Friday, June 19, 2020

Dijamin Lolos ! 5 Faktor Penentu Kamu Lolos Dalam Seleksi Berkas Beasiswa Turkie Burslari Scholarship ( YTB )


Dalam seleksi beasiswa Turki yang istilah kerennya adalah YTB adanya seleksi berkas yang menentukan kamu lolos apa tidaknya ke tahap wawancara, sebelumnya beasiswa YTB merupakan program pemerintah turki untuk mahasiswa internasional untuk mendapatkan pembiayaan full selama masa studi di turki dengan jenjang pendidikan S1, S2, S3.

Dan didalam program beasiswa tersebut mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan subsidi dari pemerintahan turki seperti : 
  1. Gratis pembiayaan kuliah sampai lulus dalam studi yang dipilih.
  2. Mendapatkan tunjangam biaya hidup dari pemerintah turki dengan besaran biaya 700 turki lira atau skurang lebih 1,6 juta rupiah ( S1 ), 950 turki lira untuk (S2) atau kurang lebih 2,2 juta rupiah, dan untuk S3 yaitu 1400 turki lira atau kurang lebih 3,2 juta rupiah.
  3. Akomodasi untuk tempat tinggal.
  4. Biaya perjalanan dari indonesia ke turki pada awal masa studi dan masa akhir studi.
  5. Mendapatkan pelatihan kursus bahasa turki selama setahun sebelum masa perkuliahan dimulai.
  6. mendapatkan bimbingan sosial, kebudayaan turki, kongres, seminar yang berkaitan dengan turki.
Untuk persyaratan beasiswa turki YTB kuykampus.com menganggap anda sudah mengetahuinya, maka dari itu kami akan menjelaskan 5 faktor penentu kamu lolos seleksi berkas dalam beasiswa ini, berikut adalah penjelasannya :
  1. Mengupload berkas penghargaan atau lainnya dari nilai / level tertinggi ke level terendah, contohnya kamu mendapatkan prestasi di bidang olahraga dengan skala internasional maka yang di upload pertama kali adalah prestasi tersebut, lalu ke level bawahnya seperti contoh pernah menjuarai Pekan Olah raga Nasional (PON) jadi harus berurutan, agar panitia beasiswa dapat melihat pretasi tertinggi kamu.
  2. Mengisi social experience sebanyak-banyaknya, contohnya kamu pernah mengikuti KKN, Bakti Sosial, Pernah menjadi relawan, pernah mengajar, atau pernah menjadi volunter yang dimana kegiatan tersebut menggambarkan bahwa kamu peka terhadap sosial disekitar kamu, dapat beradaptasi degan lingkungan dan kebudayaan masyarakat sekitar, karena para penyeleksi beasiswa akan mencari penerima beasiswa yang mudah beradaptasi dengan suku dan kebudayaan di turki.
  3. Mendapatkan surat rekomendasi dari orang yang berpengaruh di lingkungan kamu, surat rekomendasi ini sangat penting untuk kelulusan seleksi berkas karena dapat meningkatkan value dari calon kandidat, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah, dekan, rektor dll, dan jika mentok tidak dapat surat rekomendasi, kamu bisa mendatangi kantor kementrian agama setempat untuk menerbitkan surat tersebut, insya allah kementrian akan berkenan untuk menerbitkan surat rekomendasi tersebut.
  4. Jangan salah mengunggah berkas, kesalahan mendeskripsikan berkas, dan kesalahan identitas diri, diusahakan untuk teliti dalam mengunggah berkas dan melampirkan deskripsi berkas karena ini berakibat sangat fatal dan kamu akan di anggap tidak serius dalam mengajukan beasiswa ini, contohnya kamu mengunggah prestasi dalam olahraga bela diri tingkat nasional tetapi kamu malah melampirkan deskripsi prestasi di bidang menulis khan gak nyambung ?.
  5. Intens di LOI ( Letter Of Intent ), dalam faktor ini diusahakan dapat menjawab essai dengan alasan yang kuat berdasarkan ilmu dan fakta dilapangan, dan memberikan feedback seperti apa ketika kamu diterima di beasiswa ini, dan diharapkan dalam menjawab ILO anda harus menyinggung permasalahan yang harus di selesaikan di lingkungan anda, karena secara tidak langsung anda ingin mengikuti beasiswa ini untuk bermanfaat dan diterapkan keilmuan anda.
Itulah 5 faktor penentu seleksi berkas beasiswa YTB semoga bermanfaat, dan jangan lupa share jika bermanfaat, dan semangat terus menggapai asa.