Friday, June 26, 2020

4 Tips Mendapatkan Beasiswa KIP Kuliah Universitas Swasta Jika Gagal UTBK SBMPTN 2020-2021 Terbaru !


Untuk bergabung dan mendapatkan beasiswa universitas tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi pemerintah mencanangkan sebuah program yaitu KIP kuliah yang dimana seseorang bisa berkuliah di perguruan tinggi walaupun dalam kondisi ekonomi kurang mampu.

Lalu bagaimana alternatif jika kamu gagal dalam seleksi pertama yaitu SNMPTN dan seleksi ke dua yaitu UTBK SBMPTN, tentunya kamu harus menyiapkan strategi cadangan agar kamu tetap bisa dalam tujuan kamu yaitu mendapatkan beasiswa.

Sebagai jawabannya kamu bisa mengikuti beasiswa KIP kuliah di universitas swasta yang pada prinsipnya beasiswa ini sama saja dengan beasiswa KIP kuliah universitas negeri yang dimana benefitnya kamu akan mendapatkan adalah:

  1. Pembiayaan penuh selama kuliah.
  2. Mendapatkan biaya hidup selama perkuliahan.
  3. mendapatkan biaya buku dan biaya lainnya yang dimana di tanggung oleh pemerintah.
Maka dari itu kamu wajib menyiapkan strategi untuk mendapatkan KIP kuliah universitas swasta, berikut adalah strategi dan tipsnya yang bisa kamu terapkan :
  1. Mencari informasi di website universitas tertentu, biasanya universitas menginformasikan pengumuman beasiswa kip di situs resminya, pantau secara berkala target perguruan tinggi swasta yang kamu idamkan, kamu juga dapat melakukan cara lain yaitu kamu menyiapkan daftar nama perguruan tinggi sebanyak-banyaknya, lalu dari daftar tersebut kamu searching di google dengan mengetik nama universitasnya.
  2. Menghubungi via telepon dan email, cara kedua jika kamu tidak menemukan informasi di website perguruan tinggi swasta tersebut kamu bisa menghubungi kontak nomor telepon yang tertera di website dan emailnya, terkadang universitas tertentu tidak menyajikan informasi secara gamblang di websitenya jadi keaktifan kita sangat dibutuhkan.
  3. Menanyakan kepada teman, salah satu sumber informasi yang akurat adalah kamu menanyakan kepada teman yang telah berkuliah di universitas tersebut apalagi teman tersebut sudah mendapatkan beasiswa KIP kuliah tersebut, karena biasanya mahasiswa penerima beasiswa ini selalu up to date terhadap informasi KIP, apalagi yang berkaitan dengan informasi pencairan dana biaya hidup, pasti gerak cepat mereka.
  4. Mendatangi universitas tersebut, cara yang lainnya adalah mendatangi universitas tersebut, kamu bisa menuju layanan informasi kampus yang tersedia, biasanya kamu akan ditanyakan mendapatkan informasi beasiswa KIP dapat dari mana, maka kamu bisa menjawab dari website kementrian pendidikan tinggi, dan biasanya kamu akan dilampirkan persyaratan dan tahapan yang harus dilalui, jangan lupa sediakan uang pendaftaran formulir karena beberapa universitas tidak menyediakan biaya gratis untuk formulir pendaftaran.
Itulah 4 tips yang bisa kamu gunakan untuk mencari beasiswa KIP kuliah swasta, jadi pada intinya kamu harus aktif dalam mencari informasi, apalagi KIP kiliah perguruan tinggi swasta jarang diminati oleh para pemburu beasiswa yang dimana kamu bisa mendapatkan peluang yang lebih besar dan diterima / lolos, dan carilah universitas yang mempunyai reputasi baik agar ketika kamu lulus dapat menggunakan ijazah kamu secara maksimal, tetap semangat menggapai asa, dan jangan lupa share informasi ini jika bermanfaat salam admin ganteng.