kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Kamu Wajib Tahu Trik Mengerjakan Soal CPNS 2021 Agar Kamu Lulus !

/
Tes CPNS 2021 kini sudah dibuka yang dimana kabar baik ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat, kuota yang dibuka untuk posisi jabatan dan formasi pun tergolong cukup banyak, jadi sangat disayangkan jika peluang ini tidak kamu manfaatkan dengan baik, tentunya dengan dibukanya CPNS ini kamu harus mempersiapkan segalanya dengan baik agar kamu lulus, salah satunya kamu harus belajar dan memahami jenis soal yang akan di ujikan dalam ujian, diantaranya TKP ( Tes Karakteristik Pribadi ), TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan ), dan TIU ( Tes Intelegensi Umum ).

Dari semua tipe soal tersebut kamu bisa melakukan trik untuk mengerjakan tes CPNS agar kamu tidak ketar-ketir dan langsung memahami apa yang dimaksud dengan soalnya, misalnya tes yang dibutuhkan kemampuan untuk memahami tentang sejarah Indonesia, Undang-Undang, Kebijakan Pemerintah, dan juga Tes Intelegensi yang membutuhkan kemampuan penalaran yang mumpuni, yuk simak tips mengerjakan soal CPNS nya.

1. Sinonim
Untuk Menghadapi tes soal seperti ini kamu diharuskan untuk memilih kata yang memiliki makna yang sama atau memiliki arti yang mendekati dengan kata didalam soal, untuk mengatasi soal jenis ini kamu harus memiliki wawasan dan pengetahuan bahasa yang mumpuni, selain itu kamu bisa menggunakan opsi yang lain yaitu memilih jawaban yang tidak sama atau paling ganjil di soal seperti contoh

Berdikari
A. Dependen         C. Dibantu    E. Sendiri
B. Mandiri             D. Bantuan
Dari soal di atas kita dapat melihat jawaban B yang memiliki perbedaan dari pada jawaban yang lain, dengan menggunakan cara ini kamu bisa menghemat waku pengerjaan soal.

2. Antonim
Soal Antonim adalah mencara lawan kata dengan soal yang disebutkan, untuk mengatasi soal ini kamu bisa belajar dengan kamus bahasa Indonesia, disana banyak kosa kata yang bisa kamu fahami untuk menambah wawasan pandanan kata, jika tidak bisa lakukan cara diatas dengan mencari jawaban yang tidak memiliki arti yang sama dengan yang lain seperti contoh :

Elastis
A. Melar                C. Kaku        E. Ekonomi
B. Fleksibel           D. Renggang
Kamu langsung bisa menebak kan jawabannya ? untuk lawan kata dari elastis adalah C. Kaku Karena kaku merupakan lawan kata dari elastis.

3. Soal Analogi
Dalam soal analogi kamu diharuskan mencari hubungan antara kata, yang dimana kamu dapat mencari korelasi antara soal dan jawaban, kuncinya kamu harus fokus dan membayangkan di dalam fikiran kamu hubungan kata dalam soal dengan jawaban yang tersedia, dan berhati-hatilah untuk tipe soal ini, karena soal ini diciptakan untuk menjebak anda misalnya contohnya seperti ini :

Atas : Bawah
A. Lurus : Kanan            C. Pendek : Kecil        E. Atas : Tinggi
B. Besar : Tinggi            D . Selatan : Utara
Sudah mulai terbiasa dengan tipe soal seperti ini ? baik kita pahami sejenak, bahwa di dalam soal terdapat Atas : Bawah yang berarti soal tersebut berisikan tentang Lawan Arah, maka jawaban yang tepat adalah D. Selatan : Utara yang dimana itu berlawanan.

4. Pandanan Kata
Di soal ini kamu diminta untuk mengelompokan kata-kata yang setara dan mempunyai korelasi yang sama dan setelah itu kamu diharuskan untuk memilih kata yang berbeda dari kelompok kata tersebut, kuncinya kamu harus mengerti apa yang dimaksud didalam pengelompokan kata tersebut dan setelah itu coba kamu fokuskan kata-kata yang tidak sesuai, jika kamu sudah menemukannya dapat dipastikan bahwa jawaban itu yang benar contohnya seperti ini :

A. Padang        C. Pekanbaru        E. Pontianak
B. Riau             D.Palembang
Kamu menemukan hal yang ganjil disini ? walaupun ini sama-sama nama daerah tetapi ada perbedaan yang mencolok disana, yups pilihan B. Riau memiliki arti yang tersendiri yaitu hanya Riau lah yang memiliki awalan huruf yang berbeda yaitu R sedangkan yang lainnya itu P.

5. Tes Kemampuan Umum
Dalam Tes Kemampuan Umum kamu akan diuji tentang kemampuan dasar pengetahuan Pancasila, Tata Negara, Undang-Undang 1945, Kebijakan Pemerintah, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan kemampuan umum didalam tes CPNS.

Untuk menghadapi soal ini tentunya kamu harus mempunyai wawasan yang luas dan juga mempelajarinya dengan faham agar bisa menjawabnya, dan terdapat trik khusus untuk mengatasinya antara lain :
  • Pancasila : Soal yang berkaitan dengan pancasila biasanya tentang fungsi Pancasila dan ideologi yang berkembang di dunia.
  • Bahasa Indonesia : Soal ini berkaitan dengan penulisan dengan kaidah EYD dan juga gaya bahasa.
  • Tata Negara : Tipe soal ini berkaitan dengan seputar hak dan wewenang lembaga negara.
  • UUD 1945 : Didalam soal ini biasanya berkorelasi dengan pasal-pasal yang berkaitan dengan warga negara ( Bela Negara, kebebasan Beragama, dan lain sebagainya )
  • Kebijakan Pemerintah : Soal ini berkaitan dengan kebijakan terbaru yang telah disahkan oleh pemerintah.
  • Bahasa Inggris : Untuk soal bahasa Inggris kadang keluar atau tidak keluar dalam tes CPNS tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan, yang biasanya keluar dalam tes ini adalah Gramar dan tenses.
  • Sejarah : Soal sejarah biasanya meliputi sejarah kerajaan, sejarah masuknya agama, pergerakan nasional, dan biasanya tentang persiapan kemerdekaan Indonesia.
  • Pengetahuan Umum : Untuk soal pengetahuan umum biasanya berkaitan dengan kejadian-kejadian yang terbaru di Dunia
6. Penalaran Logika Matematika
Soal ini berkaitan dengan pemecahan masalah dengan penalaran logika matematika, kamu diwajibkan untuk mengambil sebuah kesimpulan yang tersedia di dalam jawaban untuk dijadikan jawaban, diusahakn kamu selalu fokus dan memahami secara menyeluruh setiap soal yang diberika seperti ini contohnya :
Sebagian lampu bersinar redup, semua yang redup berharga murah harganya
A. Semua lampu tidak mahal harganya
B. Sebagian Lampu Mahal Harganya
C. Sebagian Lampu Murah Harganya
D. Semua Lampu Mahal Harganya
Yang memiliki jawaban yang tepat adalah C. Sebagian lampu murah harganya karena A adalah B dan B adalah C maka dipastikan A adalah C

7. Matematika Dasar
Matematika dasar biasanya keluar dalam tes, yang harus kamu lakukan adalah mempelajari tentang perhitungan dasar didalam matematika seperti : Perkalian, Pembagian, Pecahan Desimal, Persentase, dan perpangkatan dasar untuk lebih jelasnya kamu bisa simak contoh soal ini :

6/12 + 3/15 =

A. 0.7        
B. 0.8
C. 0.9
D. 1
kamu bisa menjawab 0.7 yang dimana kamu bisa  menguraikan soal tersebut seperti ini 6/12 = 1/2 = 0.5
dan 3/15 = 1/5 = 0.2 jadi 0.5+0.2 adalah 0.7

8. Deret Bilangan
Untuk deret bilangan tipe soal ini mengharuskan kita untuk memecahkan maslaah dengan menentukan pola-pola tertentu didalam pertanyaan, soal ini bisa berupa angka atau huruf, tips memecahkan soal ini adalah perhatikan seluruh soal dan jangan terpaku hanya 2 atau 3 angka didepan setelah memperhatikannya kamu coba jumlah, kurang, kali, bagi atau pangkatkan bilangan tersebut sehingga membentuk suatu pola yang berkesinambungan.

Contoh :
2 - 4 - 8 - 16 - 32 - ....
A. 64
B. 44
C. 54
D. 74
Sudah menemukan polanya ? berikut adalah penjelannya 2 (+2)4, 4 (+4)8, 8(+8)16, 16 (+16)32, 32 (+32)64, jadi jawaban yang tepat adalah A 64.

Itulah trik mengerjakan soal CPNS semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu semangat dalam menggapai asa, dan jika artikel ini memiliki manfaat kamu bisa share ke sanak saudara agar kamu bisa maju bersama salam kuykampus.

Related Posts

Related Posts