Thursday, November 19, 2020

Wajib Tahu ! Cara Penulisan Proposal Penelitian Kualitatif Untuk Skripsi Kamu Agar Cepat dan Mendapat Nilai A

 


Dalam penelitian Kualitatif bersifat induktif yang berarti memulai penelitian dari fakta Empiris bukan dari teori, di dalam penelitian kualitatif kita tidak menggunakan model-model matematis atau statistik proses di mulai dari menyusun asumsi-asumsi ( Induktif ), dan penelitian Kualitatif adalah untuk memahami fenomena sosial yang ingin kita angkat dari sudut pandang partisipan.

Fokus penelitian Kualitatif adalah pada proses bukan pada hasil, oleh karena itu dalam menulis proposal harus hati-hati dan gambarkan rencana penelitian itu dengan baik dan jangan lupa  susun dengan 3 prasa ini : Apa, Mengapa, dan Bagaimana harus tergambar dengan baik.

Dalam penulisan proposal kualitatif bersifat Deksriptif proses dan makna sangat di tonjolkan, semakin detail dan semakin terperinci di dalam proposal itu semakin baik, dan bagi kamu yang mempunyai kemampuan sosial yang mumpuni, senang dengan aktifitas sosial, dan senang mengangkat dan meneliti tentang sosial kamu bisa menggunakan penelitian kualitatif ini.

Sistematika Proposal Penulisan Penelitian Kualitatif :
  1. Bab 1 : Latar belakang masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan manfaat penelitian.
  2. Bab 2 : Kajian Teori / Tinjauan Pustaka / Landasan Teori.
  3. Bab 3 : Metodologi Penelitian : Jenis Penelitian, Setting Penelitian, Tempat dan waktu penelitian, Sumber data yang di peroleh, Unit Analisis, Teknik Pengumpulan data dan Analisa Data.
  4. Bab 4 : Gambarkan rencana pembiayaan yang dibutuhkan dibuat secara mendetail.
Ingat Fungsi Proposal adalah memberikan informasi lengkap tentang proses penelitian yang kita buat dan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian, dan sebagai pengajuan sponsor untuk menunjang aktifitas kamu dalam meneliti.

Itulah Cara Penulisan Proposal Kualitatif, semoga dapat bermanfaat untuk penunjang skripsi kalian, dan tetap semangat, pantang menyerah, dan selalu optimis dalam menggapai asa.