kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Jurusan Agribisnis


Sebagian besar anak yang baru saja lulus SMA atau SMK kerap memilih jurusan kuliah yang bisa memberikan prospek kerja kantoran. Mereka cenderung memandang jurusan Agribisnis lekat dengan pekerjaan di sawah. Gengsi menjadi masalah utama enggan mengetahui lebih detail alasan memilih jurusan Agribisnis. Padahal, 10 alasan menjanjikan jurusan Agribisnis berikut ini wajib diketahui loh!

1. Kondisi Indonesia Yang Sangat Mendukung

Ya, semua orang tahu bahwa Indonesia adalah negara kaya yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Kekayaan alam mendukung Indonesia menjadi salah satu negara penghasil komoditi pangan besar di dunia. Kamu yakin tidak ingin turut serta menjadi salah satu pendukung utama?

2. Menghasilkan Komoditi Yang Selalu Dibutuhkan

Pangan adalah salah satu kekuatan negara yang wajib diperhitungkan. Menjadi lulusan Agribisnis bisa membuatmu menjadi pelopor pangan di Indonesia baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya.

3. Cocok Untuk Anak Jurusan IPA

Siswa lulusan IPA bisa memilih jurusan Agribisnis sebagai pilihan tepat melanjutkan bakat dan minat. Khususnya pecinta Biologi, wajib mempertimbangkan jurusan Agribisnis.

4. Peluang Masuk Jurusan Agribisnis Lebih Besar

Tahukah Kamu bahwa universitas ternama memiliki akreditasi A untuk jurusan Agribisnis namun sepi peminat? Padahal, peluang kerja yang dijanjikan sangat besar tetapi luput dari pengamatan. Kalau Kamu berminat mengikuti seleksi masuk jurusan Agribisnis, peluang diterima lebih besar dibandingkan prodi lain.

5. Menjadi Seorang Entrepreneur

Kata siapa jurusan Agribisnis akan membuat Kamu menjadi petani di sawah? Agribisnis akan mengajarkan ilmu sosial ekonomi petranian yang bisa membuatmu jadi seorang pengusaha muda. Saat orang lain sibuk mencari kerja, Kamu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Keren, bukan?

6. Prospek Kerja Yang Cerah

Meski akhirnya Kamu tidak bisa menjadi pengusaha muda, karir lulusan Agribisnis tetap bisa berpeluang sukses. Ada banyak prospek kerja yang menunggu seperti penyuluh pertanian, pengembangan SDM, manajer lapangan dan lain-lain.

7. Gaji Atau Penghasilan Yang Besar

Alasan memilih jurusan Agribisnis adalah memiliki kehidupan yang layak nanti. Pasalnya, jurusan ini bisa membuatmu menjadi seorang yang memiliki jabatan keren di pemerintahan atau pengusaha muda. Tentu gaji atau penghasilan yang diberikan sangat besar.

8. Pengembangan Usaha Yang Maksimal

Coba bayangkan ilustrasi berikut! Kamu menjadi seorang yang mengembangkan produk peternakan mulai budidaya hingga proses menghasilkan komoditi yang dijual atau diimpor ke luar negeri misalnya daging sapi. Sisa proses seperti kulit bisa dimanfaatkan menghasilkan barang bernilai jual lain. Kamu bisa menghasilkan banyak sekali produk loh!

9. Mempelajari Banyak Hal Sekaligus

Di jurusan Agribisnis, Kamu bakal memperlajari sistem bisnis, ekonomi, pemasaran produk hingga mengelola lingkungan alam. Tidak hanya sekedar mencari untung semata namun turut serta melestarikan alam.

10. Menjadi Pribadi Yang Selalu Produktif Dan Berkarya

Jika seorang mahasiswa lulusan Kedokteran pasti menjadi dokter maka Kamu bisa menjadi orang yang lebih produktif. Mata kuliah yang mencakup banyak hal di jurusan Agribisnis bakal memberikan pelajaran penting. Bisa jadi, Kamu akan menciptakan produk baru yang dibutuhkan masyarakat selain menjadi pengusaha. Menarik, bukan?

Kamu kini punya gambaran prospek cerah yang ditawarkan jurusan Agribisnis. Jika semua calon mahasiswa paham betul alasan memilih jurusan Agribisnis, tentu prodi ini tidak akan pernah sepi peminat. Nah, kata siapa lulusan Agribisnis bakal jadi petani?





Related Posts

Related Posts