kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Antropologi



Bila Kamu tipe orang yang suka mengamati perilaku kehidupan masyarakat sekitar, mungkin jurusan Antropologi cocok menjadi pilihan. Kamu akan belajar tentang budaya sehingga bisa bekerja di lembaga penelitian kebudayaan dan semacamnya. Supaya Kamu lebih yakin dengan prospek jurusan ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan alasan memilih jurusan Antropologi.

Berikut beberapa alasan memilih jurusan Antropologi yang bisa Kamu jadikan referensi yaitu :

1. Cocok untuk orang yang tertarik pada interaksi sosial

Jurusan Antropologi sangat cocok untuk Kamu yang suka mempelajari interaksi sosial yang ada di lingkungan sekitar, apalagi Kamu yang tidak tertarik pada dunia hitung-hitungan dan lebih suka pada budaya, seni dan bahasa.

2. Bisa memilih kuliah di PTN terbaik di berbagai kota di Indonesia

Jurusan Antropologi ada di berbagai PTN yang ada di Indonesia dengan penjurusan Antropologi Budaya dan Antropologi Sosial sesuai minat Kamu.

3. Mata kuliah yang menyenangkan dan seru

Mata kuliah yang menyenangkan dan seru menjadi alasan tersendiri untuk Kamu yang suka terjun di lapangan langsung.

4. Potensi bekerja yang sangat luas

Lapangan pekerjaan untuk lulusan Antropologi sangat luas sehingga Kamu tidak akan bingung memilih pekerjaan yang cocok. Bahkan Kamu bisa menjadi pengusaha dengan modal kemampuan interaksi dengan orang lain yang diatas rata-rata.

5. Bisa bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kamu punya peluang bekerja dengan status ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan jaminan gaji yang tinggi.

6. Kesempatan bekerja ke luar negeri

Lulusan dengan gelar S.Ant juga punya peluang mengenalkan kebudayaan lokal ke luar negeri dalam bentuk promosi pariwisata, pameran budaya dan lain-lain. Bekerja sembari menikmati traveling di negara baru, kenapa tidak?

7. Gaji yang tinggi

Gaji seorang peneliti atau staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berstatus ASN cukup tinggi. Kamu juga bisa mendapatkan pundi penghasilan dengan memiliki pekerjaan sampingan memanfaatkan ilmu pengetahuan, misalnya penulis, jurnalis, pembicara seminar, dan lain-lain.

8. Bisa menjadi seorang peneliti kebudayaan

Sangat cocok untuk Kamu yang suka meneliti kebudayaan lokal atau kebudayaan masa lampau di negeri sendiri dengan bergabung di lembaga penelitian seperti LIPI atau Litbang.

9. Bisa memilih karir sebagai dosen atau pengajar

Kamu bisa bekerja sebagai dosen atau pengajar di kampus dan SMA yang memiliki jurusan Antropologi.

10. Punya peluang menjadi jurnalis atau wartawan

Seorang jurnalis dan wartawan yang paham ilmu budaya dan kemampuan interaksi dengan orang lain bisa menjadi pilihan karir setelah lulus dari jurusan Antropologi.

Kini Kamu bisa mempertimbangkan alasan memilih jurusan Antropologi bila bingung mau mengambil prodi tertentu. Bila Kamu memiliki potensi di bidang kemampuan bahasa dan budaya, kenapa tidak mengambil prodi Antropologi Akreditasi A di PTN ternama sekarang juga?






Related Posts

Related Posts