kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Perguruan Tinggi Swasta yang Harus Diperhatikan

 


Alasan memilih perguruan tinggi swasta berikut mungkin diperlukan oleh kalian yang masih ragu untuk berkuliah di perguruan tinggi swasta. Hal tersebut mungkin ada kaitannya dengan paradigma di tengah masyarakat yang menganggap berkuliah di PTN merupakan suatu keharusan.

Perguruan tinggi negeri dianggap sebagai tujuan utama dalam mendapatkan pendidikan jenjang yang lebih tinggi. Namun sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Perguruan tinggi swasta juga memiliki kualitas yang tak kalah bagusnya.

Lantas apa saja alasan memilih perguruan tinggi swasta? Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa menyimaknya di bawah ini. Simak dengan baik ya!

Akreditasi Tidak Kalah dengan PTN

Akreditasi yang tak kalah jauh dengan universitas negeri menjadi alasan memilih perguruan tinggi swasta berikutnya. Sudah banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki nilai sangat baik dari BAN PT sehingga setara dengan kampus negeri di Indonesia.

Hal tersebut menunukkan jika perguruan tinggi swasta dapat memenuhi kriteria tinggi dalam meraih akreditasi. Itulah yang menjadi alasan mengapa memilih perguruan tinggi swasta untuk melanjutkan kuliah.

Peluang Diterima Lebih Besar

Meskipun peluang diterimanya lebih besar, bukan berarti PTS sembarangan dalam menerima mahasiswa. Universitas swasta tetap memiliki jalur seleksi yang harus dilalui oleh calon mahasiswa meskipun persaingannya tidak seketat universitas negeri.

Selain itu, kuota mahasiswa perguruan tinggi swasta jga lebih banyak dibandingkan kuota perguruan tinggi negeri. Biasanya, jika satu kelas sudah penuh, pihak universitas akan menambakan kelas tambahan.

Dengan kuota yang lebih banyak tersebut, tentunya akan membuka peluang yang lebih besar untuk para calon mahasiswa baru agar bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Jadwal Kuliah Lebih Fleksibel

Jadwal kuliah yang lebih fleksibel dibandingkan perguruan tinggi negeri, maka dari itu tak heran jika banyak orang yang memiliki kesibukan lain seperti bekerja memilih perguruan tinggi swasta untuk melanjutkan pendidikan.

Dengan jadwal yang lebih fleksibel tersebut mahasiswa akan lebih mudah untuk mengatur waktu. Terdapat begitu banyak mahasiswa yang menggunakan kesempatan tersebut untuk bekerja sampingan atau biasa disebut dengan part time.

Selain itu, perguruan tinggi swasta biasanya menyediakan beberapa jenis kelas yaitu kelas regular, kelas parallel atau kelas karyawan. Kelas regular berjalan dari senin hingga jumat, dan kelas parallel biasanya berlangsung saat weekend maupun malam hari. Kelas parallel biasanya dipilih oleh mahasiswa yang bekerja.

Fasilitas Lebih Lengkap

Terdapat sejumlah perguruan tinggi swasta yang memiliki fasilitas melebihi perguruan tinggi negeri. Namun bisanya biayanya juga sebanding denga fasilitas yang diberikan. Hal tersebut bisa dilihat dari bangunan kampus dan bangunan pendukung lainnya.

Selain gedung, fasilitas penunjang pembelajaran lain juga bisa dibilang lengkap. Dengan fasilitas tersebut tentunya kegiatan perkuliahan akan semakin lancar dan semakin banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Maka dari itu, mahasiswanya juga lulus dengan dibekali ilmu pengetahuan dan skill yang mumpuni.

Tak hanya lengkap, fasilitas dalam universitas swasta juga lebih modern dan berkualitas maka akan menunjang keberlangsungan perkuliahan mahasiswa.

Dosen Berkualitas

Tidak hanya perguruan tinggi negeri yang memiliki tenaga pengajar yang berkualitas, perguruan tinggi swasta juga memiliki dosen yang berkualitas pula. Hal itu menjadi salah satu alasan memilih perguruan tinggi swasta.

Dosen yang berkualitas tentunya akan berpengaruh dengan kualitas mahasiswanya pula. Untuk menjaga nama baik universitas dan kualitas lulusannya, pihak universitas swasta merekrut tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya.

Tak sedikit dosen di universitas swasta yang merupakan lulusan terbaik universitas dalam negeri maupun luar negeri. Maka dari itu, dosen yang dimilikinya menguasai suatu bidang keilmuan.

Perkuliahan Lebih Efektif

Walaupun kuota penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi swasta lebih besar, namun tetap ada batasan jumlah mahasiswa dalam satu kelasnya.

Dengan batasan yang dibuat tersebut membuat kegiatan belajar mengajar saat di kelas akan lebih efektif dan terfokus. Selain itu, mahasiswa juga jadi lebih bisa berinteraksi secara langsung dengan dosen pengajar lebih mudah.

Sementara itu, peraturan di perguruan tinggi swasta tidak terlalu ketat seperti di universitas negeri. Maka dari itu mahasiswa akan lebih fokus terhadap akademis. Lulusan universitas swasta juga memiliki kesempatan kerja yang luas apabila memiliki skill yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Peluang Mendapat Beasiswa Besar

Terkadang para calon mahasiswa menganggap universitas swasta tidak memiliki beasiswa, namun terdapat banyak beasiswa yang ditawarkan dalam perguruan tinggi swasta.

Demikian beberapa alasan memilih perguruan tinggi swasta yang mungkin bisa membantu kamu untuk meyakinkan diri mendaftar perguruan tinggi swasta.

Related Posts

Related Posts