Monday, June 22, 2020

Cara Jitu Membuat Latar Belakang Masalah Pada Skripsi 99,999 % Bikin Skripsimu Cepat Selesai


Didalam unsur membuat skripsi salah satunya adalah Latar belakang Masalah, Latar belakang masalah berisi tentang fakta yang akan dijadikan untuk fokus masalah, kemudian fokus masalah harus dijelaskan secara ilmiah karena akan dijadikan pedoman dalam bekerja menyelesaikan dalam penelitian.

Apa yang di tulis di latar belakang tersebut bukan berdasarkan perasaan dan intuisi tetapi harus dibuktikan dengan data dan fakta yang valid agar latar belakang masalah yang kamu buat dapat dipertanggung jawabkan.

Jadi apa sih unsur-unsur latar belakang masalah dalam skripsi sampai-sampai mahasiswa pusing dan tak tahu apa yang harus di buat berikut penjelasannya :
  1. Alasan Rasional Meneliti Judul Skripsi Kamu Apa ? judul skripsi kamu menentukan arah penelitian kamu, jabarkan secara ilmiah dengan fakta-fakta yang valid, jangan lupa melampirkan data pendukung untuk memperkuat bahwa judul skripsi ini layak untuk diteliti.
  2. Referensi dan temuan-temuan hasil penelitian terdahulu, jangan lupa untuk melampirkan referensi penelitian terdahulu yang berkaitan dengan skripsi kamu agar nantinya bisa menambah dukungan agar skripsi kamu bisa diteliti secara maksimal.
  3. Latar belakang masalah sebaiknya dibuat secara deduktif ( piramida terbalik ), yaitu pemaparan dari hal yang bersifat umum ke sifat yang lebih spesifik yang nantinya akan kamu teliti.
Hal-hal yang tidak boleh ditulis di Latar Belakang Masalah :
  1. Pendapat Sendiri, karena kerangka latar belakang masalah bukan tempat menjabarkan sebuah opini, apalagi tidak berdasarkan data dan fakta.
  2. Jangan membuat kalimat harus atau seharusnya, contoh : seorang karyawan seharusnya menerapkan dst, karena ini baru memulai penelitian awal, bukan untuk memberikan solusi dari sebuah masalah.
itulah beberapa penjelasan dalam membuat latar belakang masalah, semoga bermanfaat untuk skripsi kalian, ingat pada intinya dalam membuat itu harus berdasarkan fakta dan data, selamat berjuang dan tetap semangat menggapai asa.