kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Alasan Memilih Kuliah Di UNHAS (Universitas Hasanuddin)




Satu lagi Universitas ternama dari luar Jawa. Sebagian besar universitas ternama memang terletak di Pulau Jawa. Tapi bukan berarti pendidikan di luar Jawa tidak bagus. Masih terdapat beberapa universitas di luar jawa yang menduduki peringkat terdepan sebagai universitas terbaik di Indonesia. Salah satunya Universitas Hasanuddin yang terletak di Makassar. Yuk kita lihat apa saja yang menjadi alasan memilih kuliah di UNHAS.


1. Peringkat Yang Baik


UNHAS sepertinya tidak mau kalah dengan universitas ternama yang ada di Indonesia. Pasalnya menurut pemeringkatan DIKTI, UNHAS mendapatkan peringkat sembilan satu tingkat dibawah Universitas Brawijaya. Universitas ini memiliki 14 fakultas dan terakreditasi A. Jadi jangan khawatir tentang akreditasi ya.



2. Ramah Pendatang


Tidak perlu khawatir bagi Kamu yang merantau dan tidak memiliki saudara di sana karena terdapat banyak sekali perumahan yang menjadi kontrakan dan kost di sekitar kampus. Soal harga tidak perlu khawatir karena harga sewanya standar dan tidak terlalu tinggi. Orangnya juga ramah-ramah dan siap membantumu belajar budaya baru


3. Kerjasama Kampus


Sama seperti universitas besar lainnya, UNHAS juga bekerja sama dengan berbagai lembaga nasional dan beberapa universitas di luar negeri. Sehingga kesempatan lulusan ataupun mahasiswanya untuk bekerja sama juga terbuka lebar. Untuk saat ini, UNHAS bekerjasama dengan Universitas di Inggris, Tiongkok, dan Korea Selatan


4. Fasilitas Lengkap Dan Memadai


Mungkin Kamu khawatir ya apakah disana fasilitasnya lengkap. Tenang saja, karena fasilitas di UNHAS termasuk lengkap dan menunjang kegiatan belajar selama di kampus. Bahkan disana terdapat danau yang luas sehingga Kamu dapat menjadikannya pilihan untuk melepas penat. Perpustakaannya juga luas dan lengkap loh.


5. Kampus Berwirausaha


Ini nih alasan memilih kuliah di UNHAS yang paling keren. Buat Kamu yang punya usaha dan sedang membutuhkan bantuan modal, bisa dibantu dari kampus. Keren kan? Kamu bisa mengusulkan kepada kampus melalui proposal kewirausahaan. Proposal yang terpilih akan mendapatkan dana bantuan sampai Rp 25.000.000,00. Duh siapa nih yang pengen?


6. Biaya Hidup Yang Rendah


Harga-harga di luar Jawa memang lebih tinggi. Tapi Kamu tidak perlu khawatir karena di sekitar kampus banyak yang menjual makananan dengan harga murah. Kamu bisa menghemat uang jajan. Coba-cobalah untuk berkeliling mencari tempat makan yang Kamu sukai.


7. Profil Lulusan Yang Keren


Kata siapa lulusan UNHAS tidak terkenal. Pasti semuanya tahu Jusuf Kalla bukan ? Yup Jusuf kalla adalah salah satu lulusan UNHAS. Selain itu masih ada Hamdan Zoelva dan Abraham Samad. Terbukti kan alumni UNHAS juga merupakan orang yang mengambil banyak peran di Indonesia.


8. Beasiswa Yang Berlimpah


Kamu tidak perlu khawatir jika berkuliah di luar Jawa. Karena beasiswanya tetap berlimpah ya. Kamu bisa mencari tahu beasiswa apa saja yang bisa di apply ketika kuliah melalui bagian akademik kampus. Biasanya yang paling banyak peminat adalah bidikmisi, PPA, dan beasiswa dari berbagai BUMN.



9. Biaya Kuliah Yang Tergolong Rendah


Walaupun termasuk universitas yang bagus di Indonesia, uang kuliah tunggal (UKT) di UNHAS tergolong rendah sehingga Kamu jangan khawatir akan biaya ketika kuliah disana. Pasalnya UKT UNHAS terbagi menjadi 5 golongan dengan nilai terendah sebesar Rp. 500.000,00 dan tertinggi Rp.5.000.000,00. Penentuannya ditetapkan berdasarkan pendapatan orang tua.


10. Pemberian Gelar Kehormatan Honoris Causa


Ini adalah hal yang keren dari UNHAS. Pasalnya UNHAS telah memberikan penghargaan berupa gelar honoris causa kepada 11 tokoh besar dan bukan hanya dari Indonesia namun juga dari luar negeri. Tokoh tersebut adalah Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Chaerul Saleh, BJ. Habibie, Nelson Mandela, Tun Najib Razak, dan Jusuf Kalla.


Bagaimana sekarang? Sudah cukup memiliki alasan memilih kuliah di UNHAS?














Related Posts

Related Posts