenuhi syarat usia untuk masuk kuliah. Begitu juga jika Kamu mengikuti program akselerasi di jenjang SMP maupun SMA.

Secara umum disebutkan bahwa pelajar bisa masuk ke universitas dan mengambil pendidikan S1 jika usianya sudah masuk 18 tahun. Namun beberapa universitas juga tidak menutup kemungkinan bagi pelajar kurang dari 18 tahun untuk masuk ke program S1. Biasanya ini berlaku bagi pelajar yang menempuh program akselerasi sewaktu di sekolah.

Kamu pasti sering mendengar berita mengenai mahasiswa termuda di suatu universitas, bukan? Fakta ini membuktikan bahwa memang beberapa universitas di Indonesia tidak menerapkan batas usia minimal untuk masuk program S1. Selama Kamu sudah menempuh pendidikan dasar sebelumnya maka Kamu punya peluang yang sama untuk masuk berkuliah di universitas.

Jenjang S2

Program master hanya bisa diambil apabila Kamu sudah menyelesaikan jenjang S1. Salah satu syarat lain yang juga harus Kamu penuhi jika ingin kuliah master adalah usia. Kamu harus ada di usia ideal masuk kuliah jenjang master.

Pada dasarnya Kamu bisa langsung mengambil program master secepat mungkin setelah lulus. Rata-rata mahasiswa akan lulus program S1 pada usia 22-23 tahun. Setelah itu, Kamu bisa langsung masuk program master dengan mengikuti prosedur pendaftaran dan penerimaan yang berlaku.

Namun, bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan jenjang S1 di usia yang lebih muda juga tak masalah untuk mengambil S2. Banyak mahasiswa yang sudah bisa meraih gelar master di usia muda. Terutama bagi mereka yang menempuh program akselerasi semasa sekolah.

Jenjang S3

Tingkat pendidikan berikutnya yang bisa Kamu tempuh adalah jenjang S3. Sama seperti jenjang master, Kamu bisa segera mengambil program S3 setelah lulus dari jenjang sebelumnya. Tak perlu menunggu lama, jika memang memungkinkan maka Kamu bisa langsung mendaftar.

Rata-rata orang akan mengambil program S3 ini di usia 27-29 tahun ke atas. Namun ada juga yang memilih berkarier terlebih dahulu baru kemudian mengambil program S3. Tergantung pada rencana perjalanan karier yang ingin Kamu raih.

Itulah tadi informasi singkat mengenai usia ideal masuk kuliah untuk jenjang S1, S2, juga S3. Jika Kamu ingin menamatkan kuliah hingga jenjang doktoral maka berusahalah sebaik mungkin. Bekerja keras di setiap jenjang pendidikan akan sangat membantu Kamu untuk meraih semua gelar di usia yang masih muda.






Related Posts

Related Posts