kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Universitas Muhammadiyah Mataram, Kampus Unggul Idola Generasi Muda

 

Muhamadiyah Mataram (UMMAT) memiliki visi islami (islamic), unggul (excellent), mandiri (autonomous), dan berdaya saing (competitive) di kawasan ASEAN. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut di tahun 2028, UMMAT terus menjalin kerja sama, persahabatan, dan hubungan lintas sektoral dengan berbagai pihak.

Tentunya, hal tersebut dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip saling mencerahkan (enlightening), menguatkan (strengthening), dan memberdayakan (empowering) untuk mewujudkan kemaslahatan yang sebesar-besarnya bagi Indonesia dan kemanusiaan seutuhnya. Selain itu, masih banyak hal positif dan alasan baik di balik berdirinya UMMAT.

Ada pula penjelasan mengenai detail fakultas dan alasan jika UMMAT bisa jadi pilihan tepat untuk melanjutkan pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi. Untuk itu, mari mengenal lebih dekat UMMAT sebagai kampus idola para generasi muda lewat ulasan di bawah ini. 

1. Berdiri dengan landasan center of excellence dan driving force pembangunan dan memajukan peradaban dengan nilai-nilai al-islam

Universitas Muhammadiyah Mataram ini terletak di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan kota Mataram provinsi Nusa Tenggara Barat. Kampus yang terkenal dengan akronim UMMAT ini didirikan pada tahun 1980 dengan Rektor pertama sekaligus salah satu pendiri utama yaitu almarhum H. Anwar Ikraman merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang berada di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Salah satu tujuan dibentuknya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah adalah sebagai center of excellence dan driving force pembangunan dan memajukan peradaban yang dilandasi dan dijiwai dengan nilai-nilai al-islam dan kemuhammadiyahan. Tentunya, nilai tersebut akan diperkuat pada tataran ideologis-filosofis maupun praktis-aplikatif melintasi zaman.

2. Di usianya yang ke 42 tahun, UMMAT telah memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana


Universitas Muhammadiyah Mataram yang dibentuk oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Nusa Tenggara Barat pada tahun 1980 awalnya hanya memiliki tiga fakultas yaitu FKIP, FISIPOL dan FATEK dengan total enam program studi yaitu Pendidikan Moral Pancasila, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Pemerintahan dan Teknik Sipil. Namun saat tulisan ini dibuat, UMMAT yang berusia 42 tahun telah memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana.

Berikut fakultas-fakultas yang ada di UMMAT; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Teknik (FATEK), dan Sekolah Pascasarjana. Untuk jenjang yang ditawarkan sendiri terdiri dari jenjang Diploma III, Sarjana S1, dan Pascasarjana S2.

3. Berikut beberapa program unggulan dan prestasi yang telah diraih UMMAT


Sebagai kampus unggulan dan idola, UMMAT tentunya memiliki beberapa program unggulan dan prestasi yang telah diraih. Mulai dari program Hibah Kampus Merdeka Belajar, hibah afirmasi, kampus terbaik di wilayah nusra, hibah matching fund 2021 kerja sama perguruan tinggi dan dunia usaha dan industri dalam program zero waste dan ekonomi sirkular, program manajemen rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gema bumi tahun 2018-2020 dengan BNPB melibatkan sekitar 5000 fasilitator dari unsur sipil, TNI dan polri dengan tugas perbaikan dan pembangunan rumah rusak akibat gempa bumi sebanyak 226.204 rumah rusak.

Ada juga program rehab-rekon, yang merupakan program pemberdayaan terbesar yang pernah ditangani oleh Universitas Muhammadiyah Mataram. Selain itu, UMMAT juga mendapatkan Hibah Dikti Program Pendampingan SMK Pusat Keunggulan yang bertugas mendampingi beberapa SMK PK dalam hal peningkatan link and match sekolah vokasi dan dunia usaha dan dunia industry dan pendampingan bidang konstruksi.

Kemudian, Kerjasama UMMAT dan program INOVASI didanai pemerintah Australia dalam program survey baseline literacy and numeracy di Pulau Lombok, NTB. Program pertukaran mahasiswa dengan Universiti Kuala Lumpur Malaysia dalam bentuk Online Mode International Credit Transfer, dan program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), yaitu pengiriman mahasiswa UMMAT ke University Sains Malaysia tahun 2022.

Program-program di atas, dihadirkan dalam rangka menfasilitasi dan mendorong peningkatan kapasitas dan skill mahasiswa untuk melahirkan inovasi dan solusi bagi berbagai penyelesaian masalah bangsa. Benar-benar layak disebut sebagai kampus unggulan, bukan?

4. Demi mendukung program yang ada, UMMAT juga memiliki berbagai fasilitas dan pusat-pusat keunggulan

Demi mendukung program yang ada, UMMAT juga menyiapkan fasilitas wifi gratis yang menjangkau seluruh area kampus, program sertifikasi baca Al-Qur'an, program kursus Bahasa Inggris (Intensive English Course) sampai dengan enam semester, perpustakaan dengan fasilitas ruang baca dan referensi terbaru, dan berbagai fasilitas lain yang mendukung program akademik dan non akademik sesuai passion mahasiswa. Organisasi internal dan eksternal mahasiswa juga sangat variatif, dinamis, progresif dan kolaboratif.

UMMAT juga memiliki berbagai pusat-pusat keunggulan atau centres of excellence, seperti Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (P3B), Pusat Kajian Alqur’an (FAI), Pusat Studi Ekonomi Sirkular (FAI), Pusat Studi Kebencanaan, UPT. Bisnis, Pusat Studi ASEAN, Kantor Urusan Internasional, Pusat Kajian Lingkungan, Hutan Pendidikan (eduforest), Klinik, Pusat Kajian Ilmu Sosial dan Politik, dan Pusat Kajian Hukum.

Gak hanya itu, ada beberapa Lembaga struktural seperti Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), BPTIK, LP3IK. UPT.Perpustakaan, UPT.PPWA, laboratorium, lab. micro-teaching dan beberapa unit Ad-hoc lainnya yang semuanya disiapkan sebagai ikhtiar untuk menfasilitasi, memajukan, dan mengakselerasi berbagai kebutuhan mahasiswa dan civitas akademika demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia dan khususnya di Nusa Tenggra Barat.

5. Selain poin penting di atas, beberapa hal ini jadi alasan kamu harus memilih UMMAT sebagai kampus idola

Label sebagai kampus unggulan dan idola pada UMMAT gak serta merta hanya sebatas sebutan saja. Sebab, selain keunggulan yang sudah disebutkan sebelumnya, ternyata masih ada cukup banyak alasan mengapa kamu harus memilih UMMAT sebagai kampus idola yang terbaik.

Misalnya, UMMAT kampus Muhammadiyah teralifiliasi dengan 165-an (data Diktilitbang PP Muhammadiyah per Maret 2021) di seluruh Indonesia, banyak aktivis pergerakan kaum reformis dilahirkan dari UMMAT, kampus bervisi internasional, atmosfer kampus sangat dinamis dan kolaboratif didukung fasilitas, serta atmosfer akademik yang dinamis.

Di samping itu, terdapat beberapa program Merdeka Belajar yang dapat diikuti oleh mahasiswa UMMAT, antara lain; Pertukaran Mahasiswa antar dan lintas program studi, Mobilitas mahasiswa dalam negeri, Mobilitas mahasiswa ke luar negeri, Penelitian mahasiswa, Pengabdian pada masyarakat, Pendampingan dan pemberdayaan masyarakat dan komunitas, Program membangun desa, Program mahasiswa mengajar, Magang di Industri, dan masih banyak lagi program menarik lainnya. 

Bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke jenjang D3 atau S1 dapat segera mendaftar di UMMAT karena pendaftarannya telah dibuka sejak 2 Maret sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022. Kamu dapat menghubungi UPT. PPWA UMMAT atau via http://pmb.ummat.ac.id, atau bisa juga datang langsung di hari kerja ke sekertariat UPT.PPWA UMMAT Jalan KH Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan Mataram-NTB.









Related Posts

Related Posts