kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Ini Dia 7 Cara Membagi Waktu Kuliah dan Kerja Agar Sukses !

Anda memiliki pekerjaan dan ingin menempuh perkuliahan ? atau anda seorang mahasiswa yang kini sedang bekerja di perusahaan tertentu ? tentunya banyak tantangan yang akan dihadapi seperti tugas kantor dan tugas kuliah yang harus dikerjakan secara bersama, atau berbagai macam masalah lainnya.

Tentunya kita harus pandai untuk mengatur waktu antara perkuliahan dan pekerjaan agar tidak menjadi bentrok yang tentunya bisa meningkatkan prestasi dikampus dan karir diperusahaan, maka dari itu yuk simak pembahasan cara membagi waktu kuliah dan kerja ala kuykampus dibawah ini :

1. Mencari Jadwal Weekend Untuk Waktu Perkuliahan

Jika kamu bekerja disebuah perusahaan dan memiliki waktu libur di hari sabtu dan minggu kamu bisa mencoba alternatif untuk mendaftar kuliah dengan jadwal sabtu dan minggu ( Weekend ) karena biasanya waktu luang di hari tersebut bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan, nah, jangan lupa untuk mensurvei kampus-kampus yang bisa untuk kelas karyawan dan juga memiliki akreditasi yang baik minimal B.

2. Membuat Komitmen Jadwal

Untuk yang kedua adalah membuat komitmen jadwal yang kamu buat, yang dimana kamu akan merinci jadwal secara detail untuk aktivitas kedepannya, seperti membuat jadwal kerja dan deadline tugas kerja, membuat jadwal perkuliahan dan tugas untuk menjadi fokus, misalnya kamu membuat jadwal dan menyisihkan waktu malam senin untuk menyelesaikan tugas kuliah dan malam selasa sehabis bekerja adalah jadwal hangout, malam rabu dipakai untuk beristirahat total, malam kamis mempelajari hoby yang kamu suka, malam jumat untuk beribadah dan membaca yasin, malam sabtu dan minggu kamu berkuliah.

3.  Memilih Jurusan Yang Linear Atau Sesuai Dengan Bidang Kerja 

Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bidang kerja, tentunya akan membuat kemudahan tersendiri, dikarenakan biasanya kamu sudah memahami dan menguasai materi mata kuliah yang diberikan, karena semua itu berkaitan dengan ruang lingkup jobdeks kamu, misalnya kamu seorang admin keuangan dan kamu memilih jurusan akuntansi tenntunya kamu sudah memahami dasar-dasar akuntansi, intermediat, bahkan bisa jadi kamu seorang advance atau expert dibidang itu, dan tentunya kamu bisa menghubungkan case didalam materi perkuliahan dengan case di perusahaan.

4. Memilih Kelas Online

Kamu ingin mempunyai waktu yang fleksibel dalam menjalankan perkuliahan ? kamu bisa mencoba kelas online dalam pelaksanaan kuliah, kini eranya sudah digitalisasi yang dimana kamu bisa kapan saja mengakses materi kuliah dimana saja dan kapan saja yang tentunya ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu dirumah, kamu bisa mencari perguruan tinggi yang menyediakan kelas online, setelah itu jangan lupa untuk memperhatikan akreditasi dan kualitas tersebut agar kamu nyaman.

5. Menentukan Skala Prioritas Kegiatan  

Dengan kamu menentukan skala kegiatan prioritas tentunya akan memudahkan kamu dalam mengatur waktu kuliah dan kerja, misalnya kamu sebentar lagi akan melaksanakan ujian akhir semester, nah tentunya kamu harus membuat komitmen kepada diri sendiri agar menyelesaikan tugas kantor dengan cepat dan tepat, misalnya kamu menyelesaikan tugas kantor dihari yang sama sebelum waktu pulang kerja dan tidak membawa tugas kantor kerumah kerja dan waktu malam kamu alokasikan selama 2 jam atau 3 jam untuk mempersiapkan UAS.

6. Membuat Target dan Goals Yang Ingin Dicapai 

Coba kamu mengambil kertas dan membuat catatan tentang apa saja yang akan dicapai didalam karir perusahaan dan prestasi didalam perkuliahan kemudian tentukan cara apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan target yang kamu capai.

Misalnya target dalam 4 bulan depan kamu ingin mendapatkan intensif yang lebih banyak dari bulan-bulan kemarin, kenaikan jabatan, dan mendapatkan IPK diatas 3 setelah menentukan target kamu bisa membuat hal apa saja yang harus dilakukan agar mendapatkan target tersebut, misalnya kamu akan meningkatkan intensif dengan cara meningkatkan penjualan, naik jabatan bisa dengan cara memberikan kontribusi yang signifikan kepada perusahaan dan menaikan IPK diatas 3 dengan cara belajar dengan terarah, terukur dan terstruktur, berdiskusi kelompok, menanyakan kisi-kisi ujian dan lain sebagainya.

7. Menentukan Waktu Quality Time

Ditengah jadwal kamu yang padat antara kuliah dan bekerja, kamu disarankan untuk memilih Quality Time sendiri, misalnya waktu berlibur, jalan-jalan, berwisata, mendaki dan atau mengerjakan hobby, ingat Quality Time merupakan hal yang terpenting agar kamu tidak jenuh menjalankan aktifitas, maka dari itu yuk jadwalkan waktu khusus hanya untuk kamu.

Itulah 7 cara membagi waktu kuliah dan kerja agar kamu bisa sukses, yuk dicoba tipsnya, dan jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat untuk sanak saudara yang membutuhkan, semangat menggapai asa salam kuykampus.com.

Related Posts

Related Posts