kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb

Pages

Ini Dia Informasi Beasiswa Mext 2021 dan Tips Triknya Untuk Lolos !

 Seperti kita ketahui banyak sekali beasiswa luar negeri yang bisa kamu ikuti yang tentunya full gratis dan mendapatkan uang saku, dan pastinya semua orang ingin menggapai cita-citanya untuk mendapatkan pendidikan tinggi dan mendapatkan beasiswa di luar negeri, salah satunya beasiswa yang di tunggu informasi pembukaannya adalah Beasiswa Mext 2021 atau biasa yang di sebut dengan beasiswa Monbukagakusho yang berasal dari pemerintah Jepang.

Beasiswa Mext / Monbukagakusho merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh kementrian pendidikan, budaya, olahraga, dan ilmu pengetahuan bagi lulusan pendidikan formal khususnya untuk warga negara indonesia untuk melanjutkan pendidikan di jepang dengan berbagai benefit yaitu uang saku, biaya pendidikan gratis, bebas biaya pengurusan visa, tiket pesawat, kursus bahasa jepang gratis selama 1 tahun, Kursus matematika, Bahasa inggris, dan sosial budaya.

dan apa saja yang harus di persiapkan untuk mendaftar beasiswa ini ? karena biasnya penyelenggaraan beasiswa ini di gelar untuk keberangkatan tahun selanjutnya seperti beasiswa ini dibuka tahun 2021 dan dapat dipastikan keberangkatan ke jepangnya tahun 2022 ( selama tidak ada keputusan lebih lanjut dari pihak penyelenggara ) dan berikut ini kami akan tampilkan cuplikan jadwal alur penyeleksian beasiswa mext 2020 :

Jadwal Seleksi Beasiswa Mext untuk tahun 2021 :

  1. Rentang Pendaftaran : Tahap 1 : 15 sampai 29 juni 2020, Tahap ke 2 : 1 sampai 15 Juli ( pelamar wajib lulusan tahun 2019 dan sebelumnya ( tahun 2018 ) dan tidak di peruntukan untuk lulusan tahun 2020, ( untuk tahun 2020 akan dibuka pada tahun 2021 )
  2. pengumuman hasil seleksi dokumen atau berkas yang dikirim : 12 agustus 2020
  3. Tes atau ujian tertulis : Di akhir Agustus 2020
  4. Pengumuman hasil Ujian Tertulis : Pertengahan Semptember 2020
  5. Tes Ujian Wawancara pelamar beasiswa : Akhir september 2020
  6. Pengumuman Hasil wawancara pelamar beasiswa : Awal Oktober 2020
  7. Pengumuman terakhir /Final dari keputusan MEXT : Januari 2021
  8. Waktu Keberangkatan Peserta lolos beasiswa Mext : Awal April 2021
Lalu persyaratan yang harus dipersiapkan untuk para pelamar beasiswa Mext ini apa saja ?
  1. Lulusan sekolah Formal untuk tingkatan pendidikan SMA / SMK / MA / Sederajat
  2. Usia pelamar beasiswa maksimal adalah 24 tahun per 1 april 2021 ( usia lebih dari itu tidak diperkenankan mendaftar )
  3. Bagi pelamar beasiswa jurusan IPA minimal rata-rata nilai raport kelas 1 sampai kelas 3 Sma semester 1 dan 2 minimal 84 ( untuk mata pelajaran Matematika, bahasa inggris, Fisika / Kimia / biologi / kejuruan ) pilih salah satu di dalam ranah Penjurusan IPA
  4. Bagi pelamar beasiswa jurusan IPS minimal nilai rata-rata raport kelas 1 sampai kelas 3 untuk semester 1 dan 2 yaitu minimal 84 juga ( untuk nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, bila ada Mata pelajaran Akuntansi, Ekonomi, atau bahasa jepang ) Pilih salah satu
  5. Jika pelamar beasiswa dari jurusan IPA mendapatkan skor rata-rata kurang dari 84 meski memiliki sertifikat JLPT ( Japanese Language Proficiency Test ) maka tidak bisa mendaftar dan tidak di perkenankan mendaftar
  6. Bagi pelamar beasiswa yang berjurusan IPS masih tetap bisa mendaftar jikanilai rata-ratanya kurang dari 84 dengan melampirkan  sertifikat JLPT Minimal level N3.
  7. Bagi calon pelamar beasiswa yang memiliki nilau EJU mata pelajaran apapun akan menjadi nilai tambah.
Prosedur Pendaftarannya sebagai berikut :
  1. Hanya pelamar yang memiliki dan memenuhi persyaratan pendaftaran yang boleh melamar beasiswa ini
  2. Pelamar melakukan registrasi online di https://daftar.beasiswamext.com/ 
  3. Setelah mendaftar online kamu akan mendapatkan email konfirmasi, jika tidak menerima email konfirmasi kamu bisa cek di folder Spam email kamu
  4. Lengkapi dokumen yang harus di lengkapi
  5. Dokumen yang sudah dilengkapi dimasukan di amplop besar ukuran bebas dengan berurutan dengan ditulis Gakubu 2021
  6. Berkas dikirim via kurir seperti Pos, JNE, JNT, dan lainnya dan kami tidak menerima pengiriman via Ojek Online maupun Pengantaran Langsung
  7. bekas harus tiba untuk tahap 1 paling lambat 29 juni 2020 dan 15 juli 2020 untuk tahap 2
  8. hanya pelamar beasiswa yang telah lengkap dokumen dan tidak melewati batas waktu pengantaran berkas yang dapat kami proses.
  9. Dokumen yang dikirimkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun
  10. kelalaian dalam membaca informasi beasiswa mext 2021 yang dikeluarken di website https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html menjadi tanggung jawab pelamar sepenuhnya.
Jenis dokumen yang diperlukan :
  1. Lembar Print Out dari email konfirmasi registrasi online ( Asli )
  2. Application from yang di dapat disini bisa ketik atau tulis tangan dengan menggunakan bahasa jepang atau bahasa inggris ( Asli )
  3. Pas Photo ukuran 3,5 x 4,5 Cm latar polos warna latar bebas di ambil 6 bulan terakhir di tempel di formulir aplikasi from ( jangan tidak di tempel ) ( Asli )
  4. Foto Copy Nilai raport kelas 1 sampai 3 semester 1 dan 2 dalam bahasa Indonesia, Inggris atau Jepang yang telah di cap basah asli oleh sekolah ( Asli )
  5. Foto Copy Ijazah sementara yang menyatakan adanya tulisan LULUS yang telah di Legalisir oleh sekolah dalam bahasa Indonesia/Inggris/Jepang ( Asli )
  6. Surat rekomendasi yang di tulis oleh guru atau kepala sekolah yang berisi tentang pribadi pelamar dengan bahasa Inggris / Jepang ( tidak boleh bahasa indonesia ) ( Asli )
  7. Foto Copy Sertfikat Skill Kemampuan Bahasa ( TOEIC, TOEFL, ILTES, JLPT) Pilih salah satu ( Tidak Wajib ) untuk toefl dan toeic hanya menerima terbitan ETS saja dan ILTES hanya menerima terbitan dari Universitas Cambridge, British Council, dan IDP education Australia ( Foto Copy )
  8. Foto Copy hasil nilai JLPT/EJU bagi yang memiliki saja ( Foto Copy )
Selengkapnya untuk jurusan yang tersedia di beasiswa ini kamu bisa mengeceknya disini 

Lalu bagaimana tips dan triknya agar kamu lolos beasiswa mext 2021 ini simak baik-baik :
  1. Persiapkan segala keperluan berkas jauh-jauh hari agar kamu tidak ke teteran pada saat mengirim berkas.
  2. Pelajari soal-soal tes tertulis tahun sebelumnya untuk menghadapi soal selanjutnya biasanya tipe soal mirip.
  3. Menjaga kesehatan tubuh karena menjalani semua proses seleksi beasiswa ini tentu memerlukan tenaga yang banyak dan tubuh yang fit.
  4. Manajemen waktu agar semua proses kegiatan seleksi menjadi terukur dan terstruktur.
  5. Bertanya kepada yang sudah menerima beasiswa mext tahun sebelumnya, karena mereka mengetahui detail sukses mereka untuk diterima beasiswa tersebut.
  6. Membuat grup silaturahmi sesama pelamar beasiswa agar bisa saling bertukar informasi penting tentang beasiswa Mext 2021.
  7. Membuat surat rekomendasi beasiswa harus tepat waktu dan tidak menyusahkan pemberi rekomendasi beasiswa kamu.
  8. Terus pantau situasi terkini dengan selalu mengunjungi website resmi pemberi beasiswa untuk up to date karena bisa saja informasi yang di berikan berubah sewaktu-waktu.
Itulah Informasi Beasiswa Mext 2021 dan Tips triknya untuk lolos beasiswa tersebut, semoga dapat bermanfaat untuk para pencari beasiswa dan memang tertarik menimba ilmu di negeri sakura ( Jepang ) kamu bisa mendaftarkan diri, terima kasih dan tetap semangat menggapai cita-cita kamu.

Related Posts

Related Posts