kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Beberapa Persyaratan Jalur Prestasi Yang Perlu Kamu Siapkan Saat PPDB


Pemerintah memberikan aturan penyelenggaraan PPDB dengan beberapa jalur. Salah satu pilihan jalur masuk PPDB atau penerimaan peserta didik baru adalah jalur prestasi. Sesuai dengan namanya program ini bisa diikuti oleh pelajar yang memiliki prestasi akademis maupun non-akademis. Berikut adalah beberapa persyaratan jalur prestasi yang harus dipersiapkan saat mengikuti PPDB:

1. Nilai Rapor Semester 1-5

Pelajar harus mempersiapkan catatan nilai rapot mulai dari semester 1 sampai 5. Sesuai dengan namanya jalur penerimaan ini akan digelar berdasarkan nilai atau prestasi dari peserta.

Oleh sebab itu dibutuhkan catatan nilai yang akurat melalui rapor semester 1-5. Jika diadakan ujian nasional maka nilai ujian juga akan menjadi persyaratan penting untuk mengikuti seleksi jalur ini.

2. Punya Sertifikat Prestasi

Bagi pelajar yang memiliki prestasi non-akademis atau prestasi di luar materi pelajaran sekolah maka bisa mengikuti seleksi jalur ini. Syaratnya adalah dengan melampirkan bukti berupa sertifikat prestasi yang telah diraih. Sertifikat ini merupakan sertifikat dari hasil berbagai jenis lomba baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, juga internasional.

Sertifikat yang diserahkan sebagai persyaratan jalur prestasi ini harus didapatkan minimal 6 bulan atau maksimal 3 tahun sebelum pendaftaran. Jadi untuk jenis sertifikat yang sudah terlalu lama didapatkan tidak bisa dipakai karena sudah melebihi masa berlaku. Selain itu perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi prestasi yang diraih maka semakin besar juga poin yang akan didapatkan.

3. Memenuhi Kuota 30%

Setiap sekolah bisa berkesempatan untuk menerima pelajar lewat jalur prestasi. Namun ada aturan kuota yang harus dipatuhi oleh pihak sekolah. Jumlah siswa yang bisa masuk melalui jalur prestasi ini tidak boleh lebih dari 30%. Jumlah kuota ini sebenarnya sudah jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya menerima 15% kuota pelajar berprestasi.

4. Melakukan Pengumpulan Berkas Dan Pendaftaran

Syarat berikutnya yang tentu saja harus dipenuhi oleh peserta PPDB di jalur prestasi ini adalah melakukan pengumpulan berkas dan pendaftaran. Pihak panitia PPDB sudah menyediakan jadwal khusus yang harus diikuti oleh peserta. Jadwal mengumpulkan berkas dan pendaftaran harus diikuti sehingga peserta PPDB bisa mengikuti jadwal seleksi yang ditentukan.

Meskipun masih lewat jalur prestasi, tidak ada keistimewaan yang akan diterima oleh peserta PPDB. Peserta tetap harus menjalani pendaftaran dan mengikuti proses yang berlaku. Nantinya panitia juga akan melakukan seleksi administrasi untuk memutuskan apakah peserta PPDB layak diterima atau tidak.

Itulah beberapa persyaratan jalur prestasi yang harus dipenuhi oleh peserta PPDB. Jalur ini disediakan untuk pelajar yang memiliki catatan prestasi akademis yang baik. Selain itu pelajar dengan bakat dan prestasi non-akademis juga punya peluang sama besar untuk lolos melalui jalur ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya.




Related Posts

Related Posts