kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Kenapa Memilih Kuliah Di UNAIR ( Universitas Airlangga) ???

Salah satu universitas terbaik yang ada di Jawa Timur adalah Universitas Airlangga. Universitas ini bukan hanya terkenal di Jawa Timur namun juga di Indonesia. Bersaing dengan universitas ternama seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Hal itu menjadi salah satu alasan memilih kuliah di UNAIR sehingga tidak heran jika ribuan siswa bersaing dalam seleksi masuk untuk menjadi mahasiswa UNAIR.

Universitas Airlangga selain menjamin lulusan yang berkompeten sesuai bidangnya, juga membentuk karakter mahasiswa loh. Mottonya saja Excellent with Morality. Nah jika Kamu berniat untuk berkuliah di universitas terbaik dari timur Jawa ini, simak 10 alasan mengapa kuliah di UNAIR menjadi pilihan terbaik.



1. Jajaran Kampus Terbaik Di Indonesia

Berdasarkan pemeringkatan universitas di Indonesia, Universitas Airlangga selalu berada dalam peringkat lima besar. Berdasarkan QS world University Rankings, Universitas Airlangga berada di peringkat lima setelah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

2. Memiliki Jurusan Kedokteran Terbaik

Siapa nih yang pengen banget mengambil jurusan kedokteran? Jangan salah ya, Universitas Airlangga memiliki jurusan kedokteran terbaik yang setara dengan UI dan UGM. Bahkan yang harus Kamu ketahui, cikal bakal berdirinya UNAIR adalah didahului dengan berdirinya jurusan kedokteran yang pada zaman Belanda bernama NIAS. Sekolah ini menjadi tempat pendidikan dokter pertama di Jawa bagian tengah dan timur yang didirikan oleh Belanda.

Percaya atau tidak, umur jurusan kedokteran bahkan lebih tua dibandingkan dengan umur universitas Airlangga. Jurusan kedokteran sudah berumur 100 tahun lebih dan sudah meluluskan banyak dokter handal dan terkemuka. Nah, jurusan ini nih yang kemudian menjadi cikal bakal dari berdirinya Universitas Airlangga.

3. Letak Yang Strategis

Bagi Kamu yang belum tahu, Universitas Airlangga memiliki kampus pusat di Surabaya, Jawa Timur dan satu kampus di luar domisili yang terletak di Banyuwangi. Kampus ini terletak di dekat pusat kota Surabaya yang merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Jika berbicara dengan aksesibilitas, kampus ini tentunya terletak di tempat yang mudah menjangkau fasilitas mulai dari stasiun, mall, pelayanan kesehatan, balai kota, dan tempat-tempat sentral lainnya di Surabaya.

4. Religiusitas Yang Tinggi

Kampus yang terkenal sebagai pusat penelitian ini, menanamkan religiusitas yang tinggi kepada mahasiswanya. Hal ini bisa dilihat contohnya dari kebijakan rektor untuk mahasiswa muslim melakukan PBA (Program Baca Al-Qur’an). Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru untuk dapat membaca Al-Qur’an secara baik.

Mahasiswa akan dibagi kedalam beberapa kelompok dengan didampingi oleh mentor. Bagi yang belum bisa, akan dibimbing sampai lancar. Nah, program ini wajib ya karena akan ada sertifikat kelulusannya. Keren bukan?

Selain itu UNAIR juga menyediakan beasiswa kepada mahasiswanya yang dapat menghafalkan kitab suci baik Al-Qur’an maupun Alkitab. Kamu bisa saja kuliah gratis jika bisa hafal secara keseluruhan.


5. Memiliki Budaya Yang Ramah

Hal keren lainnya yang bisa menjadi alasan memilih kuliah di UNAIR adalah jika Kamu masuk ke kampus ini, Kamu akan disambut dengan budaya timur yang ramah tamah. Budaya Jawa di sini juga sangat baik dipadukan dengan pendidikan modern. Di kampus ini gotong royong dan tolong menolong juga sangat kental. Budaya salam dan sopan santun juga masih sangat terasa.

6. Bangunan Warisan Belanda

Buat yang belum tahu, kampus UNAIR terbagi menjadi 4. Kampus A yang terdiri dari kampus kedokteran, Kampus B atau kampus soshum, kampus C yang merupakan kampus saintek, serta kampus D yang terletak di Banyuwangi. Ketiga kampus terletak di Surabaya. Salah satu yang menarik adalah kampus A.

Kampus A merupakan kampus kedokteran dengan gedung asli peninggalan Belanda yang belum pernah di renovasi besar sampai sekarang. Bangunan ini sudah berumur 100 tahun lebih dan masih kokoh berdiri. Jika Kamu berkesempatan untuk ke Surabaya, sempatkan mampir ke kampus A.

Bangunan, cat, kusen, jendela dan pintu masih dengan jelas menampakkan arsitektur dan gaya Belanda. Selain itu, di Kampus B Kamu juga bisa melihat museum kematian yang menyediakan berbagai tengkorak asli dan benda-benda peninggalan sejarah penting lainnya. Nah siapa nih yang minat untuk berkunjung?

7. Fasilitas Yang Lengkap

Jangan salah persepsi ya, sebagai kampus di Jawa bagian Timur, kampus ini tidak kalah kualitasnya dengan universitas besar lainnya katakanlah UI dan UGM. Berbicara fasilitas, dijamin deh semua serba ada di sini. Berbagai fasilitas yang disediakan disesuaikan dengan kebutuhan jurusan masing-masing. Selain itu, di kampus ini juga terdapat danau cinta lo yang setiap weekendnya ramai dikunjungi masyarakat.

Ketiga kampus yang letaknya terpisah ini, disambungkan dengan bus kampus yang bisa Kamu naiki secara gratis. Ada fakta unik loh ketiga kampus ini berhubungan dengan rumah sakit. Kampus A memiliki RS gigi dan mulut, Kampus B berdekatan dengan RS terbesar di Surabaya (RS Dr. Sutomo), dan kampus C memiliki RS UA.

8. Memiliki Program International

Sama seperti dengan universitas lainnya, UNAIR selain menawarkan program reguler juga memiliki program internasional. Program ini memberikan kesempatan untuk Kamu yang ingin merasakan kuliah di dua tempat. Ya dua tahun di UNAIR dan dua tahun di luar negeri.

9. Merupakan Kampus Induk

UNAIR sudah terkenal sebagai kampus induk yang melahirkan kampus-kampus besar lainnya. Banyak kampus yang lahir dari hasil pelepasan jurusan tertentu dari UNAIR. Kampus tersebut adalah UM (Universitas Negeri Malang), UB (Universitas Brawijaya), dan Universitas Trunojoyo Madura.

10. Lulusan Yang Keren

Kerennya kampus dapat dilihat dari profil lulusannya loh. Apakah Kamu mengetahui Ignasius Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), Elvira Devinamira (Puteri Indonesia 2014), Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) sampai Ari Lasso (musisi) ? Ya itu adalah sebagian dari alumni Universitas Airlangga.


Bagaimana? Sudah memiliki alasan memilih kuliah di UNAIR? Salah satu kampus bergengsi di Timur Jawa Dwipa.








Related Posts

Related Posts